Tes Performa AMD Smart Acces Memory Pake Ryzen 5 3600X & Radeon RX 6800

Bisa enggak sih teknologi AMD Smart Acces memory (SAM) berfungsi kalo pake prosesor Ryzen seri 3000? Kami rasa itu memungkinkan, bahkan ada sejumlah peningkatan framerate yang cukup baik pada game tertentu. Untuk menunjukannya, kami coba pasangkan Radeon RX 6800 reference dengan Ryzen 5 3600X melalui motherboard ASUS B550M TUF Gaming Plus WiFi.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Murdockcruz Best Of The Year Award 2020 : 8 Produk Terbaik Yang Pernah Kami Coba

Ryzen 5 3600X VS Radeon RX 6800 : Tes Performa Smart Acces Memory

Sebagaimana kita tahu, kehadiran AMD Smart Acces memory bisa memberikan performa extra untuk setiap framerate yang dihasilkan GPU terbaru AMD berbasis Radeon RX 6000 series, bahkan diklaim bisa memberikan peningkatan kinerja hingga 11% dibanding pilihan default.

AMD Smart Acces Memory

Dengan hadirnya Smart Access Memory, saluran data diperluas untuk memanfaatkan potensi penuh dari memori GPU, memanfaatkan bandwidth PCI Express® untuk menghilangkan hambatan dan tentu saja meningkatkan kinerja.

AMD Smart Acces Memory

Tapi, AMD sendiri mengisyaratkan bahwa teknologi ini hanya akan bekerja secara efektif pada persyaratan sistem terbaru, seperti prosesor AMD Ryzen 5000 series, Radeon RX 6000 series, Motherboard AMD 500 series yang mendukung update bios terbaru AMD AGESA 1.1.0.0, termasuk Radeon Software Driver 20.11.2 atau versi terbaru.

AMD Smart Acces Memory

Agak memberatkan untuk mereka yang masih memiliki hardware lama, khususnya untuk prosesor. Tapi, ada kabar gembira buat kalian yang berencana akan memiliki GPU terbaru AMD Radeon RX 6000 series, namun masih ingin tetap pada prosesor lama. Karena, Smart Access Memory sebenernya masih bisa dimanfaatkan pada prosesor lama Ryzen 3000 series, meskipun ada beberapa catatannya yang akan kami ungkap lebih jelas dibawah ini.

Mengapa bisa begitu? Kami rasa prosesor AMD seri 3000 sudah mendukung teknologi terbaru, termasuk PCIe 4.0. Dengan begitu, prosesor ini masih bisa memanfaaatkan sepenuhnya saluran PCIe yang cukup besar melalui mobo AM4 500 series maupun Radeon RX 6800.

Karena alasan inilah, kami coba dengan prosesor lama Ryzen 5 3600X untuk melihat seberapa efektif GPU bisa memanfaatkan AMD Smart Acces memory ketika fitur ini aktif. Disisi lain, kami juga memakai motherboard terbaru ASUS B550M TUF Gaming series yang sudah kami update biosnya ke versi 1401.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Smart Acces Memory?

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, caranya :

  • Pertama, pergi ke Bios saat sistem pertama kali menyala (tekan Tomb Del)

AMD Smart Acces Memory

  • Kemudian, cek bagian ke Advanced dan pilih opsi PCI Subsystem Settings
  • Jika bios kalian masih dalam tampilan Easy Mode, tekan F7 untuk memulai tampilan Advanced Mode
  • Dibagian PCI Subsystem Settings, kalian akan melihat opsi Above 4G Decoding.

  • Enabled opsi ini, dan ganti opsi Re-Size BAR Support menjadi Auto

  • Simpan pengaturan dan keluar bios.

Perlu dicatat juga bahwa SAM hanya bisa bekerja dengan mode CSM off, dan booting melalui UEFI.

Perbedaan Kinerja

Hasilnya cukup baik, dan sistem masih bisa bekerja stabil tanpa ada kendala berarti. Meskipun, peningkatan enggak terlalu signifikan, namun masih bisa memberikan sesuatu pencerahan bagi pengguna dibanding pilihan default.

AMD Smart Acces Memory

Apa yang menarik, SAM bakal jauh lebih efektif dengan framerate tinggi pada game yang lebih dioptimasi untuk AMD, termasuk pada resolusi tertentu akan ada sejumlah peningkatan kinerja yang cukup besar.

Shadow Of The Tomb Raider

AMD Smart Acces Memory

Pada game Shadow Of The Tomb Raider, ketika SAM aktif, peningkatan framerate enggak terlalu signifikan, bahkan pada resolusi 4K masih tetap sama. Pada resolusi 144p maupun 1080p, selisih framerate hanya sekitar 2.6% dan 2.2% masing-masing. Jadi, SAM enggak terlalu efektif untuk game ini.

Cyberpunk 2077

AMD Smart Acces Memory

Sedangkan untuk game terbaru Cyberpunk 2077, ada sejumlah peningkatan framerate yang sangat signifikan dengan selisih sekitar 8.6% lebih baik, khususnya pada resolusi 1080p, dan hingga 6.3% diresolusi 1440p. Itu tentu sangat positif, meskipun pada resolusi 4k enggak hanya meningkat beberapa fps aja.

Gears 5

AMD Smart Acces Memory

Game lama namun masih asyik dalam hal gameplay juga bisa cukup efektif ketika SAM aktif, khususnya untuk resolusi 1440p yang meningkat signifikan dengan perbedaan framerate sekitar 8% dan hanya sekitar 2.2% di resolusi 1080p maupun 4k.

Ghost Recon : Breakpoint

AMD Smart Acces Memory

Game ini mendukung API Vulkan, dan tampaknya SAM bisa cukup positif saat aktif meskipun hanya terpaut beberapa fps aja. Namun, tetap ada peningkatan khususnya di resolusi 1080p maupun 1440p.

Red Dead Redemption 2

AMD Smart Acces Memory

Terakhir adalah Red Dead Redemption 2, dimana secara efektif SAM bisa memberikan peningkatan framerate yang sangat signifikan di resolusi Full HD maupun 1440p, khususnya game ini juga mendukung API Vulkan. Perbedaan bisa mencapai 9.1%, khususnya di resolusi 1080p dan itu tentu bisa jadi kabar positif bagi penggemar.

Kesimpulan

Bagaimana sejauh ini menurut kalian? AMD Ryzen 5 3600X tampaknya bisa memberikan sesuatu yang menarik ketika dipasangkan dengan Radeon RX 6800. Meskipun enggak terlalu signifikan dalam hal peningkatan kinerja framerate, namun teknologi AMD Smart Access Memory masih bisa bekerja dengan baik dan stabil. Itu yang terpenting menurut kami, dan bonus extra tentu saja performa extra yang ditawarkan.

Jadi, ketika AMD mengisyaratkan bahwa SAM perlu syarat lingkungan hardware terbaru, namun bukan berarti pengguna perlu membeli semuanya secara fresh. Karena, prosesor lama seperti Ryzen 3600X yang kami pakai, bahkan tidak menutup kemungkinan juga kalau prosesor lain masih bisa bekerja ketika SAM aktif.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts