- Hardware, Software, Windows

EaseUS Data Recovery Wizard Free Review : Cara Mudah Kembalikan Data Yang Terhapus

Masih bingung cari software untuk Kembalikan Data Yang Terhapus? ada banyak pilihan yang “cukup” baik diluar sana, namun salah satu yang memiliki potensi hebat adalah EaseUS Data Recovery Wizard Free. Pilihan software ini sangat baik untuk kamu coba, apalagi tersedia secara gratis, meskipun mereka juga menyediakan fitur berbayar untuk pengguna lanjutan.

Ada banyak hal yang menjadi sisi keunggulan software ini, terlebih lagi kehadiran interface yang bersahabat akan memberikan banyak kemudahan bagi pengguna kasual, bahkan kamu bisa mengembalikan data yang hilang pada berbagai perangkat, seperti HDD external, USB Flashdisk hingga kartu memori. Nah, penasaran dengan kemampuan hebat dan cara penggunaan software tersebut? Mari kita ungkap lebih dalam dibawah ini.

Baca juga : 4 Pilihan Software Gratis Hebat Untuk Mengembalikan File Yang Terhapus

EaseUS Data Recovery Wizard Free : Software Hebat Untuk Kembalikan Data Yang Terhapus

Terlepas dari berbagai masalah yang menimbulkan file penting kamu hilang, entah itu tidak sengaja terhapus secara permanen, data yang permanen terhapus melalui Recycle Bin, seseorang telah memformat perangkat penyimpanan kamu atau bahkan perangkat HDD yang rusak, software EaseUS Data Recovery Wizard Free bisa cukup diandalkan dalam upaya untuk mengembalikan semua data penting kamu yang hilang, meskipun mereka menyediakan beberapa batasan tertentu khusus untuk untuk edisi gratis.

Namun, software ini pada dasarnya bisa memberikan kinerja yang sangat baik, kemudahan interface yang sangat nyaman, bahkan proses pengembalian data yang cukup cepat tanpa harus menunggu waktu yang lama. Mereka mengatakan bahwa software ini memiliki 3 keunggulan hebat bagi pengguna, yakni :

  • Cepat dan Menu yang bersahabat : pengguna bisa menyelesaikan seluruh proses pemulihan data dengan cukup cepat, bahkan hanya membutukan 3 klik saja. Ini tentu sangat cepat, terlebih lagi juga sangat efisien, karena kemudahan dalam melakukan proses mengembalikan data, bahkan kamu tidak perlu menjadi seorang ahli, karena seorang pemula saja bisa melakukannya dengan mudah.

  • Mode Pemindaian Yang Fleksibel : Ada dua pilihan untuk melakukan proses pengembalian data pada software ini, yakni Quick Scan maupun Deep Scan. Jika kamu memilih Quick Scan, ini akan mencari file dan folder yang dihapus dengan menggunakan algoritme dasar untuk hasil cepat, sedangkan jika kamu memilih Deep Scan , ini akan Memindai sektor perangkat penyimpanan berdasarkan sektor untuk memastikan hasil pemulihan dengan hasil yang jauh lebih akurat.

  • Pratinjau Sebelum Pemulihan Akhir : Semua hal yang kamu lakukan, termasuk dalam proses pemulihan berada di tangan kamu sepenuhnya. Intinya, kamu bisa melakukan proses pemulihan dengan memilih beberapa file yang kamu butuhkan, dan kita bisa menghindari pemulihan yang sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan. Ini tentu bisa menghemat banyak hal, termasuk jumlah file yang dikembalikan.

Selain 3 keunggulan yang dihadirkan pada aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free, software ini bisa mengembalikan banyak hal, yang tidak terbatas pada jenis file itu sendiri. Jadi, jika kamu memiliki file yang hilang, entah itu dalam bentuk atau jenis file dokumen, gambar, video atau bahkan Zip File, semua ini bisa dilakukan dengan satu pilihan aplikasi saja.

Pilihan Konfigurasi

Sayangnya, bagi pengguna yang memakai pilihan gratis, ada batasan kapasitas yang bisa dikembalikan software ini bagi pengguna. Mereka hanya menyediakan kapasitas hingga 2GB untuk mengembalikan data yang terhapus.

Untungnya, mereka juga menyediakan pilihan premium dengan cara yang mudah, terlebih lagi menyediakan fitur yang tidak terbatas. Namun, pengguna pastinya akan perlu mengeluarkan sejumlah uang tertentu sebagai balasannya. Nah, ada beberapa pilihan konfigurasi yang mereka  sediakan dengan pilihan yang cukup ideal dan bisa disesuaikan, yakni :

  • Data Recovery Wizard Free : Software ini sepenuhnya gratis, dimana kamu bisa melakukan banyak hal, termasuk pemulihan data sepenuhnya tanpa biaya apapun. Hanya saja, kapasitas yang diberikan produsen untuk melaukan proses pemulihan data maksimum hingga 2GB saja.
  • Data Recovery Wizard Pro : Pilihan ini bisa melakukan banyak hal tanpa harus khawatir dengan jumlah kapasitas pemulihan, karena mereka menyediakan fitur yang tidak terbatas dengan hanya sekali bayar saja selama seumur hidup. Dengan harga sekitar $69.95 atau sekitar 1 jutaan, pengguna akan memiliki banyak manfaat dari pilihan ini, terlebih lagi mereka juga menyediakan fitur extra tambahan dalam upaya pemuliha data, yakni Upgrade gratis seumur hidup dan Dukungan teknis gratis seumur hidup.
  • Data Recovery Wizard Pro + WinPE : Pilihan ini mungkin sangat layak bagi perusahaan atau kalangan profesional, karena selain tidak ada batasan untuk kapasitas pemulihan data, Upgrade gratis dan dukungan teknis yang tidak terbatas, mereka juga menyediakan fitur extra yang cukup hebat, yakni Media yang dapat di-boot untuk keadaan darurat yang disebut WinPE. Intinya, kamu melakukan proses booting dengan WinPE yang dapat diunduh ketika sistem gagal saat akan memulai atau crash. Harga yang ditawarkan mungkin cukup mahal, yakni $99.9 atau sekitar 1.5 jutaan, tapi ada banyak hal yang bisa menjadi sesuatu yang positif, terlebih lagi banyak fitur dan dukungan teknis sepenuhnya dari produsen.

Nah, mereka juga menyediakan Free trial dengan batasan waktu tertentu, sehingga kamu bisa mencoba dulu software premium tersebut selain edisi gratis.

Jadi, Bagaimana Sih Cara Kerja EaseUS Data Recovery Wizard Free itu?

Nah, jika kamu mulai tertarik untuk mencoba software ini, namun masih bingung (atau takut) dalam upaya pertama bisa gagal dalam prosesnya, dibawah ini akan kami tunjukan beberapa langkah mudah untuk memulainya, meskipun pada dasarnya ini mungkin bisa dilakukan semudah kamu menjalankan aplikasi umum lainnya.

Tapi, selalu ada pengguna baru diantara kita, untuk itulah beberapa petunjuk dibawah ini dalam upaya melakukan proses mengembalikan data dengan EaseUS Data Recovery Wizard Free bisa menjadi langkah awal yang sangat baik. Jadi, tanpa perlu berbasa-basi lagi, mari kita ungkap detail langkah-langkahnya.

  • Pertama, pergi ke situs EaseUS Data Recovery Wizard dan unduh software ini.
  • Setelah beres diunduh, install aplikasi tersebut dan jalankan softwarenya.

Kembalikan Data Yang Terhapus

  • Jika sudah beres, kamu akan melihat sebuah interface yang cukup bersahabat didalamnya. Untuk melakukan proses mengembalikan data, kamu hanya tinggal memilih perangkat mana yang ingin kamu kembalikan, entah itu pada HDD atau USB Flashdisk, kemudian pilih tombol Scan.

  • Kamu juga bisa melakukan pencarian khusus di tempat tertentu, misalnya kamu pernah menghapus file di flashdisk pada bagian folder tertentu. Untuk itulah, mereka juga menyediakan Fitur Specify Location, tinggal browse tempat yang ingin kamu gali, klik ok dan klik Scan.

  • Pencarian yang dilakukan secara otomatis akan menghadirkan dua opsi, yakni opsi quick scan yang bisa secara instan menampilkan banyak file yang hilang, sementara Deep Scan masih akan terus berjalan untuk melakukan pencarian lebih. Kamu bisa mempause fitur deepscan kapan saja.

  • Setelah kamu melihat data yang selama ini terhapus, pilih tanda kotak di sebelah kiri file yang kamu ingin kembalikan (bisa folder atau lebih spesifik), kemudian klik Recover

  • Software ini kemudian akan memberikan pilihan, apakah ingin membuat tempat save baru atau secara default.

  • Jika sudah siap, klik Ok dan lihat bagaimana hasilnya.

Nah, itu dia beberapa langkah mudah untuk mengembalikan data melalui software EaseUS Data Recovery Wizard Free, dan ternyata ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, terlebih lagi kemudahan penggunaannya dan interface yang bersahabat. Sayangnya, pilihan opsi gratis memang terbatas dalam kapasitas, dimana sebelumnya mereka mengatakan bahwa pengguna bisa memakai software ini hingga kapasitas maksimum 2gb, ternyata hanya 500MB yang mereka berikan.

Meskipun begitu, tentu ini cukup ideal bagi mereka yang telah kehilangan banyak file penting dalam bentuk dokumen word,excel atau bahkan gambar. Hanya saja, kamu mungkin perlu mengupgrade software ini pada pilihan berbayar jika membutuhkan kapasitas besar dalam upaya mengembalikan data lebih dari 500MB.

Kesimpulan

Terlepas dari beberapa keterbatasan yang disediakan EaseUS Data Recovery Wizard Free, software ini pada kenyataannya sangat baik untuk siapapun yang membutuhkan aplikasi handal dalam upaya untuk mengembalikan data yang terhapus. Ada banyak hal istimewa pada software ini, karena selain tersedia secara gratis, kehadiran interface yang bersahabat dan kemudahan untuk melakukan proses pemulihan data yang cukup cepat menjadi sisi unggulan software tersebut.

Meskipun, sajian edisi gratis ini tentu memiliki batasan, terutama dalam hal kapasitas yang hanya mampu memulihkan data hingga 500MB saja, jadi pengguna yang memiliki banyak file hilang diatas 500MB mungkin perlu mengupgradenya pada pilihan berbayar. Tapi, jangan khawatir juga untuk memilih pilihan berbayar, karena selain kamu bisa mencobanya secara gratis melalui versi trial, mereka juga akan memberikan dukungan teknis yang sangat baik, terlebih lagi jika kamu membeli software dengan pilihan berbayar sepenuhnya.

Nah, terlepas dari sisi positif maupun minus yang hadir pada EaseUS Data Recovery Wizard Free, software ini pada kenyataannya merupakan salah satu pilihan aplikasi hebat dalam upaya untuk mengembalikan data yang terhapus, bahkan kompatible juga untuk sistem operasi MacOS. Jadi, terlepas dari apapun pada edisi gratis yang hadir pada software ini, EaseUS Data Recovery Wizard Free bisa menjadi salah satu rekomendasi kami sebagai pilihan yang sangat baik untuk pemulihan data file yang terhapus.

Jadi, jika kamu tertarik dengan software ini, kamu bisa mengunduhnya disini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat