Microsoft Siap Sempurnakan Windows Defender Jauh Lebih Efektif

Microsoft Siap Sempurnakan Windows Defender Jauh Lebih Efektif

Windows Defender pada Windows 10 siap disajikan dalam arti yang jauh lebih baik, bahkan Microsoft mengatakan bahwa aplikasi keamanan bawaan sistem operasi tersebut kini menjadi salah satu fitur inti pada Windows 10.

Apa yang menjadikan Defender cukup hebat kali ini adalah kehadiran mode sandbox (yang saat ini sedang dalam uji percobaan oleh Microsoft), yang berarti ini merupakan bentuk mekanisme keamanan yang cukup efektif dalam memisahkan program mencurigakan yang sedang berjalan, biasanya dalam upaya untuk mengurangi kegagalan sistem atau kerentanan perangkat lunak dari penyebaran.

Baca juga : Update Terbaru Windows 10 Tahun 2019 Akan Membuat Kinerja PC Jauh Lebih Cepat

Dan ketika Windows Defender mampu menawarkan lapisan perlindungan penting terhadap ancaman seperti ransomware dan cryptominers, kehadiran fitur tambahan mode Sandbox bisa menyempurnakan aplikasi keamanan bawaan Microsoft tersebut, atau setidaknya apa yang bisa kami ketahui hingga saat ini.

Sanboxing sebenarnya bukanlah sesuatu hal baru. Ada kemungkinan besar kamu juga sudah menggunakan satu aplikasi yang berjalan melalui fitur ini pada sistem keamanan yang kamu miliki, bahkan Google Chrome telah membawa fitur sandbox sejak tahun 2008. Sehingga, kehadirannya membuat sangat sulit bagi peretas untuk melakukan kerusakan serius dengan menyerang Chrome.

Dan jika mereka dapat menemukan exploit untuk browser itu sendiri, mereka masih harus mencari tahu cara untuk melarikan diri dari kotak pasir Chrome. Tanpa pelarian itu, tidak ada cara langsung menyerang sistem operasi komputer. Dan kini, Microsoft telah melakukan hal yang sama untuk aplikasi anti-malware Defender pada Windows 10.

Biasanya, aplikasi anti-malware memerlukan akses mendalam ke sistem operasi pengguna untuk melakukan pekerjaannya. Mereka harus bisa melihat apa yang terjadi di belakang layar untuk mendeteksi dan menetralisir kode berbahaya. Beberapa aplikasi anti-malware lainnya juga menawarkan perlindungan penjelajahan. Dan untuk mengamankan browser pengguna, mereka membutuhkan akses penuh ke semua data yang kamu unggah dan unduh.

Ketika aktivitas mencurigakan terlihat, aplikasi ini mengunggah apa yang mereka temukan ke server jarak jauh untuk analisis.  Tidak sulit untuk melihat bagaimana kelemahan dalam aplikasi anti-malware yang bisa menjadi bencana. Seorang peretas yang berhasil menyusupi aplikasi pilihan pengguna bisa mengintip semua file kamu, mengintip semua aktivitas Internet pengguna bahkan diam-diam mencuri file.

Inilah mengapa, Microsoft telah memastikan bahwa kini tidak mungkin ada jalan mudah bagi peretas untuk menyalahgunakan kepercayaan pengguna setia Windows 10, yang menyelinap masuk melalui pintu belakang. Kehadiran Windows Defender terbaru akan menjadi salah satu aplikasi keamanan yang cukup efektif, dimana kita akan melihat update terbaru alat keamanan tersebut dalam waktu dekat.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

2 thoughts on “Microsoft Siap Sempurnakan Windows Defender Jauh Lebih Efektif

Comments are closed.