- Gaming Gear, Hardware, Laptop

ROG Zephyrus G GA502 Review : Premium Laptop ASUS Semakin Membumi, Kinerja Baterai Terbaik

Terkadang musuh tuh bisa jadi teman yang solid. Gak percaya? Buktinya AMD dan Nvidia satukan kekuatan dalam sebuah laptop gaming super keren dengan harga jauh lebih terjangkau, ASUS ROG Zephyrus G GA502. Kekuatan utama berada pada Ryzen 7 3750H dan Nvidia GeForce GTX 1660 Ti, dan itu bisa jadi pemandangan yang sangat menarik untuk diungkap.

Penasaran? Simak terus review lengkapnya dibawah ini. Males bacanya? kalian juga bisa lihat video YouTubenya disini, jangan lupa juga untuk subscribe.

Baca juga : AMD Ryzen 3 3200G Review : Budget CPU Powerful Dengan Banyak Peningkatan Kinerja

ASUS ROG Zephyrus G GA502 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh Ini

Spesifikasi ROG Zephyrus G GA502DU
Operating System Windows 10 Home
Processor AMD® Ryzen™ 7 3750H (4Core, 8 Threads up to 4,0Ghz)
Graphics NVIDIA® GeForce® GTX 1660 Ti 6GB GDDR6
Memory 8GB DDR4 2400MHz SDRAM (Up to 32GB)
SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 512GB
Display 15.6-inch Non-glare Full HD (1920 x 1080) vIPS-level panel, 60 / 120Hz
Keyboard Backlit chicklet keyboard
Audio 2 x 1W speakers with Smart AMP technology
Array Microphones
I/O Ports 1 x USB 3.2 Gen 2 Type-C with DisplayPort™ 1.4
3 x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1 x HDMI 2.0b
1 x 3.5mm headphone and microphone combo jack
1 x Kensington lock
1 x RJ-45 jack
Power 180W power adaptor
Wi-Fi / Bluetooth 802.11ac 1*1 + BT5.0
Dimensions Width: 36.0cm, Depth: 25.2cm, Height: 1.99-2.04cm
Weight 2.1kg
Harga (Mulai Dari)  Rp18.399.000

ROG semakin membumi, setidaknya itu bisa dibuktikan pada laptop gaming premium Zephyrus yang kini bisa didapatkan dengan nilai harga jauh lebih terjangkau. Salah satunya adalah seri GA502, dimana kalian bisa dapetin laptop gaming super keren ini pada harga 20 jutaan, beberapa toko malahan ada yang menjualnya pada kisaran 18 jutaan.

Zephyrus G GA502

Dan lebih menariknya lagi, produsen bawa dua kekuatan yang sebenarnya memiliki rivalitas panas, yaitu AMD sebagai mesin komputasi utama melalui prosesor Ryzen 7 3750H dan Nvidia sebagai GPU andalannya melalui GTX 1660 Ti.

Zephyrus G GA502

Desain dari seri ROG Zephyrus itu sendiri sudah cukup fenomenal sebagai daya tarik tersendiri, khususnya dari sudut estetika maupun dukungan mobilitas yang baik. Ya, laptop gaming ini hadir dengan berat sekitar 2.1Kg dan memiliki tingkat ketebalan hingga 1.9 cm.

Produsen menyebut seri ini sebagai laptop gaming premium yang super slim, bahkan materi yang disajikan juga benar-benar solid seolah tidak membawa materi plastik yang kelihatan murah. Intinya, Apa yang ditawarkan oleh laptop gaming ini mempunyai makna tersirat, yaitu “buat tampil bergaya tuh enggak harus mahal, bahkan bisa jauh lebih berkelas melalui ROG Zephyrus G GA502 yang punya nilai harga menyenangkan semua kalangan”. Bahkan, Jika dibandingkan dengan seri laptop dibawah 20 jutaan, seri ini bisa menjadi kandidat yang terbaik.

Sisi unggulan yang ditawarin laptop gaming ini juga tidak hanya bentuk desain, namun itu juga bisa berlaku untuk urusan layar 15.6” yang bawa bezel tipis dan punya resolusi maksimum hingga 1080p (1920×1080). Ruang yang disajikan tentu akan terasa luas, bahkan memiliki nuansa elegan bagi semua orang yang melihatnya.

Hal terbaiknya, display yang hadir juga memiliki panel IPS plus tingkat refresh rate hingga 120Hz. Artinya bahwa kalian setidaknya akan terbebas dari masalah stuttering, atau masalah yang biasa hadir gara-gara keterbatasan layar. Bahkan bisa menjadi pelengkap untuk bermain game terasa jauh lebih seru,

Konektivitas

Konektivitas juga bukan abal-abal, bahkan terasa cukup lengkap dengan pilihan superior, termasuk sebuah port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang juga dukung DisplayPort 1.4, 3 port USB 3.2 Gen 1 Type-A, sebuah port HDMI 2.0b, sebuah jack audio 3.5mm headphone plus dukung microphone, dan port LAN RJ-45.

Sedangkan untuk konektivitas nirkabel, hadirnya Wireless 802.11ac dan Bluetooth 5.0 juga bisa membawa makna tersendiri, yang artinya bahwa ruang modern untuk sajian kecepatan internet tinggi maupun peripheral unggulan sudah didukung melalui GA502.

Keyboard & Touchpad

Urusan keyboard juga gak kalah serunya, karena selain sangat nyaman untuk penggunaan pengetikan jangka panjang, terlebih lagi fitur Teknologi Overstroke bisa memberikan respons yang lebih cepat untuk memudahkan pengguna melalui keyboard.

ASUS juga bawa fitur extra lampu latar warna putih yang bisa bantu untuk penggunaan di ruang gelap plus bawa nilai estetika tersendiri, termasuk juga bawa tombol extra untuk gamer secara terpisah di bagian atas, yaitu tombol volume, mute maupun tombol khusus untuk akses cepat ke ROG Armoury crate, paket monitoring untuk kontrol sistem dan pencahayaan dengan menempatkan pengaturan penting di ujung jari pengguna dalam satu utilitas.

Touchpad disisi lain bawa fungsi yang cukup menyenangkan, terlebih lagi memiliki respon yang cepat plus ruang gerak yang cukup luas. Cuman, kalian pastinya bakal menggunakan mouse ketiga untuk navigasi, terlebih lagi untuk kegiatan gaming. Bener kan?

Audio

Nilai plus lainnya yang hadir pada Zephyrus G GA502 itu sendiri adalah kehadiran audio yang begitu renyah untuk didengarkan. Smart AMP technology merupakan kunci utama pada laptop ini yang siap melepaskan kekuatan audio terbai melalui Speaker twin front-firing ROG Zephyrus G.Disamping itu, ASUS juga ngeklaim bahwa fitur teknologi yang dibawa audio juga bisa ngurangi distorsi dan dan memiliki jangkauan yang lebih dinamis.

Sertifikasi Audio Hi-Res juga bisa mastiin buat pengguna headphone dan headset dapat mendengar lebih detail dalam format audio berkualitas tinggi, yang tentu saja bisa menawarkan perendaman yang lebih dalam dan lebih kaya.

Spesifikasi Internal

Prosesor

Untuk spesifikasi internal, kehadiran prosesor AMD Ryzen 7 3750H bisa membawa daya tarik tersendiri bagi penggemar, khususnya bagi mereka yang menginginkan kekuatan baru yang jauh lebih hemat daya untuk kinerja baterai terlama, termasuk juga performa yang cukup nyenengin untuk pengalaman gaming sempurna.

Spesifikasi AMD Ryzen 7 3750H
CPU Cores / Threads 4C/8T
Base Clock 2.3GHz
Max Boost Clock 4GHz
Total L1 Cache 384KB
Total L2 Cache 2MB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 12nm
Default TDP / TDP 35W
System Memory Specification 2400MHz
Memory Channels 2
Graphics Model Radeon™ RX Vega 10 Graphics
Graphics Frequency 1400 MHz
Graphics Core Count 10

AMD Ryzen itu sendiri hadir dengan kekuatan 4 Core dan 8 Threads, clockspeed up to 4.0Ghz (base 2.3ghz). Seri ini merupakan salah satu CPU powerful dari tim merah untuk segmen mobile dengan total L3 cache hingga 4MB.

Dibangun berdasarkan proses finfet 12nm, AMD ngeklaim bahwa ini bisa memberikan kinerja baterai paling hemat, termasuk juga bisa dongkrak kinerja gaming jauh lebih seru, termasuk juga untuk kegiatan extra lainnya seperti pembuatan konten dengan nilai TDP default sebesar 35W.

Cuman, Ryzen 7 3750H kayaknya masih memiliki spesifikasi hampir serupa, termasuk dukungan memori DDR4 2400Mhz dan iGPU extra Radeon Vega 10, meski memiliki peningkatan clockspeed lebih tinggi hingga 1400mhz.

Zephyrus G GA502

Kinerja yang hadir masih bisa memberikan nilai efektif untuk banyak hal, namun masih kurang jika dibandingkan dengan seri Intel pada kelas yang sama. Contohnya, pada tes Cinebench R15 maupun R20, seri ini masih belum bisa mengejar nilai superioritas Core i7-9750H, bahkan hampir sama dengan apa yang bisa ditawarkan oleh Core i5-9300H.

Zephyrus G GA502

Meski begitu, kegiatan pembuatan konten maupun gaming masih cukup layak untuk diperhitungkan, apalagi nilai clockspeed yang cukup tinggi plus hemat daya bisa menjadi sisi unggulan tersendiri bagi konsumen.

Grafis

Untuk urusan grafis, Nvidia GeForce GTX 1660 Ti Max-Q menjadi kekuatan utama yang benar-benar sangat layak untuk dipertimbangkan untuk gaming eSport maupun level AAA. Kehadiran VRAM sebesar 6GB GDDR6 192-Bit dan clockspeed up to 1335Mhz bisa membawa arti besar untuk membawa Fps semakin nyaman bagi konsumen, meskipun agak lebih lambat sekitar 15% jika dibandingkan dengan seri sama tanpa fitur Max-Q.

Zephyrus G GA502

Namun, sama halnya dengan prosesor, kehadiran fitur tersebut bisa membuat konsumsi daya jauh lebih hemat, yang artinya itu bisa memberikan kekuatan baterai jauh lebih panjang.

Zephyrus G GA502

Secara keseluruhan, VGA yang disajikan oleh laptop ini sepenuhnya bisa memberikan kinerja gaming jauh lebih baik jika dibandingkan dengan laptop kisaran harga dibawah 20 jutaan, termasuk GTX 1050 Ti atau bahkan GTX 1060.

Storage & Memori

Penyimpanan dengan fitur SSD NVMe yang memiliki kapasitas 512Gb juga bisa membawa daya tarik tersendiri, khususnya bagi mereka yang menginginkan kinerja sistem cepat, apalagi untuk loading game.

Sayangnya, kami masih belum mengetahui secara pasti ketersediaannya untuk slot HDD, apalagi ASUS tidak menyediakan ruang khusus untuk upgrade. Namun secara keseluruhan, kinerja SSD yang ditawarkan pada laptop ini sangat layak banget untuk dipertimbangkan dengan tingkat kecepatan read speed hingga 1.4GB/s. Jika kalian membutuhkan slot extra untuk semua file besar kalian, external storage bisa jadi pilihan utamanya.

Sedangkan untuk memori, default RAM sebesar 8GB DDR4 masih cukup untuk memenuhi banyak aplikasi modern maupun gaming. Namun, produsen juga tidak menutup kemungkinan untuk upgrade, dimana Zephyrus G ini bisa diupgrade hingga 32GB dengan ketersediaan extra slot.

Kinerja

Untuk kinerja sistem, PCMark 10 bisa mewakili seberapa baik laptop gaming ini bagi pengguna, khususnya untuk berbagai aplikasi extra, termasuk pembuatan konten yang cukup menuntut.

Zephyrus G GA502

Secara keseluruhan, skor yang dihasilkan bisa cukup nyenengin dan tentu saja cukup layak dibandingkan dengan rata-rata laptop gaming pada harga yang sama.

Hal yang sama juga berlaku untuk kinerja gaming, meski untuk beberapa game level AAA seperti Assassin’s Creed Odyssey maupun shadow of the tomb raider, kalian pastinya perlu ngurangin kualitas pengaturan hingga medium untuk mendapatkan nilai FPS terbaik pada level 1080p.

Zephyrus G GA502

Namun untuk game Fps, laptop gaming ini tentu sangat layak untuk didapatkan, terlebih lagi bisa ngasih nilai Fps yang nyaman.

Kinerja Baterai & Suhu

Hadirnya prosesor & GPU yang hemat daya bisa memberikan kinerja baterai yang jauh lebih baik. Klaim ASUS hingga 7 jam lamanya bisa cukup terbukti , meskipun laptop tersebut pada kenyataannya hanya mampu mencapai kekuatan hingga 6.5 jam, khususnya untuk kasual work seperti browsing maupun konten video.

Zephyrus G GA502

Namun untuk gaming, laptop ini hanya mampu memberikan kinerja maksimum hingga 2 jam 10 menit. Disamping itu, kalian pastinya perlu dicass setiap saat sata memakai laptop ini untuk kinerja gaming, yang tentu saja bisa maksimalkan kinerja secara keseluruhan.

Suhu bisa menjadi masalah yang cukup serius, dimana laptop ini bisa mencapai suhu maksimum hingga 90° celcius, meskipun hanya untuk penggunaan konten berat ataupun gaming yang sangat menuntut.

Zephyrus G GA502

Namun secara keseluruhan, seri ini masih cukup baik untuk kegiatan jangka panjang, dimana suhu rata-rata bisa mencapai antar 75° hingga 78° Celcius. Cuman, pendingin cukup berisik ketika suhu semakin naik, meskipun kalian tidak terganggu sepenuhnya.

Kesimpulan

Terlepas dari semua hal yang telah kita ungkap (ataupun belum), ROG Zephyrus GA502 kayaknya bisa menjadi pilihan terbaik untuk laptop gaming dibawah 20 jutaan. Ada beberapa sisi unggulan yang ditawarin tuh laptop, diantaranya adalah :

  • Murah, padahal seri ini memiliki fitur tangguh, termasuk sajian spesifikasi internal powerful, baik antara prosesor maupun GPU
  • Sisi Estetika terbaik, bahkan untuk laptop pada harga yang sama, sajian premium yang dihadirkan membawa magnet tersendiri bagi pengguna, apalagi pilihan materi premium enggak bisa dilepaskan begitu saja.
  • Tipis dan Ringan, yang tentu saja bisa bawa nilai portabilitas dan mobilitas yang benar-benar jauh lebih menyenangkan.
  • Banyak Fitur Canggih, termasuk layar dengan refresh rate hingga 120Hz, port konektivitas USB 3.1 yang cepet dan SSD NVMe yang super cepat.
  • Kinerja Baterai terbaik, dimana ini bisa menjadi sisi unggulan hebat lainnya untuk konsumen yang berencana untuk membuat banyak hal melalui laptop ini.
  • Kualitas Audio Superior, bahkan kalian seolah tidak memerlukan alat extra untuk memaksimalkan rasa audio yang ditawarkan laptop ini.

Cuman, perlu diperhatikan juga bahwa seri ini punya sisi minusnya, yang juga bisa berdampak pada kinerja, diantaranya adalah :

  • Suhu, ini bisa menjadi masalah serius, khususnya bagi kalian yang berencana untuk memakainya untuk kegiatan super menuntut. Suhu bahkan bisa mencapai hingga 90° celcius, dan itu benar-benar enggak nyaman untuk dilalui
  • Pendingin yang cukup berisik, dimana semakin tinggi suhu yang dihadirkan, kinerja pendinginan akan cukup berisik.
  • Tidak fitur Webcam, yang juga bisa cukup bermanfaat untuk kegiatan extra pengguna tanpa memerlukan budget tambahan. Sayangnya, itu tidak ada pada laptop ini.

Nah, itu dia ulasan lengkap kami mengenai laptop gaming terbaru ROG Zephyrus GA502 yang benar-benar worth banget kalian untuk dipertimbangkan. Karena selain memiliki banyak fitur unggulan, seri ini punya harga terbaik dan bisa menjadi pilihan superior dibawah 20 jutaan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat