- Berita Terbaru, Prosesor

Bocor, Performa CPU Intel Generasi ke-10 Ice Lake 10nm Terungkap – Clockspeed Bisa Mencapai 5.3Ghz

AMD mungkin bisa melangkah sedikit lega bulan juli mendatang saat mereka menyambut kehadiran prosesor terbaru mereka, Ryzen 3000. Namun untuk beberapa bulan ke depan, Intel siap menghadang tim merah dengan sajian prosesor yang jauh lebih hebat, CPU Intel Generasi ke-10 Ice Lake 10nm.

Apa yang menarik adalah kehadiran barisan CPU dengan tingkat clockspeed yang jauh lebih tinggi dengan klaim bisa membawa peningkatan IPC hingga 18% dibanding seri sebelumnya dan 40% di atas arsitektur Skylake.  Dan kini, menurut WCCFTech, kabar mengenai salah satu CPU Intel 10nm sudah mulai bocor ke publik dengan angka clockspeed mencapai 5300Mhz.

Baca juga : Intel Ice Lake 10 nm CPU Resmi Diumumkan, Lebih Banyak Pilihan Prosesor Hebat Siap Menanti

Menurut situs tersebut, kabar tentang prosesor terbaru Intel berikutnya hadir melalui skor CPUZ, dimana ada dua pilihan  prosesor yang dibocorkan oleh pengguna asal Tiongkok, yakni Core i7-1065G7 (4 core / 8 thread) dan 6 core yang sangat awal, bagian 12 thread tanpa codename.

CPU Intel Generasi ke-10 Ice Lake 10nm Terungkap

Seri prosesor ini memiliki nilai default dalam skor singlethread melebihi prosesor Intel Core i9-9900K, dan ternyata barisan prosesor Ryzen 3000 juga ikut terungkap dengan hasil sedikit dibawah seri tersebut, khususnya untuk prosesor Ryzen 7 3800X. Sedangkan untuk performa boosting, Core i9-9900K (ketika mencapai kecepatan 5400Mhz) masih terlalu tangguh untuk dibicarakan, meski hal tersebut bisa sangat berubah ketika potensi semua prosesor yang hadir sebelumnya didongkrak dalam laju clock yang lebih tinggi.

Dan berbicara mengenai barisan prosesor terbaru Intel berikutnya, Ice Lake tampaknya akan menjadi lawan tangguh bagi Ryzen 3000, termasuk memenuhi harapan penggemar yang menginginkan pilihan yang jauh lebih seru jika dibandingkan dengan seri generasi ke-9.

Disamping itu, banyak kalangan juga merasa bahwa Intel sudah memiliki waktu yang tepat untuk membawa perubahan besar dalam hal arsitektur dan tidak lagi bergantung pada seri pembuatan 14nm sebagai pilihan default. Kita tunggu saja nanti bagaimana semua kabar gembira ini terbukti sepenuhnya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat