- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

Radeon VII Resmi Diluncurkan, AMD Kembali Berada Dalam Jalur Persaingan High-end

AMD kembali dalam jalur persaingan untuk urusan kartu grafis high-end dengan hadirnya Radeon VII yang membawa segudang fitur menarik. Namun, hal yang paling penting dan bisa kami pahami sejauh ini, GPU terbaru AMD tersebut merupakan kartu grafis 7nm pertama di dunia dengan membawa sejuta janji untuk memberikan kekuatan gaming terasa jauh lebih seru.

Dan kemarin, Radeon VII resmi dirilis dan tersedia secara global, dimana harga retail produsen berada pada $699 atau sekitar 9.7 jutaan (sebelum pajak). Harga yang ditawarkan ketika sudah berada dan tersedia secara luas di negara kita pastinya akan jauh lebih mahal, dimana kami memperkirakan seri ini berada pada level 12 jutaan lebih. Tidak ada pilihan kartu grafis OEM yang disediakan oleh produsen saat rilis, namun pilihan GPU default masih bisa memberikan makna tersendiri bagi konsumen.

Baca juga : AMD Athlon 240GE Review : Satu Juta Saja – Performa Gaming Bisa Jauh Lebih Berarti

AMD Radeon VII, Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Spesifikasi AMD Radeon VII
Compute Units 60
Base Frequency Up to 1400 MHz
Boost Frequency Up to 1750 MHz
Stream Processors 3840
Memory 16 GB HBM2 4096-bit
Memory Speed 4 Gbps
Max. Memory Bandwidth 1024 GB/s
Typical Board Power (Desktop) 300 W
Peak Half Precision Compute Performance 27.7 TFLOPs
Peak Single Precision Compute Performance 13.8 TFLOPs
Peak Double Precision Compute Performance 3.46 TFLOPs
Display Port DisplayPort 1.4 HDR, HDMI
Harga (Dalam $) $700

Banyak kalangan mengatakan bahwa AMD Radeon VII sebenarnya bukanlah produk yang benar-benar fresh, karena seri masih menjadi bagian dari potongan Radeon Instinct yang hanya hadir untuk segmen professional dan sudah dirilis tahun kemarin yang membawa fitur hampir sama dengan seri Radeon VII. Hanya saja, apa yang membedakannya adalah tingkat clockspeed yang jauh lebih tinggi. Ini tentu bisa memberikan kinerja gaming jauh lebih efektif, bahkan sanggup melawan kekuatan besar sekelas GeForce RTX 2080.

AMD Radeon VII itu sendiri hadir dengan kekuatan memori 16GB HBM2 yang sangat besar, 3840 Stream Processor, Clockspeed up to 1750Mhz (Base Clockspeed 1400Mhz) dan membawa nilai TDP default sebesar 300W. Pilihan itu sendiri hadir dengan memori interface sebesar 4096-bit dengan tingkat kecepatan memori mampu mencapai 4Gbps dan siap memberikan kinerja memori Bandwith maksimum hingga 1024 Gb/s.

Radeon VII

GPU itu sendiri pada dasarnya masih didasarkan pada arsitektur GCN generasi ke-5, yang sama digunakan oleh Vega 56 dan Vega 64. Perpindahan dari proses 14nm GlobalFoundries ke proses FinFET 7nm TSMC telah memungkinkan produsen untuk mengecilkan ukuran die sebesar 32% sementara bisa mengemas 6% lebih banyak transistor.

Dan ketika dibandingkan dengan seri Radeon RX Vega 64, Radeon VII mampu memberikan 2 kali lipat memori dan 2,1 kali lipat bandwidth memori. Ini tentu bisa memungkinkan pengaturan maksimum pada tingkat framerate yang ekstrim pada resolusi paling tinggi sekalipun, Radeon VII  bahkan diklaim bisa memberikan pengalaman bermain game HDR high-refresh mulus pada resolusi 1080p, 1440p ultrawide, dan 4K. Disisi lain, ia juga bisa membawa banyak pekerjaan professional, khususnya untuk aplikasi-aplikasi pengolah visual dan foto generasi selanjutnya pada monitor-monitor 8K yang hidup.

Nilai Unggulan

Nah, untuk urusan performa, produsen mengatakan bahwa seri GPU terbaru dari AMD ini membawa beberapa nilai unggulan dan manfaart besar yang bisa diterima oleh pengguna, diantarnya adalah :

  • Spesifikasi yang sangat mumpuni, apalgi kehadiran 60 computing units, 3,840 stream prosesor dan clockspeed hingga 1,750 MHz bisa memberikan game berperforma tinggi dan gambar-gambar hiper-realistis.
  • VRAM Yang besar, dimana kekuatan 16GB HMB2 dengan bandwidth memori 1 TB / s dan memori interface 4.096-bit tentu bisa memampukan tekstur beresolusi ultra-tinggi, pengaturan hyper-realistis, dan karakter virtual yang jauh lebih hidup.
  • Performa DirectX 12 dan Vulkan yang Menakjubkan, termasuk peningkatan pada beberapa game yang mendukung fitur ini. Bahkan, kamu bisa melihat peningkatakn kinerja pada game Battlefield V hingga 35% dan 42% pada game Strange Brigade jika dibandingkan Radeon Vega 64.
  • Ideal juga untuk aplikasi paling menuntut sekalipun. Radeon VII diklaim bisa memberikan performa hebat untuk mentenagai aplikasi-aplikasi 3D rendering dan video editing, dan pekerjaan generasi selanjutnya, termasuk peningkatan hingga 27% pada aplikasi Blender, meningkat hingga 27% pada aplikasi DaVinci Resolve 15, dan naik hingga 64% pada aplikasi benchmark LuxMark menggunakan dengan Radeon Vega 64.
  • Mendukung ekosistem teknologi layar game sync adaptif terbesar di dunia, Radeon FreeSync, termasuk juga Radeon FreeSync 2 HDR, dimana ini bisa menawarkan resolusi dan volume warna hingga 2 kali lipat lebih baik dibandingkan sRGB.

Performa Nyata yang ditawarkan Radeon VII

AMD sebelumnya mengatakan bahwa GPU ini bisa memberikan perlawanan hebat untuk seri high-end dari Nvidia, khususnya untuk seri RTX 2080. Dan ketika dibuktikan dalam dunia nyata, apa yang diklaim oleh AMD tersebut juga ternyata benar adanya, beberapa situs review bahkan sudah mengulas sepenuhnya kartu grafis tersebut. Salah satunya datang dari Techspot, dimana mereka mengatakan bahwa seri ini layak sebagai lawan tangguh untuk seri GeForce RTX Series, bahkan dalam beberapa skenario, khususnya untuk gaming level 2K maupun 4K, pilihan ini bisa mengalahkan RTX 2080 dengan tingkat perbedaan Fps yang cukup tinggi.

Namun sayangnya, seri ini masih memiliki banyak minus yang cukup besar ketika datangnya urusan suhu dan dukungan software, termasuk juga konsumsi daya. Bahkan, Techspot menyebut bahwa seri ini masih memiliki ketidakstabilan yang bisa mengurangi kinerja gaming terasa kurang efektif, bahkan berpengaruh pada sistem. Selain itu, suhu yang ditawarkan juga cukup tinggi, termasuk juga fitur Fan yang cukup mengganggu saat sedang bekerja penuh.

Radeon VII

Kesimpulan

AMD kembali berada dalam jalur persaingan untuk urusan kartu grafis high-end, ketika sebelumnya mereka mulai ditinggalkan oleh Nvidia dengan rilisnya seri RTX. Hanya sayangnya, seri terbaru ini memiliki nilai harga yang jauh lebih tinggi, bahkan memiliki beberapa minus besar yang perlu diperbaiki oleh produsen. Beberapa situs review juga menyebut bahwa masalah lain yang nantinya akan hadir adalah ketersediaan, dimana Radeon VII dikabarkan hanya akan diproduksi secara terbatas.

Radeon VII

Namun, performa yang ditawarkan oleh Radeon VII benar-benar bisa mencapai harapan banyak penggemar, bahkan mampu memberikan perlawanan yang cukup sengit, khususnya untuk seri RTX 2080. Seri ini bahkan bisa memberikan kinerja jauh lebih baik untuk gaming level 4K, termasuk juga untuk berbagai aplikasi yang sangat menuntut.

AMD Radeon VII mungkin masih masih layak untuk direkomendasikan bagi penggemar yang menginginkan kekuatan penuh pada level high-end, namun ini terasa masih belum memberikan tantangan hebat untuk bisa melawan Nvidia sepenuhnya. Hanya saja, tim merah setidaknya bisa memberikan jeda sementara waktu, bahwa mereka masih sanggup untuk melawan tim hijau, hingga setidaknya Navi GPU secara resmi dirilis.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Radeon VII Resmi Diluncurkan, AMD Kembali Berada Dalam Jalur Persaingan High-end

Comments are closed.