Performa Ray Tracing Radeon RX 6700 XT Di Game Cyberpunk 2077

Update terbaru Cyberpunk 2077 kini dukung Ray Tracing pada GPU AMD Radeon RX 6000 series. Kami dulu pernah mencoba kinerja Ray Tracing pada GPU NVIDIA GeForce RTX 30 series, dan kenyataan itu butuh pengorbanan besar dengan nilai FPS yang drop secara signifikan. Pertanyaannya, apa hal tersebut berlaku pada Radeon RX 6700 XT?

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Ngaruh Enggak sih Kecepatan RAM Pada Game?

Performa Ray Tracing Radeon RX 6700 XT Di Game Cyberpunk 2077

Patch terbaru 1.2 Cyberpunk 2077 banyak memberikan perubahan besar, tidak hanya sejumlah perbaikan bug yang cukup penting pada game tersebut. Salah satunya adalah dukungan fitur Ray tracing untuk GPU AMD Radeon RX 6000 series, yang sebelumnya hanya mendukung GPU NVIDIA GeForce RTX series aja.

Performa Ray Tracing Radeon RX 6700 XT

Cyberpunk 2077 itu sendiri menawarkan dua opsi alternatif untuk fitur Ray tracing, antara pilihan ray trace medium maupun ultra. Efeknya bisa memberikan nilai visual bisa terasa lebih nyata dengan segala sinar pantulan yang hadir pada game ini, meskipun terkadang hanya untuk beberapa skenario tertentu aja seperti pantulan bayangan di air atau melalui kaca.

Performa Ray Tracing Radeon RX 6700 XT

Nah, kenyataan kalau fitur ini bisa memberikan nilai efek yang lebih istimewa agar pengalaman gaming terasa lebih seru, tapi pengorbanan terbesarnya adalah nilai framerate yang drop secara signifikan.

Performa Ray Tracing Radeon RX 6700 XT

Sebagai contoh, kami pernah mencoba memakainya di seri GeForce RTX 3070 atau 3060 Ti, dan fps drop bisa mencapai 50%, apalagi ketika pengaturan Ray trace ultra berlaku. Tampaknya, hal yang sama juga berlaku untuk seri AMD Radeon RX 6000 series, bahkan drop lebih signifikan. Khususnya ketika kami mencobanya dengan Radeon RX 6700 XT Reference.

Pada dasarnya, Radeon RX 6700 XT bisa memberikan performa framerate hingga 90 rata-rata di resolusi Full HD pada pengaturan Ultra tanpa ray tracing aktif. Namun, ketika ray tracing medium berlaku, FPS drop sangat signifikan dengan rata-rata sampai 40 fps dan memiliki selisih hingga 55%.

Performa Ray Tracing Radeon RX 6700 XT

Dan ketika Ray trace ultra berlaku, fps drop jauh lebih signfikan dengan fps rata-rata hingga 25 saja. Tentu bermain dengan framerate tersebut sangat tidak nyaman. Persentase fps drop mencapai 72% sebelum Ray tracing aktif.

Kami rasa, dukungan driver untuk fitur ini, khususnya pada game Cyberpunk 2077 belum berlaku sepenuhnya. Bahkan, ketika Ray tracing aktif terkadang ada sejumlah masalah seperti enggak ada bayangan. Jadi, masih ada sejumlah PR besar bagi produsen, entah dari pengembang game maupun dari AMD sendiri untuk memberikan optimasi lebih lanjut agar pengalaman bermain saat Ray tracing aktif bisa berlaku jauh lebih positif.

Performa Ray Tracing Radeon RX 6700 XT

Untungnya, game ini mendukung fitur extra yang setidaknya bisa memberikan kinerja sedikit lebih baik agar fps tidak drop saat ray tracing aktif. Kehadiran Fidelity FX jadi salah satu alasannya, dimana ada dua opsi yang disediakan pada game ini, antara Fidelity FX static maupun Dynamic.

Sama halnya seperti NVIDIA DLSS, fitur ini bisa memberikan boosting framerate dengan mengurangi resolusi in-game. Tapi, nilai visual terasa agak hambar, apalagi jika kalian menyesuaikan nilai Fidelity FX dengan nilai terendah.

Kesimpulan Awal

Dukungan Ray tracing untuk AMD Radeon RX 6000 series bisa cukup menggembirakan, namun performa bisa mengecewakan. Apalagi, masih ada banyak bug pada game ini, termasuk saat Ray tracing aktif.

Kehadiran fitur extra seperti AMD Fidelity FX enggak terlalu banyak membantu, bahkan nilai visual terkadang jauh lebih baik tanpa Ray tracing aktif. Disisi lain, kami rasa fitur ini hanya memberikan sedikit efek tambahan untuk nilai visual yang lebih sempurna. Kayaknya, kita perlu menunggu update terbaru, baik dari sisi driver itu sendiri maupun patch terbaru pada game Cyberpunk 2077 agar fitur ini bisa jauh lebih efektif tanpa perlu pengorbanan fps drop yang cukup signifikan.

Comments

Related Posts