- Berita Terbaru, Kartu Grafis, Security, Serba-serbi

Segera Update Driver Radeon Kalian Ke Versi Adrenalin 20.1.1, Celah Keamanan Telah Ditemukan Di Versi Lama

Celah keamanan driver Radeon baru saja ditemukan, sehingga pengguna yang memiliki GPU Radeon disarankan untuk segera memperbaharui driver mereka ke versi Adrenalin 20.1.1 yang baru-baru ini dirilis.

Menurut Talos Intelligence, mereka melaporkan ada empat kerentanan yang hadir dan dicatat dalam CVE-2019-5124, CVE-2019-5146, CVE-2019-5147 dan CVE-2019-5183. Kelas serangan ini bisa mengeksploitasi kerentanan pada file driver AMD Radeon ATIDXX64.dll, yang dapat menyebabkan penolakan layanan atau bahkan eksekusi kode jarak jauh.

Baca juga : Radeon RX 5600 XT Review : Powerful, Kinerja Gaming 1440p Masih Nendang

Techpowerup sendiri mengatakan bahwa AMD sebenarnya sudah menambal celah keamanan ini melalui software terbaru Adrenalin 20.1.1 secara diam-diam tanpa menyebutkan seputar kerentanan maupun perbaikan di changelog-nya. Namun, kerentanan yang ditemukan Talos Intelligence bisa memberikan dampak yang serius, contohnya celah tersebut bisa digunakan untuk mengeksploitasi mesin host dari VM (diuji dengan VMWare). Bahkan bisa saja akan memicu kerentanan dari halaman web, melalui WebGL (yang memungkinkan seseorang bisa menjalankan aplikasi 3D di situs web jarak jauh).

Kerentanan diuji pada Radeon RX 550/550 Series VMware Workstation 15 (15.5.0 build-14665864) dengan Windows 10 x64 sebagai VM Guest, tetapi tidak ada alasan untuk berasumsi bahwa masalah ini terbatas hanya pada seri RX 550 karena AMD shader compiler membagikan basis kode umum untuk semua GPU DirectX 12 terbaru.

driver Radeon

Semua kerentanan yang hadir akan mengandalkan vektor serangan umum: kode shader yang dibuat khusus yang mengeksploitasi bug di kompiler shader. Meskipun kode shader HLSL terlihat mirip dengan rakitan, sebenarnya ini adalah bahasa tingkat tinggi yang dioptimalkan dan dikompilasi oleh driver grafis.

Akselerasi grafis VMWare memungkinkan seseorang bisa menjalankan grafik 3D di mesin virtual, dengan meneruskan render info ke host GPU dan kemudian menyalurkan output kembali ke VM. Karena kode shader dikompilasi menggunakan driver grafis dari OS host, ini menciptakan peluang menarik untuk serangan.

Jadi intinya jika kalian memiliki driver lama pada GPU radeon kalian, maka sebaiknya update software adrenalin terbaru 20.1.1 untuk dukungan stabilitas yang lebih baik, termasuk sisi kemanan yang jauh lebih solid. Kalian bisa mengunduhnya secara manual disini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat