- Berita Terbaru, Smartphone, Storage

Samsung Siap Sajikan Kapasitas Penyimpanan Besar Hingga 1TB Untuk Smartphone

Smartphone generasi terbaru tampaknya tidak hanya memiliki keunggulan dalam hal teknologi, namun juga bisa jauh lebih berarti dalam kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. Salah satu contohnya adalah ketika Samsung secara resmi mengumumkan V-NAND generasi kelima yang datang dengan chip eUFS dengan kapasitas hingga 1TB.

Ini berarti chip tersebut bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan internal dalam sebuah Smartphone. Dan hal terbaiknya, produsen mengklaim bahwa penyimpanan terbaru mereka menjanjikan kinerja yang jauh lebih baik, bahkan mampu memberikan performa sequential read speeds hingga 1.000 MB / s, atau dua kali lipat apa yang akan dilakukan SSD SATA 2,5 inci yang biasa-biasa saja.

Baca juga : Samsung Galaxy S10 Siap Diungkap Bulan Februari, Lebih Banyak Fitur Hebat Akan Disajikan

Meski begitu produsen masih mempertahankan ukuran paket yang sama dengan chip 512GB generasi sebelumnya, dimana chip tersebut hadir dengan ukuran11.5mm x 13mm dan dibuat dari 16 lapisan V-NAND 512-gigabit. Pengontrol memori flash khusus baru ini tentunya akanmenghadirkan kinerja terdepan di industri.

Empat tahun lalu, chip Universal Flash Storage pertama yang tertanam mulai muncul sebagai modul 128GB. Dan kini, teknologi penyimpanan semakin berkembang, baik dari segi kapasitas maupun tingkat kecepatan dengan performa lebih dari dua kali lipat sejak saat itu.

Menurut Samsung, penulisan acak dari apa yang bisa ditawarkan oleh penyimpanan dari Chip tersebut bisa “500 kali lebih cepat daripada kartu microSD berkinerja tinggi.” Meskipun ini bukan patokan yang berguna jika ingin membandingkan, namun yang penting dan perlu dicatat adalah bahwa penulisan acak cepat tersebut pastinya bisa memungkinkan untuk kegiatan perekaman video dengan frame rate yang lebih tinggi. Video kontinu pada 960 frame per detik akan jauh lebih praktis dengan penyimpanan sebesar 1TB.

Menurut Cheol Choi, VP dari Memory Sales & Marketing, “1TB eUFS diharapkan memainkan peran penting dalam menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih mirip notebook ke generasi berikutnya dari perangkat mobile.” Saat smartphone menjadi lebih baik, peluang untuk mengganti tablet dan laptop tradisional bisa jauh lebih besar. Konsep cangkang laptop yang ditenagai oleh smartphone telah bermunculan secara sporadis selama beberapa tahun terakhir.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat