- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

Radeon RX 5600 XT Review : Powerful, Kinerja Gaming 1440p Masih Nendang

Radeon RX 5600 XT akhirnya dirilis, dan VGA baru dari tim merah ini bisa bawa banyak hal seru buat kalian, khususnya dari performa yang ditawarkan maupun konsumsi daya. Seri ini bahkan enggak cuman hebat di level 1080p aja, namun juga masih bisa libas buat gaming 1440p.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin tuh VGA? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : REVIEW : Corsair K95 RGB Platinum – Mewah, Switch Mekanik Multi Fungsi

Radeon RX 5600 XT Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

AMD semakin nunjukin taringnya enggak cuman buat barisan prosesor hebatnya aja, namun juga itu berlaku buat seri VGA mereka. Adalah Navi GPU yang bisa bawa revolusi besar bagaimana pandangan umum konsumen bisa jadi lebih positif buat VGA tim merah, yang sebelumnya dikenal agak negatif gara-gara konsumsi daya yang masih besar dibanding tim hijau. Namun kini itu semua udah hilang, bahkan bisa menghemat biaya bulanan pemakaian PC kalian lebih efektif.

RX 5600 XT

Nah, dari banyaknya radeon RX 5000 yang udah hadir dipasaran, kini muncul pilihan baru yang sangat fresh dan punya potensi menyenangkan buat PC builder, yaitu Radeon RX 5600 XT. Seri ini bisa dibilang sebagai sweet spot buat nunjukin hegemoni AMD untuk libas game di level 1080p atau bahkan di 1440p dengan performa tinggi, namun punya konsumsi daya rendah.

RX 5600 XT

AMD sendiri ngeklaim bahwa seri ini bisa lebih baik dibanding GTX 1660 Ti dan hadir dengan SRP sebesar 4.8 jutaan. Cukup mahal dan jauh dari perkiraan kami yang sebelumnya punya asumsi sekitar 4 sd 4.5 jutaan. Cuman, ada perubahan besar jelang peluncuran, dimana AMD ningkatin performa VGA ini lewat update bios terbaru yang nambah boost clock lebih besar hingga 1700mhz lebih.

RX 5600 XT

Dengan berbekal arsitektur RDNA yang ngasi unit komputasi maupun instruksi baru, termasuk hierarki cache multi-level buat ngurangin latensi dan ngasi pengalaman gaming yang lebih responsif, juga termasuk konsumsi daya rendah, seri ini punya banyak nilai unggulan. Meski, kita enggak memungkiri bahwa masih ada sejumlah PR yang perlu diperbaiki oleh tim merah, khususnya dalam urusan stabilitas sistem maupun dukungan driver yang lebih baik. Cuman, secara perlahan produsen dengerin keluhan penggemar, sehingga update secara berkala bisa ngasi banyak berita nyenengin, termasuk buat dukung VGA terbaru ini.

Nah, dari sekian banyaknya pilihan VGA berbasis RX 5600XT, XFX bisa bawa nilai unggulan tersendiri pada seri Thicc II, khususnya dari bentuk desain yang bersih, cukup berkelas dan bawa dukungan pendinginan hebat. Enggak ada embel-embel didalamnya, sederhana, dan yang pasti enggak ribet. Kalian juga cuman butuh 8 pin daya buat ngangkat RX 5600 XT.

Apa yang jadi nilai utama pada VGA ini adalah dukungan pendinginan yang solid dengan fitur dual cooler fan yang bakal bekerja pada suhu tertentu lewat fitur yang mereka sebut sebagai XFX Zero DB. 

Sisanya adalah bentuk desain yang cukup nyenengin meskipun masih punya kesan biasa dari sudut estetika. Cuman konektivitas yang hadir bisa dibilang lengkap, termasuk sebuah port HDMI dan 3 displayport.

Spesikasi

Spesifikasi Radeon RX 5600 XT
GPU Navi 10
Stream Processor 2304
Base Clock (MHz) 1460
Boost Clock (MHz) 1620
Memory Speed 12 Gbps
Memory Config 6GB GDDR6
Memory Interface Width 192-bit
Memory Bandwidth (GB/sec) 288
Graphics Card Power (W) 150W/160W
Recommended System Power 550W
Power Connector 8-Pin x1
Harga (Dalam Dollar) $279

Urusan spesifikasi, Radeon RX 5600 XT punya kekuatan cukup solid buat ngangkat derajat gamer modern jauh lebih tinggi, termasuk kekuatan VRAM 6GB GDDR6, lebar memori bus 192-bit, 2304 Stream processor, memory Clock up to 12 Gbps dan kinerja bandwith hingga 288 Giga per detik. Sedangkan nilai TDP default berada di level 150W, termasuk clockspeed up to 1620 Mhz dengan default sekitar 1460 Mhz.

Namun kini, update terbaru lewat bios bisa rubah kinerja gaming secara keseluruhan, terlebih lagi maksimum clockspeed yang kini meningkat hingga diatas 1700mhz, yang berati itu bakal ningkatin performa VGA ini jauh lebih baik. Cuman, nilai TDP juga membengkak jadi 160W termasuk konsumsi daya yang sedikit lebih tinggi.

Kinerja

Nah, bicara mengenai performa, Radeon RX 5600 XT sebenarnya punya banyak potensi hebat buat libas game paling menuntut sekalipun di level 1080p, bahkan masih bisa ngasi potensi kinerja di level 1440p pada pengaturan terbaik.

Assassin’s Creed Odyssey

RX 5600 XT

Ok, pertama adalah Assassin’s Creed Odyssey, dimana game ini masih bisa ngasih sajian visual yang baik, termasuk juga buat nunjukin performa GPU maupun prosesor. Radeon RX 5600 XT tentu bisa ngangkat bar tinggi dengan Fps rata-rata hingga 61 di 1080p, punya selisih sedikit lebih baik dibanding GTX 1660 Ti (58) dengan perbedaan sekitar 5%. Dan kini, VGA tersebut punya kinerja lebih tinggi berkat update terbaru Bios dengan selisih perbedaan jauh lebih tinggi hingga 9% dibanding pilihan default, sehingga total perbedaan makin jauh hingga 14% jika dibanding GTX 1660 Ti.

Shadow Of The Tomb Raider

RX 5600 XT

Hal yang sama juga berlaku untuk game sekelas Shadow Of The Tomb raider dengan Fps rata-rata hingga 77 di level 1080p, punya selisih sedikit lebih baik dibanding 1660 Ti (75) sekitar 2.5%, serta punya selisih hingga  10% saat update bios berlaku.

Gears 5

RX 5600 XT

Gears 5 juga bisa jadi solusi solid buat VGA sekelas RX 5600 XT, bahkan ngasi bar paling tinggi diantara 4 GPU yang telah kami tes dengan Fps rata-rata hingga 85 dan punya selisih sedikit lebih baik dibanding 1660 Ti (77) dengan perbedaan sekitar 9% untuk default, dan hingga 16% jika dibanding versi bios dengan peningkatan Fps hingga 91 yang luar biasa.

Battlefield V

Battlefield V masih jadi pilihan game solid buat kalian hingga hari ini, terlebih lagi nawarin gameplay yang seru dan kualitas grafis yang sangat nyenengin. Radeon RX 5600 XT terbukti sangat ampuh bisa ngasih Fps rata-rata hingga 88 pada 1080p, sedikit lebih baik dibanding GTX 1660 Ti (85) sekitar 3.4% dan punya perbedaan hingga 12% untuk versi bios update dengan fps besar hingga 97

Star Wars Jedi : Fallen order

Terakhir, dan bisa menjadi pilihan superior untuk VGA AMD buat libas game Triple A dengan pengaturan tertinggi adalah Star Wars Jedi : fallen Order. RX 5600 XT bahkan bisa hajar game tersebut dengan Fps rata-rata bisa nyampe hingga 119, jauh lebih solid dibanding GTX 1660 Ti (109) dengan selisih sekitar 9%. Bios update kini ngasi Fps lebih besar hingga 130 dengan peningkatan hingga 8% dibanding default.

1440P Gaming Performance

Disamping itu, VGA ini juga masih sanggup libas game berat pada di resolusi 1440p dengan Fps yang masih layak banget. Contohnya, kalian masih bisa libas game berat sekelas Assasin Creed Oddysey pada 1440p dengan Fps rata-rata hingga 42, termasuk game menuntut lainnya seperti Shadow Of The Tomb raider dengan Fps hingga 51, dan itu tentu masih bisa ngasi pengalaman gaming yang sangat baik dan halus. Sisa performancenya bisa kalian liat di tabel grafik berikut ini dan bandingin sendiri bagaimana Fps yang dihasilin tuh VGA.

Konsumsi Daya & Suhu

Buat urusan konsumsi daya, hadirnya teknologi GPU dengan proses 7nm ngasi sejarah tersendiri yang positif dan lebih hemat dibanding VGA lama AMD. Betapa tidak, seri ini bahkan ngasilin konsumsi daya rata-rata cuman 115W aja secara keseluruhan pada beberapa game yang kami tes.

Cuman, seiring dengan hadirnya update bios baru, seri ini punya konsumsi daya sedikit lebih besar hingga 122 Watt rata-rata, meskipun itu masih terhitung cukup baik sih.

Sedangkan buat urusan suhu, XFX ternyata punya solusi tajir yang bisa ngasi pendinginan superior namun tetap tenang saat bekerja. Seri ini bahkan enggak melebihi suhu diatas 72°celcius dan itu bener-bener luar biasa untuk sebuah VGA yang punya spek tinggi, termasuk juga fan yang tenang dan nyaman buat dilalui.

Kesimpulan

Radeon RX 5600 tentu layak banget untuk kalian pertimbangin, dimana VGA ini bisa ngasi kinerja worth banget enggak cuman di level 1080p, namun juga masih sanggup ngangkat derajat kalian pada level 1440p. Dan update bios terbaru kini nambah kinerja jauh lebih tinggi dengan perbedaan besar jika dibanding GTX 1660 Ti hingga 15% lebih baik, bahkan masih bisa ngejar performa RTX 2060 kalo VGA ini benar-benar mau turun harga.

Cuman, dukungan software masih agak terbatas dan punya beberapa bug, yang kita harap AMD perbaiki masalah tersebut dengan segera, termasuk Fps yang terkadang drop sangat jauh ketika melakukan aktivitas screen recording maupun pada game tertentu yang seolah enggak mau dukung.

Harga disisi lain pada awalnya masih jadi misteri, dimana perkiraan kami bakaln hadir dengan kisaran hingga 4.5 jutaan. SRP sudah keluar dengan nilai 4.8 jutaan, banyak penggemar mungkin agak sedikit kecewa, namun peningkatan performa jauh lebih baik menurut kami sangat layak banget dengan kinerja jauh lebih tinggi dibanding GTX 1660 Ti.

Terlepas dari itu semua, maka sebenernya VGA ini bisa jadi the next king of Mid-range GPU yang hebat. Tentu, performa yang juga ideal buat gaming 1440p, konsumsi daya yang irit, termasuk update bios yang ngasi kinerja jauh lebih efektif jadi magnet utama tuh VGA buat konsumen dan layak banget buat didapetin sebagai upgrade kalian berikutnya.

Jadi, itu dia ulasan kita tentang XFX Radeon RX 5600 XT   yang punya banyak hal seru buat kalian. Yang pasti, semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat