- Hardware, Laptop, Windows

ACER Aspire A515-41G Review : Notebook Mainstream Tangguh & Harga Bersahabat

Pilihan Notebook mainstream dengan kisaran harga sekitar 7 jutaan mungkin akan memberikan sesuatu yang ideal bagi pengguna dalam hal performa. Dan ketika anda sedang mencari pilihan notebook yang bisa diandalkan dalam kisaran harga tersebut, maka kehadiran ACER Aspire A515-41G bisa menjadi pertimbangan utama anda. Apa yang terbaik dalam notebook ini adalah kehadiran CPU Quad Core dari AMD dengan seri A12-9720P dan dedicated GPU AMD Radeon RX 540 2GB DDR5.

Sejauh yang kami tahu, pilihan ini bisa memberikan kontribusi yang baik, kualitas CPU yang cukup handal dan pilihan dedicated GPU yang lebih baik dari seri Geforce 940MX atau seri bawaan CPU itu sendiri, Radeon R7. Ada banyak hal yang bisa ditawarkan notebook tersebut, termasuk sisi positif dan minusnya. Untuk lebih jelasnya, kami akan ulas jauh lebih detail dibawah ini.

Baca juga : Acer Aspire 3 A315-41 Preview : Pesona Ryzen Dalam Notebook Mainstream

ACER Aspire A515-41G Review : Desain

SpesifikasiACER A515-41G
PROCESSORAMD A12-9720P 4 Core /4 thread up to 3.6 Ghz Plus Radeon R7
RAM8GB DDR4 2133Mhz
DISPLAY15.6 HD Display
GPUAMD Radeon RX 540 - 2 GB GDDR5 SDRAM
Sound Stereo speakers, two microphones
HARD DRIVE1 TB HDD 5400 RPM
INPUTkeyboard, touchpad
COMMUNICATIONSWireless Protocol 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth
BATTERYCapacity 48 Wh, Cells 4-cell lithium polymer
USB PortInterfaces 2 x USB 2.0
1X USB 3.0 port with power off charging
1xUSB-C 3.1 Gen 1
Other OuputMemory SD Memory Card
HDMI
LAN
DIMENSIONS & WEIGHT38x26x2.2cm. & 2.1 KG
OPERATING SYSTEMDOS/Linux
HargaRp 7.450.000

ACER Aspire A515-41G membawa kualitas desain yang cukup baik dan solid secara keseluruhan, meskipun notebook ini terasa jauh lebih besar jika melihat ukuran layar yang dihadirkan. Hanya saja, kita pastinya tidak akan melihat kualitas premium, dimana hampis secara keseluruhan, materi chassis terbuat dari bahan plastik yang cukup rentan terhadap goncangan, khususnya pada bagian tutup kap notebook. Namun, produsen tampaknya masih membawa sedikit nilai premium pada bagian dek keyboard, dimana ia sepenuhnya terbuat dari Alumunium yang memiliki nuansa tangguh.

Warna hitam pekat hadir sebagai pilihan utama dalam notebook ini, dimana finishing aksen garis-garis pada tutup memberikan kesan ideal dan solid. Hal tersebut  juga berlaku untuk keseluruhan bagian notebook, dimana kita tidak melihat banyak gaya dalam pilihan kombinasi warna pada perangkat mobile ini. Hanya saja, sedikit pilihan warna silver hadir pada bagian antara engsel penutup degan logo Aspire yang menguatkan kehadiran seri tersebut.

Ketika kita membuka tutup kap, sebuah dek dengan hamparan luas dan pilihan bahan alumunium memberikan kesan bermakna bagi pengguna, dimana ia memiliki keyboard chiclet lengkap bergaya desktop. Pilihan ini jelas sangat sederhana namun cukup kompak, apalagi kita bisa memiliki area palm rest yang cukup luas dibawah keyboard dengan pilihan touchpad yang sedikit bergerak ke arah kiri.

Dan nyatanya, ia membawa bentuk yang cukup ramping dengan bobot sekitar 2.1 Kg dan memiliki ukuran sekitar 38x26x2.2cm. Jelas, ia bisa membawa nilai mobilitas yang bisa diandalkan bagi pengguna, apalagi pilihan ini cukup bermakna dalam hal estetika saat penggunaan di luar maupun di tempat umum.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, pilihan ini mungkin tidak mewah, namun terasa cukup lengkap. Ada total 4 buah port USB, dimana masing-masing terdiri dari 2xUSB 2.0, sebuah port USB 3.0 dengan dukungan Power Off Charging (anda bisa melakukan pengisian daya perangkat lain pada fitur ini, meski notebook dalam keadaan mati) dan sebuah Port USB Type C 3.1 yang mengesankan.

ACER Aspire A515-41G

Kehadiran port ini bisa menjadi pilihan istimewa dalam sebuah notebook mainstream, karena kita biasanya jarang melihat pilihan notebook dengan fitur ini. Sedangkan untuk konektivitas lainnya, sebuah port HDMI hadir untuk fitur multi-display, port LAN, Card Reader dan Headphone/microphone combo jack.

Untuk urusan konektvitas internet, ACER Aspire A515-41G hadir dengan pilihan WiFi 802.11a/b/g/n/ac, Bluetooth dengan protocol Gigabit Ethernet. Tentu pilihan ini jauh lebih baik dan bisa memberikan kinerja yang handal untuk urusan internet, apalagi jika anda memiliki koneksi internet cepat di rumah maupun di kantor. Pilihan ini juga mendukung 802.11ac terbaru, dimana ini menggunakan teknologi nirkabel dual band, mendukung koneksi simultan pada pita 2,4 GHz dan 5 GHz Wi-Fi. 802.11ac menawarkan kompatibilitas ke 802.11b / g / n dan bandwidth yang diberi peringkat hingga 1300 Mbps pada pita 5 GHz ditambah hingga 450 Mbps pada 2,4 GHz.

Display

Seri Aspire A515-41G memiliki pilihan layar dengan ukuran 15.6”, sehingga layar terasa jauh lebih besar dan solid. Tapi, jangan harap untuk menantikan kehadiran bezel super tipis maupun corning gorilla glass, karena produsen tentu akan mengorbankan segala hal yang istimewa untuk bisa memberikan harga yang terbaik bagi konsumen (mengingat ia juga hadir sebagai pilihan notebook mainstream).

Tapi, segala pandangan dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu banyak cahaya bisa memberikan kenyamanan pengguna dalam segala aktivitasnya didepan layar, termasuk untuk penggunaan yang cukup lama.

Namun, pilihan layar yang dihadirkan hanya mendukung resolusi hingga 1366×768 (HD) dengan kualitas panel TN. Tentu, kehadiran ini bisa cukup baik dalam hal tampilan, kualitas brightness dan warna, namun pengguna pastinya akan memiliki kendala dalam hal sudut pandang. Apalagi, pilihan layar TN memiliki keterbatasan dalam hal tersebut, sehingga kita harus tetap berfokus didepan layar dalam satu arah untuk melihat segala sesuatunya jauh lebih jelas. Satu hal lagi, sebaiknya hindari penggunaan notebook ini di lingkungan yang sangat terang, atau dibawah sinar matahari langsung.

Keyboard & Touchpad

Aspire dilengkapi dengan keyboard chiclet non-backlit. Tombol-tombol utama tampak sedikit cekung sementara tombol fungsi dan numpad benar-benar datar. Semua kunci sedikit kasar, namun masih memberikan kesan yang cukup baik. Perjalanan kunci agak singkat, dan umpan balik sangat tegas dan tepat. Saat mengetik, tangan saya terkadang suka terpeleset dan sedikit melenturkan, namun tidak begitu mengganggu. Dari semua hal yang telah saya lalui, keyboard layak dan cocok untuk sesi mengetik dalam waktu yang cukup lama, meskipun pilihan ini tidak memiliki lampu latar.

Sedangkan untuk urusan touchpad, ia memiliki ukuran yang cukup besar dengan 10,5 x 7,9 cm. Pilihan ini sangat cocok untuk melakukan banyak gerakan. Touchpad cukup licin dan halus, dan mampu mendeteksi input hingga ke ujung dan sudutnya. Seperti halnya keyboard, perjalanan tombol terintegrasi terasa cukup dangkal tetapi umpan balik mereka tegas dan sangat baik untuk segala aktivitas kita.

Audio , Webcam & Security

Acer membawa pilihan audio yang cukup menarik dengan kehadiran Stereo speakers yang memiliki dual microphones. Pilihan ini awalnya terkesan biasa saja, namun begitu saya mencoba beberapa lagu favorit, ia bisa mengguncang seisi ruangan kamar sederhana dengan kualitas suara yang terhitung baik dan jelas. Meskipun begitu, jangan berharap terlalu lebih, karena ia tidak memberikan fitur audio dengan tingkat bass yang renyah.  Sedikit pengaturan pada sistem mungkin akan memberikan kesan jauh lebih baik dalam urusan ini.

Berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh pilihan webcam, karena ia tidak terlalu ideal bahkan untuk kegiatan mainstream sekalipun.  Saya bahkan tidak terlalu nyaman dengan pilihan kamera dengan kualitas VGA ini, meskipun jika anda memaksanya, sebaiknya selalu tetapkan kondisi lingkungan yang cerah dengan pengaturan pencahayaan yang baik agar segala sesuatu bisa terlihat jelas.

Sedangkan untuk sistem keamanan, ACER mebawa pilihan fitur keamanan standar pada notebook ini dengan kehadiran slot keamanan Kensington, hanya saja kunci kabel dijual terpisah. Sedangkan untuk fitur spesial lain tampaknya tidak dihadirkan, mengingat harga yang ditawarkan lebih diprioritaskan dalam spesifikasi internal.


Lanjut : Spesifikasi Internal & Performa


 INDEKS :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat