Home » ASUS TUF Gaming FX505DT Review : Laptop Gaming Murah, Kinerja Nendang

ASUS TUF Gaming FX505DT Review : Laptop Gaming Murah, Kinerja Nendang

Lagi nyari laptop gaming murah 13 jutaan? ASUS TUF Gaming FX505DT bisa jadi pilihan serunya. Laptop ini bisa dikatakan memiliki spesifikasi combo Tangguh, yaitu antara prosesor Ryzen 7 3750H dan VGA Nvidia GTX 1650 yang bisa ngasih kinerja cukup superior, bahkan untuk gaming level triple A.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa tuh laptop? Simak selengkapnya dibawah ini. Kalian juga bisa lihat Video YouTubenya disini, jangan lupa juga untuk subscribe.

Baca juga : ROG Zephyrus G GA502 Review : Premium Laptop ASUS Semakin Membumi, Kinerja Baterai Terbaik

ASUS TUF Gaming FX505DT Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh Ini

Spesifikasi ASUS TUF Gaming FX505DT
Processor AMD Ryzen 7 3750H (4 Core 8 Threads, Up To 4,0Ghz)
Operating System Windows 10 Home
Memory 8GB DDR4 2400Mhz
Display 15.6″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) 60Hz Anti-Glare IPS-level Panel with 45% NTSC
Graphic NVIDIA® GeForce® GTX 1650 , with 4GB GDDR5 VRAM
Storage 1TB 5400 rpm SATA HDD
Keyboard Chiclet keyboard with isolated numpad key
WebCam HD 720p CMOS module
Networking Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth® 5.0
Interface 1 x COMBO audio jack
1 x Type-A USB2.0
2 x Type-A USB 3.2 (Gen 1)
1 x RJ45 LAN jack for LAN insert
1 x HDMI, HDMI support 2.0
Audio Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone
Battery 3 -Cell 48 Wh Battery
Dimensions 360.4 x 262.0 x 25.8 ~26.8 mm (WxDxH)
Weight 2.2 kg ~ 2.3 kg
Harga  Rp13.400.000

ASUS TUF Gaming FX505DT merupakan laptop gaming terbaru produsen yang diluncurkan pada bulan juni kemarin. Ini bawa banyak pilihan seru bagi penggemar yang menginginkan sebuah laptop gaming dengan harga terjangkau, namun bisa ngasi performa cukup superior. Disamping itu, sudut estetika juga terhitung cukup nyenengin, apalagi seri TUF udah cukup lama dikenal dari sisi ketahanannya.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Dan bicara mengenai desain, ASUS TUF Gaming FX505DT punya banyak nilai unggulan, termasuk bobot yang cukup ringan dengan berat sekitar 2.2Kg dan punya ketebalan hingga 2.5cm. Seri ini juga dukung sisi mobilitas yang cukup baik, sehingga kalian bisa bawa kemana-mana tuh laptop tanpa beban yang cukup berat, meskipun sisi layar mungkin terasa agak besar juga sih.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Military grade menjadi pesona utama lainnya yang dibawa laptop gaming tersebut, yang artinya bahwa enggak cuman desain aja yang cukup nyenengin, namun ASUS juga mengklaim bahwa seri ini telah lolos ujicoba berat, sehingga punya sertifikasi tersendiri buat memastikan sisi ketangguhan dan daya tahan yang dibutuhkan oleh pengguna. Intinya, sudut desain punya makna besar yang enggak cuman punya kesan berkelas, namun juga punya sertifikasi Tangguh kelas militer.

Cuman, sajian materi sasis plastik mungkin masih terkesan biasa, meskipun kita tidak memungkiri bahwa harga sekitar 11.5 jutaan yang ditawarin bakal mengorbankan banyak hal untuk jaga kualitas inti oleh produsen tetap terjaga dengan baik

Konektivitas

Sedangkan untuk urusan konektivitas, laptop gaming ini punya beberapa pilihan port lengkap, termasuk sebuah port audio jack COMBO, sebuah port USB USB2.0, 2 port USB 3.2 Gen 1, sebuah port LAN RJ45 dan sebuah port HDMI 2.0.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Sayangnya, enggak ada port USB Type C menjadi salah satu sisi minus yang dibawa tuh laptop, termasuk konfigurasi penempatan port yang hanya berada dibagian kiri aja. Meskipun, sebagian besar diantara kita sih mungkin enggak akan punya masalah tersebut, apalagi ada jeda yang cukup besar diantara port USB. Buat urusan konektivitas Wireless, ASUS nyediain dua pilihan konektivitas unggulan buat mudahin kegiatan transfer data secara nirkabel, termasuk WiFi 802.11 AC dan Bluetooth 5.0.

Display

Hadirnya layar 15.6” yang cukup besar bisa memberikan ruang visual yang jauh lebih seru bagi penggema. Apalagi, seri ini juga punya Display Nanoedge. Artinya bahwa selain punya sudut visual yang jauh lebih baik saat nampilin gambar, desain NanoEdge baru ini punya bezel tipis hingga 6.5mm.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Nilai display yang lebih ramping dari sebelumnya tentu bisa ngasi tampilan visual lebih menarik dalam paket yang jauh lebih kompak. ASUS TUF Gaming FX505 juga punya panel IPS dengan tingkat refresh rate yang diiklanin hingga 120Hz. Cuman, laptop ini ternyata hanya punya refresh rate 60hz. Jadi, produsen kayaknya nawarin beberapa varian untuk menyesuaikan harga.

Keyboard & Touchpad

Keyboard juga bisa jadi salah satu sisi unggulan yang ditawarin tuh laptop. Dengan bermodalkan chiclet keyboard dengan pilihan tombol paling lengkap, keyboard ini juga punya fitur backlighting yang bervariasi. Intinya, kalian bisa buat pola warna yang berbeda-beda, enggak cuman satu pilihan aja, dimana kalian bisa atur melalui software yang udah disediain produsen saat kalian pertama kali membelinya.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Sedangkan buat urusan touchpad, tidak ada nilai plus dan masih terkesan biasa aja, apalagi kalian pastinya bakal lebih banyak gunain mouse extra buat kegiatan gaming. Namun buat sisi penggunaan, ini masih cukup nyaman untuk dilakuin sebagai perangkat extra.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Spesifikasi Internal

Buat spesifikasi internal, jantung utama pada ASUS TUF Gaming FX505DT adalah prosesor AMD Ryzen 7 3750H. Dibangun berdasarkan proses 12nm, seri ini enggak cuma hebat dari sudut kinerja aja, namun juga bisa ngasi nilai extra untuk urusan konsumsi daya. Disamping itu, Ryzen 7 3750H juga punya beberapa teknologi unggulan yang bisa ngasi banyak manfaat bagi penggemar, termasuk AMD SenseMI Technology dan Radeon™ FreeSync Technology.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Sedangkan buat spesifikasi inti, seri ini punya kekuatan 4 Core dan 8 Threads, clockspeed up to 4.0Ghz, L3 cache hingga 4MB dan nilai TDP default hingga 35W. CPU tersebut mungkin bukan yang terbaik dalam urusan kinerja tinggi, namun masih mampu ngasi performa yang nyenengin dan enggak kalah hebatnya dengan seri Intel.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Contohnya, pada tes Cinebench R15 maupun R20, kinerja yang ditawarin terhitung cukup baik, meskipun masih jauh dibelakang Intel pada prosesor mobile terbaru mereka. Proses rendering untuk kegiatan pembuatan konten juga terhitung berharga melalui prosesor ini, meskipun engggak secepat CPU intel pada kelas yang sama, namun prosesor tuh masih bisa ngasi kinerja nyenengin.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Sedangkan buat kebutuhan grafis, Nvidia GeForce GTX 1650 bisa bawa pilihan seru yang dibawa laptop gaming ini. GTX 1650 bahkan punya kinerja lebih baik dibandingkan dengan GTX 1050 Ti, sehingga VGA ini bisa dongkrak kinerja enggak cuman kasual esport gaming aja, namun juga bisa ngasi solusi hebat untuk gaming triple A.

ASUS TUF Gaming FX505DT

GTX 1650 itu sendiri punya spesifikasi tinggi, termasuk VRAM 4GB GDDR5, 896 CUDA Core, clockspeed up to 1560 Mhz, Memory Speed up to 8Gbps, dan dibangun berdasarkan proses finfet 12nm.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Kinerja yang ditawarin GPU ini bisa jauh lebih efektif, contohnya, pada tes 3DMark Firestrike maupun TimeSpy, skor yang dihasilin VGA ini jauh lebih baik dibandin GTX 1050 Ti. Jadi, ini bisa ngasi sempurna untuk kinerja gaming pada level 1080p.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Sedangkan buat urusan storage, ASUS cuman ngasi solusi HDD kasual dengan kapasitas 1TB. Kapasitas yang disajiin mungkin bisa ngasu ruang besar untuk kebutuhan penyimpanan file, namun kinerja yang ditawarin kayaknya enggak cukup buat Menuhin kebutuhan pengguna modern hari ini.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Untungnya, ASUS engga nutup kemungkinan buat upgrade, dimana kalian bisa upgrade SSD dengan ketersediaan slot M.2, meskipun kalian perlu membongkar tuh laptop. Saran kita sih kalo pengen upgrade, sebaiknya serahin di tempat service atau toko saat kalian membelinya, ini juga buat hindarin garansi hilang.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Hal yang sama juga berlaku buwat urusan memori, dimana default memori 8GB DDR4 single channel masih cukup buat Menuhin kebutuhan modern kalian hingga hari ini. Cuman, jika kalian pengen kinerja yang jauh lebih efektif, saran kita juga mending diupgrade hingga 16GB.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Kinerja Gaming

Bagaimana dengan performanya? Tentu sangat menyenangkan, bahkan ini bisa ngasi solusi tersendiri buat sebuah laptop gaming entry level yang mampu ngasih kinerja hebat untuk gaming triple A pada pengaturan High dengan nilai FPS yang cukup nyaman untuk dilalui.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Contohnya, pada tes Battlefield V, laptop ini ngasi kinerja cukup baik pada level 1080p dengan nilai fps rata-rata hingga 40Fps pada pengaturan high. Hal yang sama juga berlaku untuk game sekelas Shadow Of The Tomb raider maupun GTA V dengan nilai FPS yang juga cukup baik lah.

Jadi pada intinya, laptop gaming tuh bisa ngasih kinerja gaming hebat, bahkan untuk gaming sekelas triple A juga masih mampu. Sehingga, hampir semua game eSport bisa dilibas dengan mudah.

Kinerja Baterai & Suhu

Sedangkan buat kinerja baterai, laptop ini mungkin bukan yang terbaik dengan kemampuan baterai untuk kinerja kasual seperti browsing web, nonton video cuman ngabisin waktu hingga 4 jam 20 menit. Tapi secara keseluruhan itu udah cukup baik sih, apalagi kalian pastinya bakal pake charger laptop setiap saat buat pemakaian gaming.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Sayangnya, suhu yang dihasilin bener-bener enggak nyenengin. Suhu bahkan bisa nyampe 90° lebih saat laptop sedang bekerja tinggi, termasuk buat urusan gaming. ASUS mungkin punya solusi pendinginan extra dual fan cooler yang bisa kalian atur lewat rog armoury, tapi itu enggak terlalu efektif buat dinginin suhu. Disamping itu, fan cukup berisik saat sedang bekerja, yang pastinya cukup ganggu aktivitas kalian saat bermain game.

ASUS TUF Gaming FX505DT

Saran kita, sebaiknya ganti thermal pasta bawaan prosesor di tempat service atau pake cooling pad, yang pastinya bisa ngasi solusi extra buat sisi pendinginan.

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming FX505DT bisa jadi pilihan ideal lainnya buat kalian yang sedang nyari laptop gaming handal pada harga yang terasa jauh lebih nyenengin. Ada beberapa sisi unggulan yang ditawarin tuh laptop, diantaranya adalah :

  • Sisi estetika yang terasa berkelas dan nyenengin saat kalian bawa tuh laptop
  • Spesifikasi yang Tangguh. Hadirnya Ryzen 7 3750H dan VGA GTX 1650 bisa jadi combo ampuh untuk memulai
  • Display yang canggih, disamping punya spesifikasi tinggi dan panel IPS yang bisa ngasi nilai visual hebat, seri ini juga punya bezel tipis, yang tentunya bakal ngasi sisi visual terasa jauh lebih luas
  • Backlighting keyboard yang punya ngasi sisi estetika tersendiri, bahkan punya pilihan konfigurasi warna yang cukup buaannyakk.
  • Terakhir, pastinya harga. DImana kalian bisa dapetin harga yang terhitung sangat murah, namun punya kemampuan hebat untuk sebuah laptop gaming

Cuman, laptop ini sayangnya punya beberapa sisi minus dan bisa ngasi dampak tersendiri untuk kinerja maupun pengalaman gaming sempurna, diantaranya adalah :

  • Suhu, dimana solusi pendinginan yang ditawarin tuh laptop enggak terlalu efektif. Suhu bahkan bisa nyampe hingga 90°, sesuatu yang sangat riskan untuk dipakai jangka Panjang.
  • Dan hal tersebut juga berlaku buat sisi pendinginan yang cukup berisik saat laptop sedang bekerja tinggi.

Dua faktor tersebut bisa jadi sisi minus yang paling besar dari apa yang bisa kami ungkap. Jadi jika kalian masih milih laptop ini sebagai pilihan utama, sebaiknya kalian membeli cooling pad sebagai pilihan awal. Dan jika itu sudah mulai terjadi, mengganti thermal pasta bisa jadi solusi paling baik, meskipun saran kami, sebaiknya ganti di tempat service ASUS atau took supaya enggak ngilangin garansi.

Terlepas dari itu semua, ASUS TUF Gaming FX505DT bisa jadi wajah baru untuk sebuah laptop gaming yang ideal lainnya pada harga yang sangat terjangkau. Seri ini bisa ngasi solusi tersendiri untuk kebutuhan gaming yang cukup berat, meski suhu masih jadi kendala banyak konsumen.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait