- Hardware, Laptop, Prosesor

HP Spectre X360 13 2018 Preview : Spesifikasi, Harga & Konfigurasi

Pilihan notebook 2-in-1 berkelas dengan kekuatan komputasi tangguh bisa menjadi solusi baru dari HP Spectre X360 13. Karena selain memiliki bentuk desain yang sangat mengesankan, seri tersebut kini membawa kekuatan prosesor Intel Core i7 8Th Gen dengan fitur quad core dan membawa nilai maksimal dalam urusan fleksibilitas.

Jika anda penasaran dengan notebook premium dari HP ini, mari kita ungkap lebih mendalam semua hal yang bisa terjadi dibawah ini. Meskipun, pandangan kami bisa memiliki arti yang berbeda dari apa yang diklaim produsen. Jadi, tanpa harus berlama-lama lagi, mari kita lihat pandangan umum mengenai HP Spectre X360 13 yang begitu menggoda.

Baca juga : Lenovo Ideapad IP720S Review : Notebook Tangguh Dalam Paket Slim & Stylish

HP Spectre X360 13 Preview : Pandangan Umum

Spesifikasi HP Spectre X360 13
Operating systemWindows 10 Home 64
Processor Intel® Core™ i7-8550U (1.8 GHz, up to 4 GHz, 8 MB cache, 4 cores)
GraphicsIntel® UHD Graphics 620 (16 GB system memory/rose gold)
Display13.3" diagonal FHD IPS micro-edge WLED-backlit touch screen with Corning® Gorilla® Glass NBT™ (1920 x 1080)
Memory16 GB LPDDR3-2133 SDRAM (onboard)
Hard drive512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Primary battery3-cell, 60 Wh Li-ion polymer
Up to 16 hours and 45 minutes with FHD panel
KeyboardFull-size island-style backlit keyboard (pale rose gold)
Wireless technologyIntel® 802.11b/g/n/ac (2x2) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 Combo
AudioBang & Olufsen, quad speakers, HP Audio Boost
Pointing deviceHP Imagepad with multi-touch gesture support
Expansion slots1 microSD media card reader
External I/O Ports2 Thunderbolt™ 3 (Data Transfer up to 40 Gb/s, Power Delivery, DP1.2, HP Sleep and Charge);
1 USB 3.1 Gen 1 (HP Sleep and Charge); 1 headphone/microphone combo
Power supply65 W AC power adapter
Dimensions (W X D X H)12.04 x 8.56 x 0.53 in
Weight2.78 lb
Security managementFingerprint reader; Trusted Platform Module (TPM) support
HargaRp 21.899.000

HP mengklaim bahwa pilihan Spectre X360 terbaru merupakan pilihan convertible notebook paling tipis yang pernah dibuat perusahaan tersebut. Betapa tidak, ia membawa ketebalan hanya sekitar 1.3cm dan nilai bobot sekitar 1.2kg yang menjadikannya salah satu ultrabook paling handal dalam mobilitas, termasuk dari segi desain. Selain itu, HP memang dikenal memiliki bentuk desain yang mempesona, termasuk juga dalam urusan seri terbaru ini.

HP Spectre X360 13

HP mengatakan bahwa seri ini merupakan salah satu hasil maha karya terbaik yang mengesankan dari produsen, terutama dari nilai bentuk yang memiliki dinamika sempurna dari setiap sisinya. Nilai keunggulan yang ditawarkan oleh notebook ini tentu adalah tipis dan ringan. Selain itu, ia juga memiliki aksen warna yang sangat menyenangkan pengguna modern hari ini. Ada dua pilihan warna yang disediakan produsen, yakni Ceramic White dengan aksen emas dan Dark Ash dengan aksen tembaga. HP mengatakan bahwa pilihan ini bisa mewakili nilai estetika dan nuansa yang solid untuk sebuah notebook.

Hal terbaik lainnya yang ditawarkan Spectre X360 adalah Coaxial Engsel Tersembunyi. Perusahaan tampaknya terinspirasi dari kabinet high-end, sehingga kehadiran engsel coaxial tersembunyi didesain untuk dapat dilipat dan hampir tidak terlihat. Selain itu, bahan materi yang dihadirkan pada notebook ini didesain dari materi alumunium dengan mesin CNC dan materi karbon fiber sehingga menghasilkan sebuah notebook yang bisa bertahan cukup lama dan memberikan nilai sempurna serta ringan untuk dibawa kemana saja.

Salah satu fitur 2-in-1 laptop yang biasa hadir tentu saja semakin bermakna pada notebook ini, karena selain dukungan penuh untuk banyak fitur, tablet mode, tent mode dan sebagainya, ia juga sudah hadir dengan pilihan HP Active Stylus Pen. Hasilnya, anda tidak usah repot-repot untuk membeli perangkat extra secara terpisah, karena didalam notebook ini mereka sudah menghadirkan banyak fitur secara lengkap.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, pilihan ini mungkin terbatas dalam pilihan port, namun ia membawa nilai sempurna dengan kehadiran dua buah port thunderbolt 3 yang bisa memberikan fitur koneksi transfer data hingga 40 Gb/s, termasuk fitur untuk Power Delivery , konektivitas untuk display port 1.2 dan fitur HP Sleep And Charge.

HP Spectre X360 13 Preview

Anda bisa memakai pilihan perangkat ini untuk menghubungkan fitur daya pada perangkat lain seperti smartphone, meskipun notebook sedang dalam keadaan mati. Kemudian hadir pula sebuah port USB 3.1 Gen 1 yang bisa memberikan kinerja transfer data hingga 5Gbps, termasuk juga dukungan fitur untuk Sleep And Charge. Dan sisanya adalah pilihan port untuk headphone, termasuk juga dukungan untuk microphone combo serta port untuk SD Card Reader sebagai expansi terakhir.

Sedangkan untuk konektivitas nirkabel, HP memberikan fitur Wi-Fi Intel 802.11b/g/n/ac (2×2) Wi-Fi yang bisa memberikan kinerja yang sangat ideal, termasuk untuk mendukung kecepatan internet yang tinggi. Dan sisanya adalah Bluetooth 4.2 Combo yang memiliki beberapa fitur baru, dan salah keuntungan utamanya adalah memungkinkan chip bisa menggunakan Bluetooth melalui Internet Protocol versi 6 (IPv6) untuk akses Internet langsung. Dengan ini, jenis perangkat Bluetooth ini sangat ideal dalam hal dukungan kecepatan dan keamanan.

Display

Spectre X360 13 membawa layar dengan ukuran 13.3” dengan maksimum resolusi hingga Full HD(1920×1080). Pilihan ini jauh lebih berkelas dengan kehadiran panel IPS dengan fitur touchscreen yang bisa memberikan kenyamanan dalam hal sudut pandang hingga 178°, sehingga semua konten dapat terlihat jelas dimanapun anda berada.

Bahkan, layar yang dihadirkan jauh lebih mengesankan dalam urusan estetika dengan kehadiran micro-edge display. Hasilnya, layar tampak jauh lebih luas dengan kehadiran bezel tipis yang akan merevolusi display dengan memuat layar lebih besar kedalam frame lebih kecil. Pilihan ini juga memiliki fitur Corning Gorilla Glass, sehingga memberikan extra proteksi bagi layar untuk jauh lebih kuat dan tahan lama, membuat tampilan setidaknya tahan dari benturan dan goresan.

Keyboard & Touchpad

HP Spectre X360 13 juga memiliki Full Size Edge-To-Edge Backlit Keyboard, sehingga ini tidak hanya ideal untuk kebutuhan pengetikan jangka panjang, namun juga kehadiran illuminated keyboard akan memberikan fitur extra dalam bekerja diruangan gelap. Intinya, kita masih bisa terus berkarya didalam ruangan minim cahaya dengan illuminated keyboard.

Selain itu, untuk urusan touchpad  juga memiliki fitur ideal sebagai pilihan touchpad modern dengan ruang yang cukup luas bagi setiap jari-jemari pengguna. Bahkan, kehadiran space luas di touchpad ditambah dukungan multi-touch akan membuat kita bisa dapat mengontrol PC dengan mudah tanpa ada banyak hambatan yang berarti.

Audio & Webcam

Pilihan audio merupakan salah satu fitur keren lainnya yang dihadirkan pada notebook ini, karena kehadiran audio Bang & Olufsen dengan pilihan quad speakers bisa memberikan pilihan sempurna untuk segala hal yang menjadi favorit kita saat mendengar sebuah music. Hal tersebut juga disempurnakan dengan dukungan HP Audio Boost yang bisa memberikan pilihan extra.

Sedangkan untuk urusan Webcam, pilihan ini mungkin masih terhitung standar, namun HP memastikan bahwa pengguna bisa menghadirkan resolusi ideal untuk urusan video call termasuk streaming. Selain itu, HP TrueVision FHD IR juga memungkinkan pengguna untuk bisa login melalui facial login, apalagi ia mendukung pilihan Windows Hello untuk login yang jauh lebih aman dan fleksibel.

HP Spectre X360 13 Preview : Spesifikasi Internal

Hadirnya nilai plus dalam urusan bentuk desain tampaknya kurang sempurna tanpa kehadiran spesifikasi tangguh. Untuk itulah, seri terbaru HP Spectre X360 13 kini membawa kekuatan komputasi yang jauh lebih mengesankan dengan pilihan prosesor dari Intel Core 8th Gen. Hal terbaiknya adalah anda tidak melihat lagi CPU dual core didalamnya, namun pilihan penuh quad core yang bisa membawa nilai kinerja jauh lebih menyenangkan.

Prosesor

Nilai unggulan pertama hadir dari prosesor, dimana HP membawa pilihan prosesor Intel Core i7-8550U yang memiliki 4 core dan thread. Selain itu, nilai clockspeed bisa hadir dengan pilihan tertinggi hingga 4.0Ghz dengan fitur max boost frequency dan memiliki cache sebesar 8MB. Meskipun terhitung besar dalam kekuatan komputasi, nilai TDP yang dimiliki prosesor ini masih dihitung pada 15W, jadi setidaknya tidak ada perubahan besar dalam urusan konsumsi daya, dan terlihat masih tetap sama.

Spesifikasi Intel® Core™ i7-8550U
Code Name  Kaby Lake R                    
Lithography 14 nm
# of Cores 4
# of Threads 8
Processor Base Frequency 1.80 GHz
Max Turbo Frequency 4.00 GHz
Cache 8 MB SmartCache
Bus Speed 4 GT/s OPI
TDP 15 W
Processor Graphics  Intel® UHD Graphics 620
Graphics Max Dynamic Frequency 1.15 GHz

Selain itu juga, CPU ini membawa kekuatan grafis yang cukup ideal, meskipun tidak bisa terlalu diandalkan untuk urusan performa gaming. Intel UHD 620 merupakan seri iGPU yang dibawa Core i7-8550U dengan nilai base frequency sebesar 300Mhz dan maksimum hingga 1.15Ghz. Pilihan iGPU ini bisa membawa performa display hingga 4K dan mendukung DX12 termasuk OpenGL versi 4.4. Pilihan iGPU ini tampaknya hadir sebagai solusi satu-satunya nilai grafis yang hadir pada notebook tersebut.

RAM & Storage

Untuk urusan memori, HP Spectre X360 13 memiliki pilihan RAM sebesar 16GB Low Power DDR3, dimana pilihan ini bisa memenuhi semua kebutuhan anda, termasuk untuk masa depan. Produsen tidak menyebutkan secara spesifik mengenai upgrade, jadi jika anda bertanya tentang hal tersebut, langkah terbaik bisa menanyakan langsung kepada pihak retail.

Sedangkan untuk urusan penyimpanan, notebook ini siap menyajikan pilihan storage terbaik dengan dukungan SSD M.2 NVMe cepat dan memiliki kapasitas hingga 512GB. Pilihan ini bisa menjadi solusi terbaik, termasuk untuk kinerja sistem, transfer data atau bahkan waktu loading dalam setiap aplikasi yang bisa mendukung pekerjaan dengan sempurna.

Baterai

Kehadiran baterai dengan pilihan 3-cell, 60 Wh Li-ion polymer bisa memberikan kekuatan daya maksimum, bahkan HP mengklain bahwa ia bisa membawa nilai kekuatan hingga 10 jam lamanya untuk pemakaian normal. Hebatnya, kita tidak perlu berlama-lama saat mengisi baterai, karena notebook ini sudah memiliki fitur Fast Charge yang bisa mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Pilihan ini bisa menjadi nilai keunggulan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, termasuk teman setiap dalam setiap perjalanan anda.

Kesimpulan

HP Spectre X360 13 merupakan salah satu pilihan notebook 2-in-1 premium terbaik dipasaran hari ini, apalagi ia sudah memiliki banyak dukungan modern, termasuk dari segi komputasi dan mobilitas. Harga yang ditawarkan mungkin cukup mahal, namun ia sudah memiliki kapabilitas paling ideal dan mengesankan sebagai nilai daya tarik bagi konsumen, terlebih mereka yang menginginkan nilai sempurna untuk sebuah notebook.

Kehadiran bentuk desain yang ringan, tipis dan benar-benar elegan hadir sebagai pilihan magnet utama bagi konsumen, dan untuk menyempurnakan pilihan ini, produsen menyediakan kekuatan komputasi besar dengan kehadiran Intel Core i7-8550U dengan fitur quad core. Sehingga, pilihan ini seolah memberikan pandangan bahwa tidak ada hal terbatas untuk urusan notebook, terlebih ia bisa memberikan kinerja paling handal dalam urusan aplikasi modern.

Namun sayangnya, tidak ada pilihan grafis diskrit untuk memompa kinerja grafis jauh lebih baik. Kita tampaknya harus puas dengan pilihan iGPU dari Intel dengan kinerja kasual untuk beberapa aplikasi berat termasuk untuk gaming. Untungnya, nilai minus hanya dari sisi grafis saja (meskipun tidak secara signifikan mengurangi totalitas notebook), karena fitur lainnya sudah sangat ideal hari ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat