- Android, Apple, iPhone, Smartphone, Tutorial

Apakah Aman Untuk Memakai Ponsel Saat Sedang Mengisi Daya? Begini Penjelasannya

Ada banyak ponsel hebat hari ini, namun satu hal masih tetap sama untuk urusan pertanyaan yang sering menjadi bahan perbincangan banyak orang, apakah memakai ponsel saat sedang mengisi daya bisa berbahaya?

Meski kita semua setidaknya sudah mengetahui jawabannya, ada beberapa pertimbangan utama yang bisa menjelaskan secara detail mengenai beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum (atau sedang) memakai ponsel saat dalam proses charging. Ini tentu bisa memberikan pengertian yang jauh lebih mendalam bagi kamu, apalagi jika pada dasarnya kamu tidak mengetahuinya secara pasti.

Baca juga : Begini Cara Untuk Mengembalikan Aplikasi Lama Kamu Pada Ponsel Android Terbaru

Apakah Aman untuk memakai Ponsel Saat Sedang Mengisi Daya?

Ada beberapa kejadian mengenai sebuah ponsel meledak gara-gara perangkat tersebut sedang di isi daya. Tapi kenyataan bahwa semua pilihan tersebut tidak sedang dalam keadaan dipakai. Untuk itulah, setidaknya disini kita bisa meyakini bahwa memakai ponsel saat sedang mengisi daya cukup aman untuk dilakukan.

Sebelumnya, kita semua mungkin berpikir bahwa menggunakan telepon saat sedang mengisi daya akan berdampak negatif pada kualitas pengisian baterai, bahkan sesuatu yang sangat berbahaya bisa terjadi. Tapi, itu sepenuhnya tidak benar, terkecuali kamu benar-benar menggunakan pengisi daya berkualitas rendah.

Artinya bahwa ketika kamu melakukannya sesuai dengan ketentuan umum, memakai pilihan perangkat yang ideal untuk pergi, baik untuk urusan charger, kabel dan sebagainya, tidak akan ada masalah yang hadir, meski terkadang memakai ponsel untuk berbicara dalam waktu yang cukup lama saat sedang di charging dengan seseorang tidak direkomendasikan. Itu karena panas yang hadir sangat tidak nyaman di telinga kita.

Disisi lain, jika kamu memakai perangkat berkualitas rendah untuk kegiatan pengisian daya, baik dari charger itu sendiri ataupun sisi pengkabelan, ini yang bisa membawa masalah pada ponsel kamu. Perangkat bisa cepat panas, kualitas pengisian daya berkurang hingga masalah terbesarnya adalah rusaknya baterai pada ponsel kamu.

Namun, jika kamu khawatir tentang kemungkinan bahaya dari ponsel saat sedang di isi daya, langkah-langkah di bawah ini bisa cukup masuk akal ini dan dapat menenangkan pikiran kamu, yakni:

  • Selalu gunakan baterai dan catu daya yang kompatibel dengan model ponsel kamu, termasuk dari sisi kabel.
  • Jangan tinggalkan ponsel di mobil, karena biasanya suhu di mobil bisa sangat panas. Dan ini dapat merusak baterai.

Nah, itu dia beberapa pengertian umum yang setidaknya bisa kita pahami hingga sejauh ini. Apalagi, ada banyak ponsel modern dengan fitur keamanan yang jauh lebih baik, bahkan berlaku untuk urusan proses pengisian daya, meskipun ponsel sedang dalam keadaan dipakai. Semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat