- Serba-serbi, Tutorial, Windows

Begini Cara Mudah Membuat Password Di Microsoft Excel

Jika kamu merasa khawatir seseorang akan mencuri atau membuka dokumen excel rahasia kamu, maka menambahkan keamanan dalam bentuk password bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai. Langkah sederhana Membuat Password Di Microsoft Excel akan memberikan kepastian bahwa tidak ada seseorang pun bisa melihat data penting kamu, bahkan ini juga merupakan cara yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja.

Hampir setiap orang tahu bahwa kehadiran Excel digunakan baik oleh konsumen biasa, bisnis, lembaga pemerintah, dan jutaan orang lainnya di seluruh dunia. Dan ternyata, cara terbaik untuk menjaga keamanan informasi membuat kata sandi yang sederhana di file Excel. Nah, jika kamu tidak tahu cara Membuat Password Di Microsoft Excel, mari kita ungkap langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Memperbaiki Kecepatan USB FlashDisk Yang Lambat

Cara Membuat Password di Microsoft Excel

Ikuti beberapa langkah dibawah ini, dimana saya memakai Microsoft excel 2016, namun kamu bisa memakai versi lama atau yang terbaru.

  • Langkah pertama, buka dokumen excel yang ingin kamu amankan dengan kata sandi

Membuat Password di Microsoft Excel

  • Kemudian, Klik “File,” diikuti oleh “Info.”

Membuat Password di Microsoft Excel

  • Selanjutnya, kamu akan melihat tombol Protect Workbook dari menu sebelah kanan paling atas, klik opsi ini.

  • Saat kamu mengklik opsi tersebut, ada beberapa opsi dari menu dropdown dengan pilihan yang cukup banyak. Kamu hanya perlu mengklik tombol Encrypt With Password.

  • Setelah mengklik opsi ini, yang perlu kamu lakukan adalah mengisi password yang gampang diingat hanya oleh kamu sendiri dan cukup unik.

*Perlu dicatat bahwa jika suatu saat password yang kamu ketik ternyata cukup rumit dan tidak ingat sama sekali, maka resikonya adalah file tidak dapat dibuka sama sekali dan untuk memulihkannya akan sangat sulit.

Nah, itu dia langkah sederhana membuat kata sandi di file excel. Dan dimana kamu akan masuk pada file tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang baru kamu pilih. Jika kamu ingin melihat apakah file Excel memiliki proteksi kata sandi atau tidak, periksa tab “Info” untuk dokumen dan lihat bagian ” Protect Workbook”. Ini akan memberi tahu kamu apakah kata sandi diperlukan untuk membukanya atau tidak.

Jadi, sekarang setelah kamu bisa melindungi file penting tersebut dengan cara sederhana, mungkin ada baiknya mempertimbangkan juga menambahkan lapisan keamanan ekstra di sistem. Cara termudah untuk melindungi sejumlah besar file adalah dengan mengenkripsi mereka. Untungnya, program enkripsi tidak sulit ditemukan. Beberapa opsi freeware sudah banyak yang hadir, dan pengguna Windows 10 Professional memiliki utilitas enkripsi built-in yang disebut Bitlocker.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat