- Tutorial, Windows

Begini Cara Mengatasi Masalah Windows cannot be installed to this disk

Jika kamu memiliki masalah saat menginstal Windows 10, yang menunjukan informasi Windows cannot be installed to this disk. The Selected disk is of The GPT partition style, maka hal tersebut sebenarnya cukup mudah untuk diatasi dan akan kami tunjukan cara mudahnya dibawah ini.

Tentu, beberapa dari kita mungkin sudah pernah mengalami dan mengetahui solusinya, namun banyak dari pengguna awam biasanya tidak mengetahui secara persis letak masalah utama mengapa sistem tidak bisa menginstal Windows. Padahal, hal yang kamu perlu kamu lakukan adalah mengubah beberapa pengaturan sederhana pada bios.

Baca juga : Microsoft Siap Sempurnakan Windows Defender Jauh Lebih Efektif

Begini Cara Memperbaiki Masalah Windows cannot be installed to this disk

Nah, mari kita langsung saja untuk mengatasi masalah Windows cannot be installed to this disk. The Selected disk is of The GPT partition style…, dan sisanya akan kami tunjukan mengapa semua hal tersebut terjadi. Disini, saya menggunakan laptop ASUS, namun pengaturan yang sama juga mungkin biasa hadir pada laptop atau PC merk lainnya.

  • Hal Yang pertama kamu lakukan adalah pergi ke Bios
  • Kemudian lihat di pengaturan Boot atau Boot Settings
  • Setelah kamu berada pada pengaturan Boot, lihat pada opsi Boot Option #1 atau juga bisa menjadi primary Boot option.

  • Ubah pengaturan Boot option 1 menjadi pilihan dengan nama awal UEFI : …

Windows cannot be installed to this disk

  • Kemudian Save dan keluar dari Bios

Setelah itu, kamu bisa mencoba lagi menginstal Windows dan lihat bagaimana hal tersebut bekerja.

Alasan Mengapa Sistem Tidak Bisa Menginstal Windows pada Partisi tertentu

Bentuk GPT pada HDD biasanya merupakan bagian standar dari UEFI, yang berarti bahwa sistem berbasis UEFI harus diinstal pada disk GPT, tidak bisa di install pada jenis drive lainnya. Disinilah, masalah kompabilitas Boot Option terkadang menjadi sesuatu yang menyebalkan bagi kebanyakan pengguna saat akan menginstal sistem Windows pada partisi tertentu.

Artinya bahwa, ketika kamu sedang mencoba untuk menginstal Windows 10/8/7 pada PC atau laptop kamu, dan kamu melihat informasi Windows cannot be installed to this disk. The Selected disk is of The GPT partition style. Opsi boot sebenarnya menunjukan kesalahan, yang seharusnya memilih opsi boot UEFI.

Sebaliknya, terkadang juga kita suka melihat kesalahan Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table, disini kamu bisa mengubah opsi boot standar dari UEFI. Meskipun tidak mudah untuk memahami apa gaya partisi PGT dan apa arti MBR, namun setidaknya kita bisa memiliki jawaban untuk solusinya. Ini bisa menjadi ide yang baik untuk menyebarkan semua hal positif mengenai semua yang kamu alami hari ini, terlebih masalahnya hanya sederhana. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat