- Berita Terbaru, Gaming Gear, Playstation

Sony Playstation 5 Siap Hadir Dengan Kekuatan AMD Ryzen Zen 2, Navi GPU dan SSD

Sony Playstation 5 tampaknya kini sudah memiliki kepastian (atau setidaknya begitu) dalam urusan spesifikasi, meskipun tanggal rilis masih jauh dari radar kami. Apa yang bisa menyenangkan dan bisa kita terima hingga sejauh ini adalah konsol tersebut akan membawa kekuatan prosesor AMD Ryzen generasi ke-3, resolusi 8K, dukungan Ray tracing, Backward compability dan tentu saja SSD sebagai pilihan storage utama.

Menurut Wired (Via Techspot), sebagaimana apa yang diungkap oleh Mark Cerny, sang arsitek utama, ia mengataan bahwa konsol tersebut kini sudah ada ditangan pengembang dalam bentuk kit, dan Sony berencana untuk mempercepat penyebaran kit tersebut sehingga studio game punya cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan kemampuannya.

Baca juga : Sony Akan Ubah Nama Ofensif Untuk ID Playstation Network Secara Otomatis

Dan berbicara dengan potensi kinerja yang bisa disajikan pada Playstation 5 terbaru ini, ia mengungkap bahwa ini akan ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen generasi ketiga 7nm Zen 2 yang membanggakan dengan kekuatan delapan core. Konsol baru ini juga akan memanfaatkan varian grafis Radeon Navi khusus, dan siap mendukung ray Tracing plus kemampuan resolusi hingga 8K.

Cerny, mencatat bahwa konsol tersebut juga akan memiliki kemampuan audio yang setidaknya bisa dikatakan jauh lebih baik. Artinya bahwa audio 3D akan menjadi aspek yang menonjol saat ini. Dengan konsol berikutnya, Playstation 5 akan menunjukkan betapa dramatisnya pengalaman audio dapat terjadi ketika kita menerapkan sejumlah besar perangkat keras tenaga kuda untuk itu.

Namun, “kunci untuk generasi berikutnya” seperti yang dikatakan Cerny, kehadiran tempat penyimpanan super cepat. Menurut Cerny, ini bukan SSD biasa, dimana ia mengklaimnya “memiliki bandwidth mentah lebih tinggi daripada SSD yang tersedia untuk PC.”

Hanya saja, kehadiran konsol terbaru dari Sony tampaknya masih cukup lama untuk dituggu, karena kita harus menunggu setidaknya hingga tahun 2020 untuk melihat PlayStation berikutnya, meskipun pasti ada berita sebelum itu. Namun, jangan berharap ada banyak petunjuk berarti dari Sony di E3 akhir musim panas ini karena perusahaan telah memilih untuk melewatkan hal tersebut demi masa depan yang jauh lebih baik (atau setidaknya begitu).

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat