- Berita Terbaru, Prosesor

Qualcomm Luncurkan Dua Prosesor Baru Untuk Notebook, Snapdragon 8c & 7c

Qualcomm benar-benar serius untuk menjajal pasar Notebook yang menjalankan Windows sebagai pilihan utama mereka selain ponsel. Dan untuk memastikan mereka tetap berada dalam jalur yang benar, pihak perusahaan kini meluncurkan dua prosesor terbaru yang mendukung Windows on ARM, yaitu Snapdragon 8c dan 7c.

Hal tersebut diungkap pada Snapdragon Tech Summit di Hawaii hari ini, dimana menurut Qualcomm, kedua CPU ini bisa dibilang sebagai alternatif berdaya rendah dibanding Snapdragon 8cx dan memiliki biaya yang lebih terjangkau.

Baca juga : ACER Swift 3 SF314-41G Review : Laptop Murah 7 Jutaan, Banyak Fitur Seru (AMD Ryzen 5 2nd Gen Inside)

Snapdragon 8c merupakan penerus Snapdragon 850, yang digunakan perusahaan pada laptop generasi kedua Windows on Arm, seperti Samsung Galaxy Book 2, plus hadir dengan pilihan extra Qualcomm X24 LTE modem, Kryo 490 CPU dan graphic Adreno 675. Perusahaan ini menjanjikan peningkatan performa sebesar 30% dibandingkan 850. Chip 7nm juga dimaksudkan sebagai perangkat tanpa fan.

Sedangkan untuk Snapdragon 7c, CPU ini merupakan produk utama yang dirancang sebagai pilihan utama notebook Windows 10 paling murah dengan kekuatan CPU octa-core Kryo 468, Adrena 618. 7C dibangun pada proses 8nm dan menggunakan modem Snapdragon X15 LTE, yang berjalan hingga 800 Mbps, bukan tingkat multi-gigabit seperti 8c. Qualcomm juga menyoroti potensi unggulan pada prosesor ini sebagai pilihan ideal untuk ” multi-day battery life “. Artinya bahwa 7c memiliki kinerja dengan nilai efisiensi yang jauh lebih efektif.

Ini tidak akan menggantikan Snapdragon 8cx, prosesor kelas atas perusahaan. 8cx belum dirilis di laptop mana pun, meskipun kami tahu itu dimaksudkan untuk laptop Project Limitless 5G Lenovo yang akan datang, serta Samsung Galaxy Book S, yang melewatkan tanggal peluncuran aslinya beberapa bulan yang lalu.

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat