- Gaming Gear, Hardware, Prosesor

AMD Athlon 240GE Review : Satu Juta Saja – Performa Gaming Bisa Jauh Lebih Berarti

AMD Athlon 200GE Series mungkin sangat fenomenal sebagai salah satu pilihan prosesor anggaran hebat dengan nilai terbaik di bawah 1 jutaan, namun produsen tampaknya tidak berhenti untuk mewujudkan pilihan ideal lainnya yang juga terhitung murah. Salah satunya adalah Athlon 240GE, dimana ini bisa memberikan kinerja yang jauh lebih baik, terlebih lagi bisa membawa arti jauh lebih bermakna bagi budget user.

AMD Athlon 240GE itu sendiri merupakan salah satu bagian keluarga terbaru dari seri Athlon yang membawa Radeon Vega sebagai pilihan integrated GPU utama. Dan hingga kini, ada total 3 pilihan yang sudah hadir bagi konsumen, yakni 200GE dengan nilai clockspeed terendah, 220GE dengan clockspeed sedikit lebih tinggi, dan 240GE yang hadir dengan pilihan clockspeed tertinggi.

Baca juga : Athlon 200GE Review : Prosesor Murah Dengan Sejuta Pesona Mengesankan

Dan dari semua pilihan tersebut, pilihan Athlon 240GE bisa menjadi kandidat terbaik untuk seri Athlon terbaru ini, meskipun secara utuh ketiga CPU tersebut hadir dengan pilihan spesifikasi yang sama.  Nah, penasaran hal terbaik apa saja yang bisa ditawarkan oleh prosesor terbaru 240GE ini? Mari kita ungkap lebih detailnya di bawah ini.

AMD Athlon 240GE Review : Spesifikasi

Nah, untuk membawa kamu jauh lebih luas, pada review kali ini juga kami akan membandingkan bagaimana sepenuhnya kinerja yang ditawarkan antara 240GE dan 200GE. Hanya sayangnya, kami tidak memiliki seri 220GE sebagai sisi penyempurna dalam full Review khusus Athlon tersebut.

Spesifikasi Athlon 240GE
Core/Threads 2C/4T
Base Clock 3.4GHz
Total L1 Cache 192KB
Total L2 Cache 1MB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 14nm
Package AM4
PCI Express Version PCIe 3.0
Default TDP 35W
System Memory Specification DDR 4 2667MHz
Memory Channels 2
Graphics Specifications Graphics Frequency 1000 MHz
Graphics Model Radeon™ Vega 3 Graphics
Graphics Core Count 3
Harga Rp1.050.000

AMD Athlon 240GE mungkin terlihat sama dengan seri 200GE, dimana seri ini hadir dengan kekuatan dual core, 4 threads, hadir dengan total cache sebesar 5MB dan disajikan dalam proses node 14nm. Namun, apa yang membuatnya berbeda adalah pilihan clockspeed yang disajikan lebih tinggi hingga 3.5Ghz. Clockspeed tinggi bisa berarti kinerja yang ditawarkan bisa jauh lebih baik, meskipun hal tersebut juga tidak berlaku untuk semua skenario.

Athlon 240GE

Dan karena hal tersebutlah, produsen mematok harga sedikit mahal dengan sajian harga sekitar 1 jutaan (SRP $75), meskipun seri ini masih belum tersedia secara luas di negara kita. Namun begitu, prosesor ini bisa membawa daya tarik tersendiri bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas, apalagi kehadiran iGPU Radeon Vega 3 didalamnya akan menjadi sisi penyempurna konsumen yang belum terlalu membutuhkan kartu grafis extra (bisa jadi karena alasan anggaran tidak mencukupi).

AMD Athlon 240GE itu sendiri hadir dengan kekuatan yang sangat baik, plus dukungan memori tinggi hingga DDR4-2666Mhz Dual Channel memori dan tersaji dalam paket AM4 yang sangat modern. Kamu bisa memasang seri ini pada semua pilihan mobo modern OEM AMD dengan pilihan Chipset yang berbeda, bahkan fitur OC yang terungkap pada seri 200GE juga ternyata berlaku pada seri ini.

Dari hasil beberapa benchmark yang kami sajikan antara Cinebench R15 dan Geekbench 4.0, Athlon 240 GE bisa dikatakan layak menjadi lawan sepadan untuk seri Pentium dari Intel, dimana skor yang dihadirkan memiliki nilai yang cukup, meski Intel masih terlalu kuat untuk urusan single thread (meskipun kenyataannya memiliki nilai TDP lebih kecil hanya sebesar 35W).

Namun, apa yang tidak bisa ditawarkan Intel adalah kehadiran Grafis Radeon Vega yang sangat menyenangkan hati Budget User, dimana kamu seolah tidak perlu memiliki kartu grafis extra hanya untuk Sekedar bermain game kasual atau eSport dengan tingkat Fps yang cukup nyaman untuk dilalui, bahkan untuk pada level 1080p sekalipun.

Athlon 240GE

Sedangkan untuk urusan Overclock, pilihan ini sebenarnya bisa cukup nyaman untuk dilalui, terlebih lagi bagi mereka yang senang sekali dalam urusan modifikasi clockspeed agar mendapatkan kinerja yang lebih tinggi. Namun, terkadang tidak semua pilihan mobo mendukungnya, bahkan kami tidak mengetahui secara spesifik apakah ini juga bisa dilakukan pada mobo A320, karena sejauh apa yang kami ketahui, seri ini tidak bisa memberikan fitur OC.

Namun begitu, fitur Overclock bisa berlaku pada mobo berbasis B450, bahkan tesbed yang kami miliki memiliki chipset B350 yang lebih lama, dan hal tersebut juga masih bisa dilakukan. Proses OC itu sendiri juga cukup mudah untuk dilakukan, dimana kamu hanya perlu melakukannya secara manual di Bios, meski mengupdate Bios pada pilihan terbaru merupakan salah satu syaratnya.

Athlon 240GE

Grafis

Dan berbicara mengenai sisi Grafis, Radeon Vega 3 masih menjadi pilihan utama pada seri ini, dimana ini memiliki jumlah Graphic Core 3, Shader 192, lebar bus sebesar 128 Bit dan akan memakan memori sistem hingga 2GB DDR4. Integrated GPU biasanya tidak terlepas dari pengaruh memori sistem yang disajikan, sehingga pilihan dual channel memori pastinya akan mendongkrak kinerja jauh lebih efektif, apalagi jika kamu memiliki spesifikasi memori dengan clockspeed tinggi.

Athlon 240GE

Radeon Vega 3 itu sendiri bisa membawa arti yang jauh lebih baik, karena seri ini juga memiliki potensi clockspeed hingga 1100Mhz dan akan memberikan kinerja bandwith hingga 34.1Gbps. Seri itu sendiri bisa dikatakan sama dengan apa yang hadir pada CPU Mobile Ryzen 2200U, namun kinerja gaming bisa lebih baik, terlebih lagi daya tarik dalam urusan konsumsi daya bisa jauh lebih besar jika dibandingkan dengan seri Mobile.

Kinerja Gaming

Athlon 240GE benar-benar sangat berarti untuk urusan gaming, apalagi jika kamu bisa memasangkannya pada pilihan komponen yang tepat, termasuk dual channel memori. Seri ini memiliki kinerja yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Athlon 200GE, meski hanya terpaut pada beberapa angka saja. Namun, setiap angka yang lebih tinggi tentu sangat berarti untuk setiap gamer kasual agar bermain game bisa jauh lebih nyaman untuk dilalui.

Dan hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan gaming yang cukup intens, meski masih dalam tahapan kasual game atau eSport yang tidak membutuhkan syarat spesifikasi besar. Kamu bahkan bisa melalui hampir setiap game sekelas World Of Tanks atau WOW : Legion pada level 1080p tanpa kendala yang berarti, meskipun kamu harus puas pada pengaturan Low hingga medium saja.

Athlon 240GE

Bagaimana dengan Suhu dan Konsumsi Daya?

Kehadiran CPU Cooler default bawaan produsen (yang terlihat kecil namun bandel) juga bermakna sangat baik, bahkan untuk kegiatan OC sementara waktu. Suhu yang dihadirkan juga tidak akan mencapai nilai yang riskan, karena kinerja yang ditawarkan bisa memberikan tingkat suhu rata-rata antara 50° hingga 60° saja.

Athlon 240GE

Dan hal tersebut juga berlaku untuk nilai konsumsi daya, dimana TDP default 35W benar-benar sangat pas untuk pengguna anggaran. Prosesor ini bahkan tidak akan terlalu memakan daya yang sangat besar, dimana konsumsi daya yang dicapai rata-rata-rata berkisar 72 hingga 82 Watt saja saat pemakaian gaming. Itu akan sangat berarti dalam urusan efisiensi listrik, karena tagihan bulanan kamu tidak akan membengkak terlalu tinggi.

Athlon 240GE

Apakah Seri Athlon 240GE Worth it?

AMD Athlon 240GE bisa membawa nilai yang sangat berarti, khususnya bagi konsumen yang menginginkan nilai CPU tidak hanya dalam bentuk tenaga komputasi saja. Namun, pilihan ini juga akan memberikan nilai sempurna dalam hal tenaga grafis, dimana kamu nantinya tidak akan terlalu membutuhkan decated GPU untuk menjaga nilai tetap dalam jangkauan murah. Namun, tentu dedicated grafis extra akan mendongkrak kinerja jauh lebih baik, hanya saja iGPU Radeon Vega pastinya akan membawa pilihan solid untuk leve gaming kasual, hingga setidaknya kamu sudah memiliki cukup uang untuk membeli kartu grafis hebat sekelas Radeon RX 560 atau GTX 1050 Ti (atau bahkan kelas midrange). Selain dibawahnya, saya rasa kurang ideal untuk membelinya, karena Radeon Vega bisa cukup memenuhi semua tuntutan kasual tersebut, meski pada level terendah dan membutuhkan dual channel memori dengan clockspeed tinggi untuk mendongkrak kinerjanya.

Athlon 240GE

Namun jika dibandingkan dengan seri 200GE, terkadang pilihan ini agak terlalu mahal untuk dibicarakan, karena seri tersebut memiliki nilai yang jauh lebih murah dibandingkan dengan 240GE, padahal kinerja yang ditawarkannya tidaklah jauh berbeda. Bahkan, kamu bisa melalukan fitur OC juga pada 200GE, padahal perbedaan harga hingga 200 ribu bisa sangat berharga bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas.

Nah, terlepas dari layak atau tidaknya Athlon 240GE ini, sejauh dari apa yang telah kami coba, prosesor tersebut bisa memberikan banyak arti yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan seri lama, baik dari seri AMD sebelumnya (selain 200GE) maupun Intel, terlebih lagi bagi mereka yang menginginkan kinerja yang jauh lebih ideal plus itur iGPU handal sekelas Radeon Vega. Ini berarti prosesor tersebut sangat layak untuk direkomendasikan bagi para pembangun dengan anggaran 1 jutaan pas, dimana selain hal hebat pada spesifikasi inti yang telah kami jelaskan, kamu juga bisa melakukan hal jauh lebih tinggi pada fitur OC yang sebenarnya terbuka. Kamu bahkan bisa membuka OC hingga lebih dari 4.0Ghz dari apa yang telah kami lakukan selama ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Athlon 240GE Review : Satu Juta Saja – Performa Gaming Bisa Jauh Lebih Berarti

Comments are closed.