Monitor Gaming Terkenceng Tahun 2020 – ROG SWIFT PG259QN Review

ROG SWIFT PG259QN Review – Ketika bicara tentang gamer eSport, terkadang perangkat yang mendukung kegiatan mereka bisa ngaruh banget buat memiliki peluang win rate yang besar dalam setiap pertandingan. Inilah mengapa, memiliki monitor gaming dengan refresh rate tinggi jadi kewajiban besar untuk dipenuhi.

Pertanyaannya, ketika kalian salah satu bagian dari orang-orang ini dan butuh rekomendasi terbaik, pilihan mana yang paling efektif? Suka atau enggak, ASUS ROG SWIFT PG259QN bisa jadi pilihan sempurna untuk pergi. Refresh rate paling superior hingga 360Hz sajian utamanya, termasuk fitur extra lainnya yang menyempurnakan monitor ini.

Penasaran dengan ROG SWIFT PG259QN? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800 Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

ASUS ROG SWIFT PG259QN Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Dirilis tanggal 25 Agustus 2020, dunia teknologi dikejutkan oleh pengumuman ASUS dengan kehadiran ROG SWIFT PG259QN. Sekilas dari sisi bentuk desain mungkin hampir terlihat sama dengan seri monitor gaming premium ASUS ROG lainnya, khususnya untuk edisi PG. Namun, refresh rate tinggi 360Hz jadi gebrakan besar untuk menarik lebih banyak penggemar bisa tenggelam dalam euphoria tentang hegemoni yang ditawarkan monitor gaming ini.

ROG SWIFT PG259QN

Pertanyaannya, apakah gamer benar-benar butuh refresh rate setinggi itu untuk memulai? Kami rasa, sebelum menjawab pertanyaan sederhana namun bisa cukup rumit, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu dari sisi desain.

ROG SWIFT PG259QN

Secara utuh, ROG SWIFT PG259QN hadir dengan ukuran 25” dengan ukuran panel sebenarnya adalah 24.5”. Konektivitas port I/O agak terbatas dengan pilihan beberapa port inti aja, seperti sebuah DisplayPort 1.4, sebuah port HDMI (v2.0), jack earphone dan dua USB 3.0.

ROG SWIFT PG259QN

Nilai premiumnya terasa, meskipun enggak ada banyak yang berubah dari desain secara totalias. Bentuk datar dengan bezel tipis bisa memberikan kepastian kalau ruang visual terasa lebih luas.

ROG SWIFT PG259QN

Dudukan kokoh dan punya sisi managemen kabel yang cukup baik. Untuk menyempurnakan nilai estetika, ASUS menyedikan lampu LED Backlight dibagian belakang dengan logo ROG.

ROG SWIFT PG259QN

Monitor ini juga mendukung desain mekanik yang bermanfaat buat pengguna, diantaranya :

ROG SWIFT PG259QN

  • Tilt: Yes (+20° ~ -5°)
  • Swivel: Yes (+25° ~ -25°)
  • Pivot: Yes (0° ~ 90° Counterclockwise)
  • Height Adjustment: 0~120mm

Untuk urusan harga, kalian perlu merogoh kocek cukup dalam hingga kisaran hampir 14 jutaan, dimana produsen sendiri membandrol ROG SWIFT PG259QN dengan harga SRP sebesar 13.999.000. Sangat mahal dan pastinya enggak banget deh buat mereka yang punya budget terbatas.

ROG SWIFT PG259QN

Tapi, ASUS sendiri mengatakan bahwa perangkat ini lebih dikhususkan untuk gamer eSport yang menginginkan hasil sempurna untuk setiap pertandingan yang mereka jalani, meskipun masih memungkinkan juga sih untuk gamer kasual yang enggak punya kebutuhan lebih. Cuman, enggak ada kata budget pada monitor ini, dan pilihan murah tidak ada dalam kamusnya.

Spesifikasi ROG SWIFT PG259QN

  • Screen Size : 24.5″
  • Resolution : 1920 x 1080
  • Refresh Rate : 360 Hz
  • Response Time (G2G) : 1 ms
  • Panel Type : IPS
  • Aspect Ratio : 16:9
  • Color : Black / Orange
  • Brightness : 400 cd/m²
  • Widescreen : Yes
  • Interface : 1x HDMI, 1x DisplayPort,
  • Frame Sync : G-Sync
  • Built-in Speakers : No
  • Viewing Angle : 178° H x 178° V
  • Harga : Rp 13.999.000 (Cek harga terbaru disini)

Detail spesifikasi internal juga mungkin masih terlihat biasa, dengan ruang resolusi default hingga Full HD (1920×1080), dukungan aspek rasio 16:9, tipe panel IPS dan memiliki sudut pandang yang luas hingga 178 ° / 178  , brightness hingga 400cd/㎡, Contrast Ratio 1000:1, waktu respon 1ms(GTG), Display Colors 10 bit, dan dukungan HDR10. Dukungan Nvidia G-Sync juga berlaku, yang setidaknya bakal membawa gameplay semakin halus dan bebas screen tearing.

ROG SWIFT PG259QN

Namun apa yang membuatnya jauh lebih menarik adalah refresh rate yang tinggi hingga 360Hz. Artinya bahwa monitor ini bisa memenuhi game cepat yang membutuhkan banyak akselerasi, dimana setiap frame yang hadir sangat berpengaruh. Tapi bukan berarti refresh rate dengan frame rate pada game bisa dibilang sama, karena itu sama sekali berbeda.

Refresh Rate Tinggi Ngaruh Buat Gaming?

Ini semua berkaitan dengan latency, semakin tinggi refresh rate yang ditawarkan perangkat, maka latency dalam gaming bisa lebih rendah. Semakin rendah latency, maka semakin baik respon dalam gaming. Jadi, pengalaman bermain game yang butuh akselerasi tinggi bakal lebih halus dan tentu saja nyaman untuk dilalui.

ROG SWIFT PG259QN

Kembali ke pertanyaan sebelumnya, apakah gamer benar-benar butuh refresh rate setinggi itu untuk memulai? Ya dan tidak, karena ini semua perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan hardware untuk bisa memenuhi kebutuhan tinggi tersebut atau boleh dikatakan sebagai penyeimbang yang baik.

Sebagai contoh, ketika kalian seorang gamer eSport kasual dengan segala keterbasan hardware yang hanya mampu memberikan fps dibawah 100, disisi lain kalian udah merasa nyaman dengan hal tersebut, maka kehadiran ROG SWIFT PG259QN enggak akan berpengaruh banget.

ROG SWIFT PG259QN

Beda halnya untuk gamer enthusiast yang butuh segala aspek agar setidaknya peluang win rate dalam sebuah pertandingan semakin besar untuk dicapai, maka kehadiran monitor gaming ini setidaknya bakal memberikan kepastian pasti untuk beraksi lebih baik.

ROG SWIFT PG259QN

Tapi mengapa harus berkaitan dengan game eSport? Apakah level gaming AAA tidak berlaku? Letak perbedaannya adalah point of view, dimana AAA gaming lebih mengedepankan kualitas visual dengan sajian gameplay yang sama positifnya, sedangkan game eSport lebih mengedepankan akselerasi yang butuh aksi cepat, terlebih lagi fitur multi-player yang hadir, entah secara offline atau online.

Semakin hari, perangkat pendukung eSport gaming semakin positif. Dan ASUS ROG SWIFT PG259QN bisa menjadi yang terdepan untuk menghadirkan pilihan gaming gear terbaik untuk mereka. 360Hz mungkin agak berlebihan untuk memulai eSport gaming kasual, namun setidaknya waktu respon yang lebih efektif akan memberikan keuntungan untuk bergerak lebih cepat dibanding mereka yang masih memiliki keterbatasan dalam perangkat pendukung. Meskipun, monitor dengan 240Hz dan 360Hz memiliki perbedaan yang sangat sedikit ketika melihat perbandingan nyatanya dalam gaming.

Tapi, tetap saja, mereka yang terbiasa dengan akselerasi gaming cepat akan mengetahui perbedaan nyata saat refresh rate 360Hz berlaku yang bahkan menawarkan akselerasi lebih responsif dibanding monitor 240Hz atau dibawahnya.

Kesimpulan

Gimana sejauh ini menurut kalian? ROG SWIFT PG259QN bisa membawa era baru bagi gamer enthusiast yang menginginkan monitor terbaik dengan akselerasi tertinggi untuk pergi. Kehadiran refresh rate yang superior hingga 360Hz tentu enggak bisa dipandang sebelah mata, yang bahkan belum bisa ditawarkan produsen lain dengan pilihan hampir sempurna.

ROG SWIFT PG259QN

Cuman, harga tentu enggak datang dengan murah dimana kalian perlu mengeluarkan anggaran hingga 14 jutaan kurang. Disisi lain, resolusi masih terbatas pada level 1080p (1920×1080). Dan untuk mendapatkan potensi terbaiknya pada perangkat ini, kalian tentu butuh perangkat pendukung yang juga. Seperti kebutuhan grafis high-end, yang setidaknya bisa memberikan fps di atas 300 untuk melihat perbedaan sesungguhnya dari refresh rate tinggi ini.

Tapi, harga mahal bisa sepadan dengan nilai istimewa yang ditawarkan ROG SWIFT PG259QN. Dan enggak refresh rate tinggi aja yang bisa kalian dapatkan, kualitas visual maupun desain premium juga berharga. Untuk itulah, kami rasa monitor gaming ini layak mendapatkan penghargaan sebagai Monitor Gaming Terbaik Tahun 2020 dengan nilai eksklusif yang istimewa dan segudang pesona positif.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami mengenai monitor gaming terbaru ROG SWIFT PG259QN dari ASUS. Meskipun enggak sepenuhnya kami ungkap, namun kami harap semoga bermanfaat ya.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts