HP 14-BW017AU Review : Notebook 4 Jutaan Dengan Kinerja Solid

HP 14-BW017AU Review : Notebook 4 Jutaan Dengan Kinerja Solid

Kadangkala kita tidak selalu membutuhkan pilihan notebook yang mahal hanya untuk “sekedar” memenuhi semua kebutuhan kita yang tidak terlalu menuntut, nyatanya sebuah notebook dengan kisaran harga 4 jutaan sudah cukup ideal. Dan ketika anda sedang mencari pilihan yang paling baik dengan kisaran harga tersebut, maka kehadiran notebook HP 14-BW017AU layak untuk anda pertimbangkan. Selain memiliki bentuk desain yang cukup solid, kinerja CPU yang dihadirkan benar-benar mencukupi untuk semua kebutuhan kasual anda.

HP selalu memberikan pilihan notebook yang menarik bagi pengguna, tidak hanya dari sisi desain, namun juga mereka bisa memadukannya dengan kualitas dan kinerja. Ada banyak pilihan notebook anggaran hari ini yang tersedia dipasaran, namun kehadiran Notebook HP 14-BW017AU bisa menjadi pilihan yang menarik bagi kaum anggaran yang menginginkan sebuah notebook yang cukup tangguh dengan harga yang sangat murah. Dengan kisaran harga sekitar 4.1 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah perangkat yang cukup handal untuk urusan kinerja serta memiliki nilai plus yang akan mebawa sisi mobilitas terasa begitu mudah. Penasaran dengan notebook tersebut? Mari kita lihat ulasan lengkapnya dibawah ini.

Baca juga : HP OMEN 15-CE086TX Review : Laptop Gaming Keren Dengan Kinerja Mengesankan

HP 14-BW017AU : Desain

SpesifikasiHP 14-BW017AU
Operating systemDOS
Processor: AMD A9-9420 (3.0Ghz up to 3.6Ghz)
ColorGray
RAM4GB DDR4 2400Mhz
Hard drive:500 GB 5400 rpm SATA
GraphicsAMD Radeon R5 (Stoney Ridge) Shared 2GB DDR3
Display 14 inch HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)
Wireless Connectivity: 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0
Audio features DTS Studio Sound; Dual Speaker
Ports1x VGA; 1x HDMI; 1x headphone/microphone combo; 2x USB 2.0; 1x USB 3.0; 1x RJ-4
Power supply: 45 W AC power adapter
Battery 4-cell, 41 Wh Li-ion
Dimensions34.54 x 24.15 x 2.39 cm
Weight 1.94 kg
HargaRp 3.949.000 (Beli)

Mari kita mulai dari pilihan bentuk desain. Terkadang pilihan notebook murah biasanya tidak memiliki fitur unggulan dari sisi desain, namun hal yang berbeda ditampilkan pada notebook ini. Sebuah hamparan warna abu-abu dengan permukaan tekstur sedikit kasar melapisi hampir seluruh bagian, termasuk tutup dan bagian bawah. HP mengemas pilihan bentuk yang sangat solid, sederhana dan tentu saja memiliki kesan yang cukup berkelas, apalagi logo HP dengan warna silver pada bagian tengan penutup menguatkan hal tersebut. Padahal, tidak ada kualitas logam yang dihadirkan pada bagian chassis, yang secara otomotis bahwa ia memiliki sepenuhnya pilihan material plastik. Kesan warna abu-abu memiliki makna kompak dan terlihat cukup kuat, namun sebenarnya notebook tersebut cukup rentan ketika terjatuh.

Notebook ini mengemas bobot sekitar 1.9 Kg yang cukup ringan serta memiliki ukuran 34.54 x 24.15 dan memiliki tingkat ketebalan sekitar 2.39 cm. Tentu, sesuatu yang menggembirakan jika kita melihat dari segi berat dan ketebalan, dimana hal tersebut merupakan pilihan yang sangat baik untuk mendukung sisi mobilitas. Ketika kami membuka tutup notebook tersebut (meskipun agak berat untuk sebuah tangan), sebuah hamparan layar dengan ukuran 14” terlihat cukup menarik, namun tidak ada sesuatu yang menggembirakan pada pilihan ini.

Hal yang paling menarik justru hadir pada bagian dek, dimana HP lebih menggambarkan nilai estetika yang sangat baik berkat finishing plastik dengan tekstur kayu di bagian tersebut. Ini tentu merupakan sesuatu yang tampak mewah dan saya merasa tidak bosan untuk selalu menatap bagian ini. Notebook ini tentu sangat jelas menggambarkan sebagai sesuatu yang simple namun tidak menutup kemungkinan hadirnya nilai estetika yang mengesankan, meskipun kenyataan bahwa ia merupakan notebook entry level dengan anggaran terjangkau.

Konektivitas

Pilihan konektivitas mungkin cukup terbatas, tidak ada pilihan mewah didalamnya, namun ia masih terhitung cukup baik. Untuk konektivitas port, ada dua buah port USB 3.1 gen 1 yang siap memberikan kinerja yang cepat dalam urusan transfer data. Sedangkan sebuah port USB 2.0 merupakan pilihan standar hari ini yang masih banyak tersedia dan masih dibutuhkan banyak pengguna. Tidak ada pilihan extra lainnya untuk port USB, dan karena keyataan bahwa notebook ini merupakan kelas entry level, anda pastinya tidak akan menemukan fitur mewah lainnya selain dari yang disebutkan diatas.

Power, Port VGA, LAN, HDMI, Port USB 3.1, Headphone Jack

Sedangkan pilihan konektivitas lainnya adalah dua buah port untuk multi display yakni Port HDMI dan sebuah port VGA. Pilihan ini terhitung sangat lengkap jika dibandingkan dengan notebook merek lain yang sekelas. Sisanya adalah sebuah port RJ- 45untuk LAN, Microphone/Microphone dengan fitur combo, SD Card reader, dan Power. Terakhir adalah kehadiran Drive DVD Writer, dimana pilihan ini mungkin masih cukup bermanfaat bagi beberapa pengguna, namun pilihan tersebut juga sudah ditinggalkan oleh sebagiannya lagi.

HP 14-BW017AU
SD Card Reader, Port USB 2.0, DVDRW & Kensington Lock

Sedangkan untuk konektivitas internet, selain memiliki dukungan untuk internet kabel, anda juga akan dihadirkan fitur nirkabel dengan kehadiran Wireless 802.11b/g/n (1×1) Wifi.  Meskipun tidak mendukung pilihan internet yang cuper cepat, namun kehadiran fitur wifi ini sudah cukup untuk memenuhi semua kegiatan browsing dengan tingkat kecepatan yang cukup nyaman. Apalagi, HP 14-BW017AU juga memiliki fitur Bluetooth 4.2 yang memiliki fitur combo.

Display

HP Mengemas pilihan layar dengan ukuran 14” Diagonal HD display. Pilihan layar memiliki maksimum resolusi hingga 1366×768 (HD+) dengan kualitas panel TN. Tidak ada sesuatu yang mengesankan pada layar yang dihadirkan notebook tersebut. Meskipun begitu, pilihan ini tentu cukup baik, apalagi jika kita mengingat kembali harga yang ditawarkan. Layar TN ini memiliki tingkat kepadatan piksel pada 100 PPI, dan piksel individu dapat dilihat pada jarak pandang normal pada beberapa latar belakang. PWM juga hadir dengan tingkat kecerahan hingga 99% dan berada di bawah 200, sehingga pengguna yang sangat sensitif tentu sebaiknya menghindari layar dengan tipe tersebut.

Kehadiran layar pada notebook ini sangat ideal untuk ruangan yang tidak memiliki banyak penerangan, hasilnya, notebook tersebut sangat ideal untuk kegiatan didalam lingkungan tertutup. Meskipun ia masih bisa dipakai untuk lingkungan terbuka, namun hindari cahaya yang sangat terang karena anda tidak akan terlalu melihat jelas apa yang dihadirkan pada layar tersebut. Dan karena ia memiliki panel TN, maka kita mungkin akan sedikit kesulitan untuk melihat gambar dengan sudut pandang dari sebelah kiri ataupun sebaliknya.

Keyboard & Touchpad

Pilihan keyboard terlihat cukup baik untuk mendukung segala aktifitas kita pada notebook ini. Ukuran kunci rata-rata dan kuncinya ditempatkan dengan baik. Selain itu juga ia memiliki masukkan nomor pad yang sangat berguna bagi beberapa pengguna. Ada juga tombol khusus khas, seperti volume dan brightness control. Namun, tampaknya hanya itu saja sisi keunggulan keyboard dari HP 14-BW017AU ini.  Sisi minusnya adalah fitur keyboard yang sedikit lembek dan memiliki umpan balik yang sangat tidak menyenangkan. Key travel juga agak dangkal dan key drop tidak memiliki definisi. Sulit untuk mengetahui apakah tombol telah ditekan atau tidak. Meskipun begitu, kegiatan mengetik cukup menyenangkan, meskipun terkadang saya agak sedikit bersusah payah untuk kembali mengetikan artikel yang panjang ini melalui keyboard mereka.

Di sisi lain, touchpad plastik disetel dengan pilihan yang sangat baik dan begitu banyak manfaat. Kita bisa menggerakan jari-jemari dengan sangat mulus dan cukup menyenangkan bersamanya. Sliding dan gliding memiliki pilihan yang begitu mudah untuk diterapkan, apalagi ia juga memiliki tombol khusus untuk klik kiri dan kanan yang memiliki suara rendah dan berongga. Tombol ini memiliki perjalanan singkat namun memiliki umpan balik tegas. Pelacakannya sangat akurat, dan gerak tubuh mendaftar secara konsisten. Anda mungkin tidak akan banyak mengeluh pada fitur ini, bahkan jauh lebih baik lagi.

Audio & Security

HP 14-BW017AU mengemas kualitas audio dengan sesuatu yang sangat mengesankan, meskipun kenyataan bahwa ia merupakan notebook murah. Speakernya sangat bagus dengan tingkat suara yang cukup ideal untuk ruangan terbatas. Bass mungkin sedikit tipis, tapi sangat jernih ketika saya mendengarkan lagu favorit. Volume maksimal juga terbilang cukup nyaring hingga 75 dB, dan speaker tidak menimbulkan benturan yang tidak menyenangkan dan tidak mendistorsi. Musik dan media terdengar bagus di notebook ini.

Selain itu, notebook tersebut juga memiliki fitur keamanan Kensington MicroSaver, dimana ini tentu akan membuat perangkat kita tetap aman, dimana ia memiliki mekanisme penguncian T-Bar dan kabel baja karbon yang mudah dipasang, cepat dan aman. Tentu karena Slot Keamanan Kensington merupakan bagian dari sistem keamanan yang sangat dipercaya dalam urusan ini.

Photo by : Maulana Hidayat

Selanjutnya : Spesifikasi Internal & Kinerja 

 Indeks :




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com