- Android, iPhone, Smartphone, Tutorial

6 Langkah Mudah Kembalikan Kinerja Ponsel Hebat Kembali

Kembalikan Kinerja Ponsel Hebat Kembali – Senang rasanya memiliki sebuah ponsel baru, masih terasa hangat untuk dibicarakan, terlebih lagi pilihan ini bisa sangat cepat dalam melakukan berbagai pekerjaannya. Namun, waktu terus berlalu, dan ponsel yang tadinya kita banggakan mulai terasa lemot, kapasitas penyimpanan mulai menyempit dan banyak hal lainnya yang membuat kita merasa tidak nyaman dalam menggunakannya. Untuk itulah, mari kita jadikan ponsel tersebut kembali memiliki kinerja terbaiknya melalui panduan jitu kami dibawah ini.

Entah kamu memiliki sebuah smartphone hebat atau biasa saja, mereka semua selalu tidak terlepas dari masalah, dan biasanya justru bukan gara-gara perangkat tersebut. Melainkan kebiasaan buruk kamu yang menjadi pusat masalahnya. Contohnya, terlalu banyak instalasi game atau software yang sebenarnya tidak dipakai, termasuk banyak file lama, photo dan sebagainya, hingga pada pemakaian yang terlalu dalam genggaman tangan kamu, entah karena sering bermain games atau bahkan menelpon seseorang terlalu lama.

Ponsel menjadi sangat lambat, memiliki kinerja yang jauh dari kita harapkan, terlebih kapasitas besar yang sebelumnya hadir kini menjadi penuh dan terkadang kita tidak tahu cara untuk mengosongkannya. Untuk itulah, dibawah ini kami sajikan beberapa panduan jitu untuk mengembalikan kinerja smartphones menjadi hebat kembali.

Baca juga : Begini Cara Mudah Membuat Password Di Microsoft Excel

6 Langkah Mudah Kembalikan Kinerja Ponsel Hebat Kembali

Ada banyak hal yang sebelumnya tidak akan kami utarakan dibawah ini, namun untuk mempersempit dan menyederhanakan apa yang ingin kami tujukan, beberapa langkah ini bisa dikatakan sebagai panduan umum bagi kamu. Diantaranya adalah :

1. Restart Selalu Menjadi Langkah Pertama Solusi Jitu

Kinerja Ponsel Hebat Kembali

Ketika ada banyak masalah yang menghinggap pada ponsel, entah karena waktu loading saat membuka aplikasi menjadi cukup lama, hang, atau hal sebagainya, proses restart akan membuat perangkat ini akan jauh terasa lebih baik. Bahkan, bisa menjadi solusi paling jitu untuk semua masalah yang hadir pada ponsel. Jadi, tidak ada salahnya untuk merestart smartphone kamu yang sudah lama terus aktif, bahkan akan merefresh semua perangkat, sehingga siap kembali bekerja dengan kekuatan penuh.

2. Nonaktifkan Program Yang Berjalan otomatis Di Background

Terkadang kita tidak tahu bahwa aplikasi atau game yang baru saja kita pasang(dan ternyata tidak bermanfaat) ternyata berjalan secara otomatis di background, baik saat ponsel pertama kali dinyalakan atau juga saat ponsel dalam keadaan idle. Ini tentu akan menguras kinerja ponsel, baterai, menyedot kuota, bahkan membuat file tersebut menjadi besar. Untuk itulah, kita perlu melakukan pengaturan kembali dengan cara :

  • Pergi Ke Setting, kemudian lihat opsi Permissions

  • Kemudian, klik opsi Autostart, lalu nonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak kamu perlukan (atau semua), dengan cara menggeser tombol bulat di sebelah kanan ke kiri.

  • Kemudian, kembali ke opsi permissions, kali ini pergi ke Other Permissions, klik salah satu aplikasi (atau beberapa) yang tidak kamu butuhkan atau jarang kamu pakai, misal Angry Bird Evolution. Nonaktifkan kedua pilihan yang ada dengan pilih opsi Deny.

3. Bersihkan Data Cache

Terkadang kita suka tidak sadar saat sering kali melakukan aktivitas browsing, nonton video di Youtube, ternyata ada sekali file cache yang membengkak dan mengurangi kapasitas penyimpanan sistem. Bersihkan data cache beberapa hari sekali untuk membuat sistem terasa jauh lebih fresh, termasuk untuk urusan penyimpanan. Caranya adalah :

  • Pertama, pergi ke Setting atau pengaturan, lalu lihat opsi Storage. Tunggu sebentar sampai ponsel anda melakukan proses penghitungan.

  • Lalu, lihat opsi Cached Data, lalu klik opsi ini, dimana ia akan menunjukan bahwa proses ini akan membersihkan cache untuk semua aplikasi. Klik Ok.

Di Opsi ini juga kamu bisa melihat berbagai file yang sudah terinstal dan bisa kamu atur sesuai dengan keinginan.

4. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Kamu Butuhkan

Terkadang kita suka memasang banyak aplikasi pada ponsel, dan terkadang pila aplikasi ini juga jarang kita pakai, atau bahkan sama sekali belum tersentuh. Padahal, setiap kali update, ukuran aplikasi ini bisa membengkak, bahkan akan terus berjalan di latar belakang sehingga bisa sangat membebani sistem. Untuk itulah, lihat kembali semua aplikasi yang kamu pasang di ponsel, uninstall aplikasi yang jarang atau tidak kamu pakai.

5. Gunakan Media Penyimpanan Extra

Meksipun kapasitas internal penyimpanan ponsel modern hari ini jauh lebih besar, namun bukan berarti ia bisa menutupi segala kebutuhan kita untuk urusan ini. Sehingga, memiliki media penyimpanan external baik secara fisik maupun cloud atau penyimpanan awan akan memberikan solusi jitu lainnya. Bahkan untuk backup data pun akan terasa jauh lebih mudah dan aman. Dan selalu backup semua file penting ada di media external ini, khususnya di penyimpanan awan. Kita tidak tahu kapan mimpi buruk akan datang pada anda.

6. Update Sistem

Dan terakhir adalah perbaharui sistem operasi kamu, entah itu android maupun IOS. Alasan utama mengapa ini sangat penting karena biasanya dalam update sistem membawa sejumlah perbaikan, termasuk juga menyertakan tambalan kritis agar sistem keamanan, kestabilan jauh lebih baik. Jadi, lihatlah dinotifikasi atau pergi ke pengaturan, lihat di opsi sistem update, apakah ada pemberitahuan mengenai update terbaru.

Kesimpulan

Jadi, itu dia sejumlah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar ponsel yang biasa kamu gunakan bisa kembali memiliki performa seperti sedia kala. Bahkan, ini bisa dilakukan tanpa adanya software tambahan, sehingga pilihan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Jadi, dari apa yang telah kami ungkapkan diatas, yang pasti semua ini kami harap bisa memiliki banyak manfaat, termasuk untuk pengguna awam. Jangan lupa untuk like & follow akun resmi media sosial kami untuk melihat tutorial lainnya yang bisa kamu pertimbangkan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat