- Android, Berita Terbaru, Smartphone, Sosial Media

Instagram Siap Hadirkan Cara Lebih Mudah Untuk Mengembalikan Akun Yang Telah Diretas

Instagram masih menjadi pilihan populer bagi penjahat untuk mencuri akun pengguna sosial media tersebut karena fitur keamanan yang terkesan masih minimalis. Untuk itulah, pihak pengembang akan membawa fitur baru agar bisa menyempurnakan sistem keamanan Instagram dengan cara yang yang lebih efektif.

Dalam sebuah pernyataan email kepada Motherboard, pihak pengembang kini sedang menguji coba teknik keamanan baru yang dapat membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mendapatkan kembali akses ke akun yang telah diretas dan lebih sulit bagi penjahat untuk mendapatkan tangan mereka pada akun korban.

Baca juga : Ponsel Masa Depan Huawei Nantinya Tidak Dilengkapi Dengan Aplikasi Bawaan Facebook

Seorang juru bicara Instagram mengatakan bahwa mereka kini telah mendengar dari komunitas bahwa langkah-langkah keamanan yang hadir sebelumnya tidak cukup , termasuk bagi mereka yang masih berjuang keras untuk mendapatkan kembali akses ke akun yang diretas, dimana ini masih menjadi permasalahan utama media sosial tersebut.

Instagram

Dan kini, seperti yang dijelaskan Motherboard, setelah berulang kali memasukkan kata sandi yang salah atau mengklik opsi “Perlu bantuan lebih lanjut”, Instagram akan meminta pengguna untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon yang tertaut ke akun atau yang digunakan saat mereka mendaftar ke Instagram.

Kemudian, layanan tersebut akan mengirim kode enam digit yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan kembali akses ke akun Instagram. Disamping itu, pihak pengembang juga mengatakan bahwa “Ketika pengguna mendapatkan kembali akses ke akun, kami akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk memastikan seorang peretas tidak dapat menggunakan kode yang dikirim ke alamat surel pengguna [atau] nomor telepon untuk mengakses akun dari perangkat yang berbeda.”

Melangkah lebih jauh, juru bicara Instagram mengatakan bahwa pihak perusahaan juga akan memastikan bahwa nama pengguna aman “untuk periode waktu setelah perubahan akun” untuk menggagalkan seseorang dari mengambil kepemilikan segera setelah dihack. Hanya saja, fitur baru yang ditawarkan oleh Instagram pada awalnya hanya tersedia untuk pengguna Android, sedangkan untuk pengguna IOS harus masih menunggu.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat