- Hardware, Laptop

Lenovo Ideapad IP720S Review : Notebook Tangguh Dalam Paket Slim & Stylish

Lenovo Ideapad IP720SAMD benar-benar berhasil mengisi celah kosong untuk seri notebook premium, ketika sebelumnya pilihan mereka hanya dipandang sebelah mata saja. Namun kehadiran Ryzen mengubah suasana jauh lebih mengesankan. Apalagi, kini banyak produsen mengadopsi CPU Ryzen mobile pada barisan notebook elite mereka. Salah satu pilihan notebook premium yang memakai seri terbaru AMD Ryzen adalah Lenovo dengan pilihan Ideapad IP720S.

Barisan Ideapad dari Lenovo pada dasarnya masih merupakan produk entry level, namun pilihan ini lebih mengarah pada pilihan notebook dengan kualitas premium, dimana kita bisa melihatnya dalam bentuk bagian chassis elegan dengan bahan materi alumunium, pilihan layar dan pastinya tingkat ketebalan yang sangat tipis. Pilihan ini tersedia dengan kisaran harga terendah sekitar 13 jutaan, namun apa yang terkandung didalamnya adalah kehadiran prosesor tangguh dari AMD Ryzen dengan fitur quad core dan kekuatan GPU Vega Mobile yang mengesankan. Jika anda penasaran dengan notebook tersebut, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Baca juga : ACER Swift 3 SF315-41 Review : Pesona Ryzen Mobile Dalam Notebook Solid

Lenovo Ideapad IP720S Review : Desain

SpesifikasiLenovo Ideapad IP720S
HargaRyzen 5 2500U : Rp 13,800,000
Ryzen 7 2700U : Rp14.933.000 (Beli)
ProcessorUp to AMD Ryzen™ 7 2700U Processor (2.20GHz 6MB)
Operating SystemWindows 10 Home / Pro
Display13.3” FHD (1920 x 1080) IPS Anti-Glare
GraphicsRadeon Vega Graphics
Webcam/microphone720p HD camera with dual-array microphones
Memory8GB DDR4 2133 MHz
StorageUp to 512GB PCIe SSD
BatteryUp to 9.5 hours battery life
AudioDolby® Atmos™ (with headphones)
JBL Premium Audio Speakers
SecurityFingerprint reader with Windows Hello
I/O (Input / Output) Ports2 x USB 3.0
1 x USB 3.0 Type-C (DP & Power Delivery)
1 x USB 3.0 Type-C (DP)
Audio jack
Connectivity802.11 AC (1 x 1) + Bluetooth® 4.1
Dimensions (W x D x H)12.0" x 8.4" x 0.5" / 305.9 x 213.8 x 13.6 (mm)
WeightStarting at 2.4 lbs (1.14 kg)

Pilihan ini sebenarnya terhitung sama dengan apa yang dihadirkan produsen dengan CPU Intel generasi terbaru, dimana ia hadir dengan kualitas bahan alumunium dan magnesium, sehingga memberikan sisi tampilan sangat elegan dan berkelas. Selain nilai bentuk yang ramping, Lenovo membawa warna yang tidak mudah dilupakan begitu saja sesaat kita memandangnya. Kehadiran warna platinum silver akan memberikan nuansa yang sangat berwibawa, dan membawa nilai kualitas yang sangat baik. Meskipun begitu, ia juga hadir dengan tiga pilihan warna yang berbeda, antara warna platinum silver, Champagne Gold dan Iron Gray.

Bentuk desain kini jauh lebih disempurnakan dengan dukungan mobilitas yang jauh lebih ideal, karena ia kini memiliki bobot yang lebih ringan dengan berat sekitar 1.1Kg dan memiliki dimensi sekitar 30.9 x 21.38 x 1.3 cm. Pilihan ini bisa menjadi perangkat paling ringan yang memiliki harga cukup terjangkau. Konsep ultra-mobile jelas bekerja untuk notebook ini, sehingga Lenovo bisa meyakinkan konsumen untuk mempertimbangkan seri Ideapad IP720S terbaru ini yang mampu memberikan pesona yang jauh hebat lagi.

Intinya, pilihan notebook Lenovo Ideapad IP720S tampaknya telah didesain ulang dengan tingkat detail yang jauh lebih premium. Kita bahkan bisa melihat setiap sudut memiliki tepi yang miring, sehingga membuatnya terlihat lebih tipis dari yang sudah ada.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, Lenovo membawa sejumlah konektivitas utama yang sangat ideal bagi pengguna modern hari ini, meskipun masih terbatas dalam jumlah. Untuk urusan konektivitas melalui port USB, ada total 4 buah USB port utama yang siap memberikan manfaat handalnya, yakni 2 buah USB port 3.0, dan 2 buah USB 3.0 Type C dengan satu port bisa memberikan fitur “Power Delivery”. Pilihan ini bisa memberikan manfaat bagi pengguna yang memiliki perangkat lainnya seperti smartphone untuk memberikan pengisian daya, meskipun laptop dalam keadaan mati.

Sedangkan sisanya adalah port untuk Audio jack yang mendukung fitur audio Dolby Atmos. Pilihan ini tampaknya memberikan kesan yang sangat mewah, terlebih kehadiran dua buah port USB Type-C sebanyak 2 buah. Hanya saja, produsen tampaknya tidak menghadirkan pilihan konektivitas untuk fitur multi-display standar seperti port HDMI maupun Display Port.

Untuk konektivitas internet, notebook ini akan mengandalkan pilihan Wifi 802.11 AC (1 x 1) yang sangat baik dalam hal performa internet dengan kecepatan tinggi. Pilihan ini bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan versi dibawahnya, sehingga ia akan memberikan kinerja hingga 166 megabyte per detik (MBps) atau 1331 megabit per detik (Mbps). Ini jauh lebih cepat daripada kecepatan headline 450Mbit per detik (0.45Gbps) yang biasa hadir 802.11n. Selain WiFi 802.11 AC, notebook ini juga hadir dengan fitur Bluetooth® 4.1 yang bisa diandalkan untuk semua hal yang berhubungan dengan pilihan tersebut.

Display

Untuk urusan display, pilihan ini pun tampaknya jauh lebih baik, bahkan menjadi salah satu keunggulan dari notebook tersebut. Lenovo Ideapad IP720S dilengkapi dengan layar 13.3″ dan panel IPS tanpa bingkai dengan resolusi maksimum hingga 1920 x 1080 (Full HD). Tingkat Kecerahan yang dihadirkan pada notebook tersebut bisa menjadi sesuatu yang sangat baik, apalagi ia memiliki rasio kontras panel cukup tinggi.

Lenovo Ideapad IP720S

Mengingat bahwa kedua unit peninjauan 720 kami dilengkapi dengan panel yang identik, pengukuran kami menghasilkan hasil yang hampir sama. Perbedaan yang terlihat termasuk kecerahan, rasio kontras, dan tingkat hitam. Hasilnya, layar tampak begitu berkelas dengan menawarkan pilihan yang memberikan kenyamanan bagi mata pengguna, apalagi dengan kehadiran layar IPS sedikit lebih baik dengan menawarkan waktu reaksi tercepat.

Keyboard & Touchpad

Lenovo menghadirkan pilihan keyboard yang jelas dengan membuat ruang di antara tombol-tombol yang cukup besar. Ini tentu dimaksudkan untuk mencegah masukan yang salah dari kunci yang terlalu berdekatan. Keyboard tersebut juga menghasilkan kunci stroke yang cukup pendek, namun anda mungkin perlu membutuhkan sedikit waktu untuk membiasakan setiap jari-jemari anda pada keyboard. Namun, pilihan tersebut seutuhnya akan memberikan kenyamanan yang ideal, termasuk untuk sesi pengetikan yang panjang.

Dan untuk bekerja di lingkungan yang gelap, notebook ini dilengkapi dengan pilihan keyboard yang memiliki lampu latar berwarna putih. Anda bahkan bisa mengatur tingkat penerangan dalam kunci sesuai dengan pilihan yang ideal dan kondisi lingkungan tempat anda berada.

Lenovo menggunakan ClickPad sebagai pengganti mouse di IdeaPad 720s, dimana ia menawarkan permukaan yang sangat halus serta memberikan kesan yang sangat baik bagi pengguna. Setiap input yang kita masukan akan mudah dikenali di semua sudut, dan tombol mouse bisa bereaksi terhadap input dengan umpan-balik yang nyaman dan sedikit bunyi klik.

Audio & Webcam

Lenovo membawa pilihan audio dengan kehadiran JBL Premium Audio Speakers yang cukup baik dalam memberikan kualitas audio standard an terdengar jelas. Hanya saja, terkadang ia tidak menjamin suara yang sangat bagus sekali, apalagi jika anda mentaur volume dengan tingkat yang cukup keras. Secara subyektif, kami merasakan suara sangat bergema, yang bisa menjadi hasil dari simulasi suara Dolby-Surround dan itu terlihat menyenangkan. Pilihan audio yang ditawarkan pada notebook tersebut secara umu sangat baik, namun sebaiknya atur dalam tingkat volume sedang untuk bisa memberikan kesan ideal.

Sementara untuk urusan webcam, pilihan ini terhitung standar, artinya tidak terlalu baik, namun juga tidak terlalu buruk. Hal tersebut karena ia memiliki fitur webcam 720p HD camera dengan dukungan  dual-array microphones. Pilihan ini bisa menjadi sangat baik, jika anda bisa menempatkan kondisi lingkungan yang tepat. Artinya, jika anda menempatkan posisi anda didalam lingkungan yang redup, ia akan memberikan kesan terburuk. Jadi, aturlah kondisi penerangan yang ideal untuk memulai aksi anda , baik video conference maupun hal lainnya yang lebih menuntut.

Fitur Keamanan

IdeaPad IP720s dilengkapi dengan pembaca sidik jari dan chip TPM 2.0. Pembaca sidik jari bisa memberikan kesan yang sangat mewah, apalagi ia membawa dukungan untuk proses login yang cepat, termasuk dukungan untuk Windows hello. Pilihan ini tentu akan memudahkan kita untuk memasuki Windows hanya dengan membaca sidik jari, daripada menghabiskan banyak waktu dengan mengetik password standar.

Sedangkan untuk fitur chips TPM 2.0, ini merupakan microchip pilihan terbaru yang sering dibangun dalam menyediakan keamanan berbasis perangkat keras. Pilihan ini mungkin terkesan baik, namun masih saja ada sisi celah yang bisa diatasi oleh penjahat. Namun begitu, tentu kehadiran TPM 2.0 masih menjadi sesuatu yang ideal daripada tidak sama sekali.


Lanjut : Spesifikasi Internal & Peforma


 Indeks :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat