- Gaming Gear, Kartu Grafis, Prosesor, Tutorial

Takut Bottleneck Saat Membangun Sebuah PC? Coba Dulu Simulasinya Melalui Alat Gratis ini

Takut memiliki komponen yang akan membatasi kinerja komponen lainnya alias Bottleneck saat kamu membangun sebuah desktop PC? Kini, kamu tidak usah khawatir lagi, karena internet memiliki segalanya, bahkan bisa memberitahu kamu pilihan komponen mana yang akan membatasi kinerja perangkat keras lainnya. Hal tersebut datang melalui situs Bottleneck Calculator.

Hal terbaiknya, melalui situs ini, kamu bisa melakukan uji coba simulasi bagaimana sebuah rig, khususnya antara komponen CPU dan GPU yang ideal atau bahkan akan membatasi kinerja salah satu perangkat tersebut.

Baca juga : VGA AMD Radeon Series Kini Turun Harga, Berikut 3 Pilihan Terbaiknya

Misalnya, ketika kamu berencana akan membangun sebuah Gaming PC ideal, antara prosesor Intel Core i5-9400F dan Nvidia RTX 2060, maka informasi yang disajikan melalui Bottleneck Calculator akan memberitahu kamu apakah kedua pilihan perangkat tersebut bisa memberikan kemungkinan terjadinya bottleneck yang disajikan dalam hitungan persentase.

Bottleneck

Semakin kecil persentase yang hadir dalam kalkulator tersebut, maka semakin ideal semua pilihan komponen tersebut. Sebaliknya, semakin besar persentase yang hadir, maka kemungkinan salah satu perangkat yang akan membatasi kinerja maksimum perangkat lainnya benar-benar tidak ideal untuk dipilih.

Bottleneck

Bottleneck itu sendiri merupakan semacam batasan perangkat keras yang biasa hadir di sistem PC pengguna. Kemacetan terjadi ketika kapasitas aplikasi atau sistem komputer sangat dibatasi oleh satu komponen. Komponen yang sering mengalami bottleneck adalah kartu grafis, prosesor dan HDD. Kemacetan memengaruhi kinerja mikroprosesor dengan memperlambat arus informasi bolak-balik dari CPU dan memori. Jika semua komponen sistem tidak dapat memberi makan jumlah data yang sama pada kecepatan yang sama, penundaan dibuat. Sistem biasanya ditentukan oleh komponen terlemah pengguna, bukan yang tercepat.

Dalam situs tersebut juga menjelaskan secara detail pilihan perangkat mana yang akan membatasi komponen hardware lainnya, khususnya antara CPU maupun GPU. Sehingga, semua informasi yang disajikan benar-benar bisa memberikan banyak manfaat bagi konsumen, khususnya bagi mereka yang berencana akan membangun sebuah PC yang benar-benar ideal untuk pergi.

Disatu sisi, ini juga akan memberikan penjelasan jauh lebih detail mengenai kemungkinan terjadinya bottleneck, yang membatasi kinerja maksimum dari perangkat lainnya. Jadi, jika kamu ragu saat berencana akan membangun sebuah PC hebat dan bisa menghasilkan batasan pada perangkat lainnya, maka kamu bisa mengunjungi situs tersebut disini untuk melihat berbagai kemungkinan yang akan dihadirkan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat