- Hardware, Laptop

ACER Swift 3 SF314-41G Review : Laptop Murah 7 Jutaan, Banyak Fitur Seru (AMD Ryzen 5 2nd Gen Inside)

ACER Swift 3 SF314-41G-R1EW dengan kekuatan prosesor AMD Ryzen 5 3500U kayaknya bisa jadi pilihan seru kalian saat sedang mencari laptop premium murah pada harga 7 jutaan. Apa yang menarik pada laptop ini adalah bentuk desain berkelas, tipis dan kemampuan hebat dalam tenaga komputasi, bahkan masih solid untuk memberikan kinerja gaming di level 1080p.

Nah, Penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan pada laptop terbaru dari ACER tersebut? Lihat ulasan lengkapnya dibawah ini. Kalian juga bisa lihat reviewnya lewat video YouTube lewat link ini. Jangan lupa juga untuk subscribe! :D.

Baca juga : 5 Pilihan Rekomendasi Ideal Laptop 4 Jutaan Tahun 2019

ACER Swift 3 SF314-41G Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Spesifikasi  ACER Swift 3 SF314-41G-R1EW
OS Windows 10 Pro
Processor AMD Ryzen 5 3500U (4 Core/8 Thread, L3 Cache 4MB, Up to 3,7Ghz)
Display 14″ FHD Acer ComfyView IPS Panel
Graphic  Radeon RX 540X 2GB GDDR5
Memory 8GB DDR4
Storage 256GB SSD NVMe
WLAN/Bluetooth 802.11AC / Bluetooth 4.2
Camera  HD Camera With 2Mic
Battery 3-cell Li-ion 3320 mAh
Ports 1xHDMI, 1x USB 2.0, 2x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type C, Audio Combo
Berat 1.4Kg
Height 0.7″
Width 12.7″
Depth 9″
Security  Fingerprint, kensington lock
Harga Rp7.999.000

Hari ini, ada banyak pilihan seru yang hebat untuk sebuah laptop murah dibawah 10 jutaan, bahkan sajian yang ditawarkan bisa terasa berkelas. Hal tersebut berlaku untuk seri ACER Swift 3 SF314-41G  terbaru, yang bahkan punya harga lebih terjangkau sekitar 7.9 jutaan.

ACER Swift 3 SF314-41G

Tajuk utama dari laptop ini bisa dikatakan sebagai sebuah perangkat portable yang sangat ringan, tipis dan stylish. Termasuk juga kekuatan ideal untuk dongkrak kinerja banyak aplikasi modern jauh lebih efektif bagi pengguna.

ACER Swift 3 SF314-41G

Dengan kekuatan inti berada pada prosesor Quad core terbaru AMD Ryzen 5 3500, apa yang bisa ditawarkan laptop tersebut terkadang lebih dari “sekedar” kinerja kasual. Kalian bahkan bisa membawa performa jauh lebih tinggi, termasuk untuk kegiatan gaming di level 1080p.

ACER Swift 3 SF314-41G itu sendiri hadir dengan bobot sekitar 1.4Kg dan memiliki ketebalan cuman sekitar 1.7cm. Dukungan mobilitas tentu semakin sempurna saat kalian bekerja melalui laptop yang sangat ringan tersebut, termasuk desain yang sangat berkelas.

Materi yang dibawa laptop ini juga lebih berkesan, dimana body aluminium hybrid yang disajikan dalam warna biru muda bisa memberikan laptop terasa begitu menyenangkan, meskipun itu pada bagian luarnya aja. Produsen juga memberikan pilihan warna extra lain yang bisa kalian pilih.

ACER Swift 3 SF314-41G

Dan untuk melengkapi combo sempurna yang dibawa Acer Swift 3 ini, hadirnya layar dengan ukuran 14” yang punya bezel tipis dan memiliki ruang resolusi hingga Full HD bisa sangat berharga bagi pengguna, apalagi layar ini dilengkapi dengan panel IPS yang punya sisi unggulan dalam hal sudut pandang dan reproduksi warna yang jauh lebih menyenangkan.

ACER Swift 3 SF314-41G

Kalian juga bisa membuka layar hingga 180° pada laptop ini, sehingga membuat layar bisa datar dan sejajar dengan keyboard. Ini tentu bakal bawa keuntungan tersendiri bagi kalian pada saat tertentu. Bener kan?

ACER Swift 3 SF314-41G

Nah, buat nyempurnain sajian premium yang ditawarkan oleh laptop ini, produsen juga menawarkan fingerprint untuk login sistem jauh lebih mudah, termasuk sisi keamanan yang jauh lebih solid. Fitur ini biasanya sangat jarang hadir untuk laptop dibawah harga 10 jutaan, dan itu bisa jadi salah satu nilai terbaik dari apa yang ditawarkan Acer Swift 3.

ACER Swift 3 SF314-41G

Konektivitas

Urusan konektivitas juga cukup seru untuk diungkap, khususnya dari sisi konektivitas port yang dibawa laptop in, termasuk sebuah port HDMI, dua port USB 3.1 gen 1, sebuah port USB Type C 3.1 Gen 1, sebuah port USB 2.0, port Audio dan Card reader.

ACER Swift 3 SF314-41G

Sedangkan untuk sisi konektivitas secara nirkabel, kalian bakal memanfaatkan konektivitas cepat WiFi 802.11ac yang menawarkan potensi kecepatan besar untuk solusi internet wireless ideal hari ini, termasuk Bluetooth 4.2.

Keyboard & Touchpad

Keyboard secara utuh cukup nyaman untuk dilalui dengan tingkat perjalanan yang tidak terlalu dangkal dan sepenuhnya memberikan pengalaman baik, termasuk untuk sesi pengetikan yang cukup lama. Dan ternyata, produsen memberikan pilihan combo keyboard dalam satu paket, yang artinya bahwa ada beberapa tombol extra untuk mengaktifkan fitur tertentu.

ACER Swift 3 SF314-41G

Contohnya ketika kalian memencet tombol f8, maka backlight akan aktif. Sedangkan jika kalian memencet tombol f12, maka tombol numlock akan aktif. Ini bisa menjadi fitur menarik dan bisa memberikan kemudahan untuk akses tertentu bagi pengguna.

Sedangkan untuk touchpad, ruang yang hadir cukup luas dengan ukuran 10.5cm x8cm, termasuk untuk dukungan gerakan tiga jari, meskipun terkadang penekanan klik enggak bisa dilakukan dimana saja. Namun secara utuh, kegiatan navigasi lewat jari-jemari bisa cukup nyaman untuk dilakukan.

Audio & Webcam

Audio yang dibawa ini memiliki fitur stereo melalui Realtek audio combo, dan secara keseluruhan terasa sangat renyah untuk didengarkan, meskipun kalian enggak bisa memaksimalkan dengan tingkat suara tinggi. Cuman, ini sangat berharga sekali untuk “sekedar” mendengarkan music favorit atau menonton video, bahkan bisa jadi salah satu yang terbaik sebagai fitur unggulan pada laptop Acer Swift 3.

Sedangkan buat Webcam, kualitas camera hingga resolusi 720p mungkin bica mencukupi untuk kebutuhan kasual seperti video call ataupun hal seru lainnya. Cuman, kualitas agak buruk dan buram, dan kalian perlu pencahayaan yang lebih baik untuk membuat gambar tetap terjaha dengan baik.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi internal kini terasa jauh lebih seru untuk diungkap, dimana ada beberapa poin penting yang ditawarkan ACER Swift 3 SF314-41G kepada konsumen untuk urusan kinerja. Pertama adalah prosesor, dimana seri ini membawa kekuatan AMD Ryzen 5 3500U terbaru yang cukup powerful dan hemat daya, yang tentu aja bakal membawa kinerja baterai jauh lebih baik.

ACER Swift 3 SF314-41G

Prosesor itu sendiri hadir dengan kekuatan 4 core 8 thread, clockspeed up to 3.7Ghz (base 2.1Ghz), L3 Cache 4MB dan nilai TDP default sebesar 15W. AMD sendiri mengatakan bahwa seri prosesor yang didasarkan pada generasi kedua Zen 2, yang menawarkan tidak hanya kinerja komputasi yang jauh lebih efektif, namun juga bisa memberikan sajian istimewa dalam hal konsumsi daya yang dibangun berdasarkan proses 12nm.

ACER Swift 3 SF314-41G

Cuman, kinerja yang ditawarkan tampaknya masih sama dengan seri Ryzen 5 2500U, namun masih bisa bersaing ketat dengan Intel Core i5-8265U. Contohnya, pada Cinebench R15, prosesor ini ngasih performa yang cukup baik, termasuk juga untuk kinerja kompresi data seperti Winrar.

ACER Swift 3 SF314-41G

Kalian juga bisa melakukan banyak pekerjaan berat pada prosesor ini, termasuk kegiatan video editing. Hasil yang ditawarkan Ryzen 5 3500U pada tes blender menunjukan bahwa seri ini masih worth untuk kegiatan extra tersebut, meskipun masih memiliki keterbatasan.

ACER Swift 3 SF314-41G

Disamping itu, prosesor ini juga membawa GPU internal Radeon Vega 8, yang cukup solid tidak hanya kasual gaming saja, namun beberapa pilihan game eSPort yang populer pada level 1080p. Clockspeed yang ditawarkan pada generasi terbaru ini bahkan bisa jauh lebih tinggi, meskipun sangat bergantung sekali pada fitur dual channel memori sistem.

Dan bicara mengenai grafis, seri ini juga enggak cuman memiliki satu GPU saja, namun extra VGA Radeon RX 540X menjadi jantung utama buat kekuatan grafis yang jauh lebih baik.

Dengan fitur inti VRAM sebesar 2GB GDDR5 64-Bit, 512 unit shader, dan clockspeed up to 1100Mhz, seri ini bisa jadi pendamping yang cukup baik dengan seri Radeon Vega 8, meskipun masih dalam tahapan kelas entry level.

ACER Swift 3 SF314-41G

Secara utuh, seri ini menawarkan kinerja hampir sama dengan seri GeForce MX230, contohnya pada tes 3DMark Cloudgate maupun Firestrike. Jadi, Radeon RX 540X bisa menawarkan kinerja cukup baik untuk sebuah dedicated GPU, termasuk gaming di level 1080p.

ACER Swift 3 SF314-41G

Sedangkan untuk urusan storage, SSD NVMe dengan kapasitas 256GB menjadi layar utama buat penyimpanan extra cepat bagi pengguna pada laptop ini. SSD tersebut bahkan menawarkan kinerja hingga 1.5GB per detik untuk read speed dan hingga 800MB lebih per detik untuk write speed. Cuman kalian tentu perlu memiliki storage external buat penyimpanan file yang lebih besar.

ACER Swift 3 SF314-41G

Dan terakhir, RAM dengan kapasitas 8GB DDR4 dengan fitur dual channel bisa mendukung banyak hal berarti bagi kalian, meskipun upgrading kayaknya tertutup untuk dilakukan secara DIY. Namun, kapasitas default yang ditawarkan tentu sudah sangat mencukupi untuk banyak kegiatan modern, termasuk buat pembuatan konten.

ACER Swift 3 SF314-41G

Kinerja

Bagaimana dengan performanya? ACER Swift 3 SF314-41G bisa dikatakan memiliki kinerja melebihi diatas rata-rata laptop kasual dibawah 10 jutaan, bahkan sangat ideal juga bukan cuman untuk kegiatan office standar, namun juga kegiatan berat seperti pembuatan konten maupun gaming.

PCMark 10 bisa mewakili kinerja sistem secara utuh bagi pengguna, dimana skor yang dihasilkan bisa terhitung cukup baik dengan hasil rata-rata jauh lebih ideal dibanding laptop lainnya pada harga atau nilai yang lebih mahal diatas 8 jutaan.

ACER Swift 3 SF314-41G

Sedangkan untuk kegiatan gaming, laptop ini bisa memberikan kinerja dengan hasil FPS yang cukup menyenangkan pada resolusi 1080p. Kalian bahkan masih bisa melakukan kegiatan game berat sekelas GTA V di pengaturan medium tanpa hambatan yang berarti dengan fps rata-rata hingga 42.

ACER Swift 3 SF314-41G

Sedangkan eSPort gaming juga bisa dilibas dengan cukup meyakinkan, seperti DOTA 2 hingga 52 dan CS : Go hingga 56. Cuman, laptop ini pastinya kurang ideal buat game sekelas triple A.

Performa Baterai & Suhu

Performa baterai bisa jadi salah satu yang terbaik. Bukan tanpa alasan, seri ini sanggup bertahan hingga 10 jam 20 menit, meskipun untuk kinerja kasual seperti browsing, youtube maupun combo seperti kegiatan editing cuman mencapai hingga 7 jam 30 menit. Walaupun begitu, itu sudah cukup baik dan tentu saja sangat layak sebagai teman pendamping kalian saat sedang bepergian.

Dan hal terbaiknya, kalian butuh waktu ngecass hingga penuh cuman sekitar 1 jam 10 menit, dan itu waktu yang cukup cepat. Sedangkan untuk kinerja gaming, performa bisa jauh lebih berkurang hingga waktu 4 jam 45 menit, apalagi jika kalian mengaturnya pada tingkat kecerahan yang sangat tinggi.

Untuk urusan suhu, secara utuh suhu rata-rata yang ditawarkan Acer Swift 3 ini terhitung cukup ideal, dimana suhu bisa mencapai 67° celcius untuk pekerjaan kasual ataupun saat bermain game tanpa dicass. Namun jika kalian memakainya sambil di charging, suhu bisa cukup tinggi hingga 80° celcius. Untungnya, saat sedang bekerja tinggi, fan enggak berisik dan cukup tenang, sehingga itu tidak bakal menggangu kalian.

Kesimpulan

ACER Swift 3 SF314-41G dengan kekuatan prosesor AMD Ryzen 5 3500U kayaknya memiliki segala hal yang sangat menyenangkan bagi kalian untuk dipertimbangkan. Apa yang bisa menjadi daya tarik pada laptop tersebut adalah :

  • Kinerja komputasi yang hebat, dimana prosesor Ryzen kini terasa jauh lebih berharga, bukan saja dari performa tinggi, namun juga hemat, yang berarti bisa memperpanjang kinerja baterai jauh lebih besar.
  • Sajian premium yang berkelas, stylish, ringan bahkan mendukung sisi mobilitas jauh lebih efektif.
  • Harga yang ditawarkan tentu sangat terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan laptop berbasis Intel yang punya selisih jauh lebih tinggi.
  • Hadirnya SSD NVMe juga bisa jadi pilihan storage yang benar-benar layak untuk kegiatan modern yang super cepat.
  • Nilai display yang superior, bukan karena bezel tipis, namun juga kehadiran resolusi tinggi dan terasa begitu cerah.
  • Fitur premium extra, bukan cuman sisi konektivitas lengkap, namun juga kehadiran fingerprint yang worth banget untuk sisi keamanan yang lebih efektif dan mudah.
  • Audio yang cukup menyenangkan, bahkan terasa jauh lebih renyah dibanding laptop kasual dibawan 10 jutaan.

Cuman, laptop ini juga punya sisi minus yang perlu kalian ketahui, meskipun enggak banyak juga sih, diantaranya adalah :

  • Fitur Webcam yang enggak terlalu worth banget, bahkan kalian kayaknya perlu webcam extra.
  • Upgrading komponen secara DIY kayaknya agak sulit untuk dilakukan, dimana kalian perlu melakukannya di tempat service resmi Acer. Produsen bahkan “seolah” mengunci fitur ini, meskipun itu masih dilakukan untuk pengguna tertentu.

Namun, secara keseluruhan, ACER Swift 3 SF314-41G tentu layak banget untuk kami rekomendasikan. Laptop yang punya banyak fitur menarik ini akan membuat banyak perbedaan nyata buat kemudahan pekerjaan yang lebih baik, termasuk sisi desain dan dukungan mobilitas yang sangat menyenangkan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat