ASUS VivoBook S15 S510U Review : Notebook Mainstream Dengan Fitur Premium

Katakanlah anda sedang mencari pilihan notebook yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan anda, namun disisi lain anda membutuhkan sebuah bentuk desain yang sempurna dengan pilihan harga yang cukup terjangkau. Pilihan notebook premium mungkin masih terlalu tinggi meskipun masuk kategori anda. Ketika anda menginginkan salah satu yang bisa menghadirkan fitur tersebut, maka seri ASUS VivoBook S15 S510  adalah jawabannya.

Jajaran VivoBook sebenarnya sudah lama hadir, dan seri ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk menunjang kebutuhan para pengguna mainstream dari sisi performa kinerja maupun harga yang ditawarkan. Salah satu yang terbaik pada produk ini adalah kehadiran layar yang lebih besar dengan ukuran 15″, padahal seri sebelumnya hanya hadir dalam varian 14 inci saja. Ini tentu akan membuat senang para pencinta notebook VivoBook yang berencana akan mengupgrade pilihan perangkat mereka dengan seri terbaru ini, apalagi fitur dan teknologi juga kini semakin lebih baik lagi.

Kami merevisi kembali pilihan overview kemarin mengenai seri Notebook ASUS VivoBook S510U setelah datangnya pilihan tersebut ke workshop kami untuk diulas secara tuntas mengenai apa yang terbaik dan beberapa sisi minus dari notebook ini. Jadi, mari kita lihat apa yang bisa ditawarkan oleh notebook ASUS VivoBook S15 S510  dibawah ini.

                    

Baca juga : Laptop Gaming ASUS ROG Line Up Tahun 2017

ASUS VivoBook S15 S510 : Desain

Mari kita mulai dengan desain. ASUS VivoBook S15 memiliki kombinasi yang sempurna antara keindahan dan kinerja. VivoBook S15 pada dasarnya dirancang untuk mereka yang suka sekali dengan gaya hidup modern, namun disisi lain juga ideal bagi mereka yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Hasilnya, Notebook ini kini hadir semakin tipis dengan bobot yang  lebih ringan. ASUS VivoBook S15 memiliki berat hanya sekitar 1,5 kg saja, apalagi tingkat ketebalan laptop ini hanya sebesar 1.7 cm, dan itu benar-benar luar biasa untuk sebuah notebook yang hanya memiliki harga dibawah 10 jutaan.

Notebook ini dibalut dengan bentuk desain unibody dengan aksen finishing logam alumunium, dan itu memberi kesan yang sangat elegan dan tentu saja sangat berkelas. Dengan sudut bulat dan tampilan unibody wedge-shaped, VivoBook S15 jelas mengambil isyarat dari rangkaian ZenBook yang lebih mahal. Selain itu, notebook ini juga dihias dengan finishing klasik yang disikat dengan perak pada logo Asus di tengahnya. Ada dua pilihan warna yang tersedia, antara  warna Champagne atau Gold.

Anda tidak perlu banyak kekuatan untuk sedikit memutar basis yang menawarkan pegangan yang baik. Di area palm rest kiri dan di bawah kunci ruang, casing yang hadir sedikit memberi tekanan. ia juga hadir dengan bentuk tutup yang sangat tipis dan cukup kuat, namun anda mungkin perlu membuka dengan dua tangan dan memantul hingga dua detik sebagai respons terhadap getaran.

ASUS VivoBook S15 S510  sebenarnya memiliki beberapa konfigurasi untuk memudahkan pilihan pengguna sesuai dengan pilihan anggaran yang mereka miliki. Laptop ini akan memiliki beberapa pilihan prosesor dimulai dari pilihan prosesor Intel Core i3 generasi terbaru hingga pilihan tertinggi dengan prosesor Intel Core i7 7500U. Hanya saja, di Indonesia tampaknya hanya akan hadir dua pilihan konfigurasi untuk spesifikasi internal, yakni Intel Core i5 7200U dan Intel Core i7 7500U dengan kisaran harga terendah sekitar 9.5 jutaan

Konektivitas

Pilihan konektivitas sebenarnya terhitung sedikit, namun nyatanya sudah memenuhi kebutuhan pengguna yang ideal hari ini, bahkan di masa depan. Untuk konektivitas port, anda tidak akan melihat pilihan yang mewah, namun kehadiran sebuah USB 3.0 dan USB Type C akan mencukupi untuk pilihan satu paket lengkap dengan kinerja yang cepat.

Selain itu, ia juga hadir dengan dua buah port USB 2.0 untuk paket standar dan sebuah port HDMI untuk pilihan multi-display. Anda tidak akan melihat slot DVDRW (mengingat bentuknya yang super tipis) dan juga pilihan LAN RJ45 , hanya saja ia sudah hadir dengan jack slot untuk headphone maupun microphone.

Sedangkan untuk konektivitas internet, Notebook ini mengandalkan fitur Wifi Integrated 802.11 AC (2×2) yang cukup cepat jika dibandingkan dengan pilihan Wifi standar. Ini tentu bisa diandalkan bagi mereka yang memiliki internet cepat dirumah maupun dikantor, hanya saja, anda mungkin perlu mengatur fitur Windows Auto tuning pada Windows 10. Pilihan Built-in Bluetooth V4.1 juga sangat ideal untuk konektivitas extra yang cukup baik.

ASUS VivoBook S15 S510  : Spesifikasi Internal

Main Spec.ASUS VivoBook S S510
Harga Rp 9,199,000 (Beli)
CPUIntel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating SystemEndless OS
Memory4GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Storage128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with slim bezel
GraphicsDiscrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1),
1 x Fingerprint (On selected models),
1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s),
1 x Microphone-in/Headphone-out jack,
2 x USB 2.0 port(s)
CameraVGA Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone
ASUS SonicMaster Premium Technology
Battery3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight1,7Kg with Battery
ColorsIcicle Gold
Warranty2 tahun garansi global senilai Rp900.000

Sebuah notebook yang baik biasanya memiliki pilihan spesifikasi yang ideal untuk memulai semua kegiatan anda. Dan itu berlaku pada seri notebook ini, ketika ia sudah memiliki kekuatan prosesor Intel Core i5 7200U Kaby Lake generasi ke-7 didalamnya. Prosesor dual core ini terhitung sangat baik untuk memenuhi semua pekerjaan anda, meskipun masih terbatas pada pekerjaan yang tidak terlalu menuntut. 7200U hadir dengan pilihan clockspeed dasar sebesar 2.5 Ghz dan memiliki turbo boost hingga 3.5 Ghz untuk performa yang lebih baik. Prosesor ini diproduksi pada 14nm, sehingga pilihan TDP jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, yakni sekitar 15W.

Prosesor ini memiliki pilihan integrated GPU Intel HD 620 yang terhitung biasa saja untuk performa sehari-hari, meskipun ia mampu memberikan kemampuan gaming casual. GPU ini memiliki tingkat clockspeed hingga maksimum 1.0Ghz, dan tergantung pilihan RAM yang ada pada sistem, ia bisa menyediakan shared VRAM hingga 2GB DDR3.

Untuk menyempurnakan pilihan spesifikasi yang hadir pada notebook ini, ia juga sudah memiliki pilihan RAM sebesar 4GB DDR4 2133Mhz dengan merk Hynix HMA851S6AFR6N-UH 1x4GB. Meskipun sudah mencukupi untuk memenuhi segala kebutuhan anda, tampaknya anda perlu mengupgrade pilihan tersebut hingga minimal 8GB. Dan untungnya, notebook ini sudah menyediakan slot kosong, sehingga pengguna bisa mengupgrade pilihan RAM mereka hingga maksimum 16GB.

Kinerja Prosesor

Dibawah ini kami hadirkan beberapa tes benchmark untuk menghitung seberapa baik prosesor yang hadir pada notebook ini.

Pada tes Cinebench R15 dan Geekbench 3, yang memperlihatkan bagaimana kinerja prosesor untuk memberikan performa rendering dan seberapa baik kekuatan prosesor ini, ia memiliki kinerja diatas seri sebelumnya dari Intel dengan tingkat perbedaan yang cukup ideal. Hanya saja, pilihan prosesor ini masih sangat terbatas untuk kinerja multi-thread, sehingga berbagai aplikasi berat mungkin tidak terlalu disarankan.

Dedicated Grafis

Selain memiliki pilihan grafis Intel HD 620, notebook ini juga memiliki pilihan grafis yang jauh lebih baik lagi, yakni Nvidia Geforce 940MX. Pilihan dedicated grafis ini bisa memberikan sesuatu yang jauh lebih ideal untuk performa gaming. Salah satu alasannya karena pilihan GPU ini sudah hadir dengan kekuatan VRAM sebesar 2GB DDR5. GPU ini memiliki tenaga cuda sebesar 384 dengan tingkat clockspeed 1242 Mhz (boost). Hanya saja, pilihan gpu ini mungkin sedikit terbatas untuk beberapa permainan yang cukup menuntut, jauh leih ideal untuk performa game seperti E-Sport dan beberapa game sebelum tahun 2016. Itu karena ia hanya memiliki tingkat lebar memori bus hanya sebesar 64Bit.

Performa gaming

Karena pilihan notebook ini sedikit terbatas pada RAM yang hanya 4GB, kehadiran dedicated grafis seperti Nvidia 940MX hanya mampu memberikan beberapa permainan terbaru dengan pengaturan terendah pada resolusi Full HD. Namun, anda bisa memiliki pilihan yang jauh lebih baik jika mengatur resolusi dibawah 1920×1080. Dibawah ini adalah beberapa pilihan game baik yang terbaru maupun game lama dengan tingkat FPS yang mampu dihasilkan oleh notebook ini.

Dan kenyataan bahwa notebook ini bukan dikhususkan untuk gaming, melainkan untuk tugas komputasi sehari-hari, maka ia tidak terlalu ideal untuk urusan ini, meskipun anda masih bisa menghadirkan beberapa permainan dengan tingkat FPS yang layak. Meskipun ia memiliki pilihan resolusi Full HD, pilihan gaming yang ideal hanya terbatas pada resolusi 1366×768 agar semuanya bisa berjalan lancar.




Layar

ASUS VivoBook S15 memiliki layar sebesar 15,6″  dengan maksimal resolusi Full HD. Hebatnya, karena ia memiliki fitur NanoEdge ultra-sempit sebesar 7.8mm, sehingga ia memberikan rasio 80% screen-to-body sehingga layar tampak jauh lebih besar dan solid.  Selain itu, fitur yang hadir pada Layar juga termasuk 178 ° wide-view teknologi untuk bisa bisa memastikan warna tetap “hidup” dengan pilihan kontras yang lebih jernih. Ini adalah solusi sempurna untuk berbagi konten baik dengan teman maupun kolega.

Mereka yang bekerja  atau memiliki kegiatan dengan notebook untuk beberapa hal seperti editing dokumen maupun menyunting naskah, akan sangat terbantu dengan ukuran display-nya yang luas. Anda pun akan terkagum ketika melihat layarnya karena tampak tidak memiliki bezel alias bezel-less sebab ratio atau perbandingan luas layar dengan bodi mencapai 80 persen. Inilah cara ASUS menempatkan layar monitor berukuran 15,6 inci pada body notebook yang biasanya punya ukuran layar 14 inci.

                                 

Layar ini pun juga memiliki nilai plus lainnya, dimana ia mampu menampilkan kualitas dan detil warna yang tajam berkat resolusi Full HD yang dimiliki serta penyematan teknologi unggulan ASUS dalam mengoptimasi tampilan layar seperti ASUS Splendid Technology, ASUS Tru2life dan lainnya. Hanya sayangnya, kualitas brightness tidak terlalu tinggi dengan tingkat kecerahan sekitar 86% saja meskipun masih menghadirkan layar yang cukup tajam.

Keyboard & Touchpad

Untuk urusan keyboard, ASUS VivoBook S S10 ini memiliki ukuran penuh dari backlit chiclet keyboard. Keyboard ini sangat kokoh, konstruksi single-piece dengan perjalanan keyboard hanya sebesar 1.4mm saja, apalagi ia juga menawarkan desain yang ergonomis dan sangat nyaman untuk pengalaman mengetik yang lebih baik. Sayangnya, ketika semua tampak berjalan sempurna, ada beberapa tombol yang tidak terlalu ideal untuk ditempatkan. Seperti, pilihan tombol delete dan power duduk bersampingan, sehingga kadangkala kita lupa bahwa semua pekerjaan kita terhapus. Bukannya menekan tombol delete untuk beberapa kata yang salah, namun anda justru akan mematikan laptop secara tidak sengaja.

Panel sentuh alias touchpad dirancang sebagai ClickPad yang benar-benar mulus tanpa kunci terpisah. Ia memiliki ukuran 10,5 x 7,5 cm (~ 4,1 x 3 inci) dan menawarkan karakteristik gliding yang bagus untuk setiap jari-jemari kita. Ketepatan dan daya tanggap juga terhitung sempurna, selain itu Drag & Drop melalui double tap juga bisa diandalkan. Hadir pula pilihan Sensor sidik jari yang diposisikan di pojok kanan yang tidak terlalu mengganggu. Untuk mengkonfigurasi gerakan dengan tiga jari, anda mungkin melakukan beberapa opsi konfigurasi pada Windows 10.

Storage

Untuk urusan media storage alias penyimpanan yang lebih baik, VivoBook S510 juga hadir dengan dua buah storage yang dikombinasikan antara HDD dan SSD. Penggabungan antara 128 GB M.2 SSD dan 1 TB HDD akan menghasilkan perangkat yang cepat dalam membuka maupun menutup aplikasi hingga multitasking sekaligus mampu menampung banyak program di dalamnya, klaim ASUS. Namun dari sisi kami, ada sedikit keterbatasan dari apa yang bisa ditawarkan oleh SSD, meskipun kinerja secara keseluruhan cukup baik.

Notebook ini hadir dengan pilihan SSD dengan merk Toshiba THNSNK128GVN8 128GB, namun kami kaget ketika melihat isi sampel ternyata sudah hampir penuh dengan pilihan space free hanya sekitar 13GB. Pilihan SSD ini terhitung standar, bukan yang tercepat di kelasnya, namun cukup baik untuk memenuhi kebutuhan anda. Apalagi nyatanya ia bisa memberikan performa yang ideal, seperti halnya ketika kami coba nyalakan proses booting dengan waktu hanya sekitar 5 detik saja.

ASUS VivoBook S15 S510

Hasil tes yang dilakukan dengan software CrystalDiskMark terbaru menunjukan bahwa ia memiliki kecepatan baca sekitar 537.9/detik dan kecepatan 137.6 untuk menulis. Hal tersebut cukup cepat untuk transfer data antara sata-to sata, hanya saja waktu yang diperlukan mungkin sedikit berbeda ketika anda mentransfer dari HDD biasa.

Sedangkan untuk pilihan Harddisk, notebook ini memiliki pilihan HDD yang sangat baik dengan kecepatan transfer data yang tangguh. Notebook ini nyatanya menghadirkan pilihan Seagate ST1000LM035-1RK172 dengan penyimpanan sebesar 1TB. Melalui software yang sama, nyatanya ia bisa menghasilkan kecepatan baca diatas rata-rata hingga 147 MB/detik dan kecepatan tulis 138 Mb/detik. Tentunya ini bisa menjadi kombinasi sempurna untuk kinerja yang lebih baik, apalagi jika anda sering melakukan proses transfer data.

Audio & Webcam

Kehadiran audio dengan dukungan ASUS SonicMaster Technology bisa menghadirkan sesuatu yang sangat ideal untuk didengarkan, meskipun tanpa tambahan speaker lainnya. Salah satu alasannya adalah kehadiran speaker 2 watt kecil yang bisa menawarkan volume maksimal yang cukup untuk ukuran kamar sedang. Sayangnya tingkat distorsi mungkin sangat tidak nyaman ketika anda memaksimalkan pilihan audio (apalagi jika mendengarkan musik yang cukup keras), tapi ini tidak terjadi pada volume rendah. Selain itu juga pilihan Bass direproduksi dengan baik, menggunakan oktaf yang lebih tinggi.

Sementara untuk fitur webcam, kualitas VGA webcam nyatanya tidak terlalu baik untuk kebutuhan mainstream anda, meskipun ia masih bisa memberikan kualitas yang cukup layak untuk sekedar kebutuhan sederhana seperti skype. Namun perlu diingat bahwa anda mungkin perlu membutuhkan penerangan yang lebih baik untuk memulai. Tampaknya inilah salah satu pengorbanan ASUS untuk menjaga nilai harga tetap terjangkau.

Suhu & Konsumsi daya

Anda tidak akan mengalami nilai suhu yang cukup panas, apalagi saat idle. ASUS tampaknya tahu bagaimana membuat sebuah notebook ideal, bukan saja dari segi performa, namun juga sampai pilihan bentuk desain untuk bisa memaksimalkan nilai pendingin, sirkulasi yang baik dan tentu saja menghadirkan suhu yang terbaik. Di bawah beban maksimum konstan, yang dalam praktiknya bahkan tidak terjadi saat bermain game, kami mengukur ia hanya bisa berkisar hingga 45 ° C di bagian bawah, yang mungkin menjadi tidak nyaman. Namun pada daerah lainnya, seperti palmrest, anda tidak akan melihat suhu melebihi dari 26 ° C. Inilah mungkin salah satu keunggulan teknologi ASUS IceCool yang hadir didalamnya.

Sedangkan untuk konsumsi daya, saat idle anda mungkin tidak akan melihat konsumsi daya yang tinggi, apalagi kami hanya melihat konsumsi daya hanya sebesar 9.5W saja. Sedangkan untuk pilihan maksimum, load brightness dan pilihan power plan extra, anda mungkin bisa melihat bahwa konsumsi daya sangat besar hingga kisaran 50 watt ke atas. Itulah sebabnya kekuatan konsumsi daya ini bisa menyebabkan pemborosan kekuatan baterai hingga 1.5 jam atau lebih.

Daya tahan Baterai

ASUS menghadirkan pilihan baterai 3 Cells 42 Whrs Battery non removable pada notebook ini, dimana ia bisa menyediakan kemampuan hingga 7.5 jam lamanya saat idle. Ini cukup ideal untuk penggunaan sehari-hari, bahkan untuk pekerjaan lapangan. Pada saat anda sedang sibuk mengerjakan berbagai tugas seperti browsing dan sebagainya, ia bisa mendapatkan kekuatan dari baterai hingga 4 lebih sedikit. Dan itu masih bisa memenuhi waktu yang cukup panjang, hanya saja pilihan ini bisa sangat terbatas jika anda bermain melakukan tugas secara intensif pada software besar atau berat dengan maksimum kinerja baterai hanya hingga 1.5 jam saja. Apalagi, unit sample yang dikirim ternyata memiliki fitur baterai yang kurang ideal (tampaknya sudah lama dipakai). Namun begitu, kemampuan dari pilihan baterai pada notebook ASUS VivoBook S15 S510  ini bisa memenuhi semua kebutuhan anda dengan nilai yang cukup baik.

Dan perlu diingat juga bahwa ia memiliki fitur charger yang cukup cepat, dimana anda bisa mengisi baterai dari pilihan 10% hingga 95% hanya dalam waktu hingga 1 jam 10 menit saja. Ini terhitung sangat ideal, apalagi jika anda pada dasarnya banyak memiliki kegiatan diluar yang super sibuk.

Security

ASUS tampaknya lebih menekankan notebook ini untuk mobilitas dengan bentuk ramping dan ringan, sehingga ia hanya dibangun dengan Trusted Platform Module (TPM 2.0) sensor sidik jari. Hal ini dapat dengan mudah diatur melalui Windows Hello dan diposisikan di sudut kanan atas ClickPad. Ini akan membuka perangkat dengan cepat dan andal, tapi hanya itu saja untuk pilihan security yang dihadirkan. Mungkinkah kami melewati sesuatu? nyatanya tidak.

Kesimpulan

ASUS VivoBook S15 S510 tampaknya ditujukan bagi kalangan pengguna muda, mereka yang menginginkan segala sesuatu serba cepat dan tentunya memiliki desain yang elegan dan tampak ideal baik untuk didalam ruangan maupun diluar ruangan. Hasilnya, ia memiliki bentuk sempurna dai segi desain juga, performa komputasi, dan tentu saja dari sisi harga. Ketika disatu sisi mampu mendukung semua kebutuhan konsumen dengan pilihan performa komputasi yang sangat baik , disisi lain pilihan harga yang cukup terjangkau bisa menjadi pertimbangan utama untuk pergi. Apalagi laptop ini juga sudah memiliki fitur premium yang biasa hadir pada Notebook kelas atas.

Inti dari semua ini, ASUS VivoBook S15 S510  merupakan pilihan ideal bagi mereka yang saat ini tengah mencari laptop yang seimbang dalam hal performa kinerja, disisi lain juga memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, desain yang elegan dan tentunya harga yang jauh lebih terjangkau untuk sebuah notebook dengan kualitas premium ini. Karena selain menawarkan keindahan desain, notebook ini memiliki performa cukup mumpuni yang akan mendukung semua pekerjaan anda ataupun tugas sehari-hari yang biasa anda lakukan. ASUS VivoBook S15 S510  akan memberi anda kombinasi sempurna antara keindahan desain dan performa laptop, disamping juga pilihan harga yang lebih terjangkau.

So, is worth it ?

Pros :

  • Desain Unibody yang sangat elegan
  • Performa komputasi yang cukup baik
  • Pilihan Dedicated grafis yang tangguh
  • Pilihan SSD yang layak pada kisaran harga terjangkau
  • Display layar Full HD + Bezel Tipis membuat tampilan jauh lebih luas

Cons :

  • Tombol Keyboard Power yang tidak ideal
  • Kualitas Webcam yang “seadanya”
  • Port USB yang terbatas
  • Pilihan Multi-Display hanya terpaku pada port HDMI

Photo by : Fuadi Siswoyo

 Baca Juga:



Comments

2 thoughts on “ASUS VivoBook S15 S510U Review : Notebook Mainstream Dengan Fitur Premium

Comments are closed.