AMD Radeon RX 6800 Reference Review : Desain Premium, Performa Makin Superior

AMD Radeon RX 6800 Reference punya banyak hal menarik sebagai salah satu GPU handal tahun ini, bahkan bisa jadi yang paling ideal jika melihat performa nyata yang ditawarkan. Disisi lain, AMD merevolusi desain dengan kesan jauh lebih premium, termasuk sisi pendinginan yang memiliki potensi jauh lebih positif.

Penasaran? Simak lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : 6 Pilihan Prosesor Desktop Terbaik Tahun 2020

AMD Radeon RX 6800 Reference Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Harga udah pasti mahal buat dibicarain, yang bahkan sedikit lebih mahal dibanding RTX 3070. Disisi lain, edisi reference punya stok yang agak terbatas dan cukup langka dipasaran. Tapi, ada sesuatu yang revolusiner dalam hal desain, dimana itu enggak berlaku buat pendinginan aja, namun nilai sajian premiumnya sangat kental.

AMD Radeon RX 6800 Reference

1. Desain

Dengan ukuran yang ideal, kalian bisa masang VGA ini pada hampir semua kebanyakan case modern, entah itu ATX atau micro ATX. Panjangnya cuman sekitar 26 cm dan cuman butuh space 2 slot, itu tentu enggak makan ruang banyak. Sedikit minimalis, dan kami rasa lebih elegan.

AMD Radeon RX 6800 Reference

Tapi, Radeon RX 6800 Reference butuh syarat PSU minimum yang agak besar hingga 650W lewat 8 pin power kali dua. Kebutuhan daya tinggi bisa mengisyaratkan kalo VGA ini bakal narik konsumsi daya yang cukup besar, meskipun urusan kinerja juga bisa lebih superior.

AMD Radeon RX 6800 Reference

Setiap detail finishing bakal memberikan estetika lebih, entah itu pilihan combo warna yang hadir plus look premiumnya kerasa dan bener-bener nyaman banget saat ngeliat VGA ini.

Bagian backplate sangat clean dengan pilihan warna silver, dan unsur logo radeon bakal ngasi symbol besar bagi penggemar. Sedangkan konektivitas IO, ada 3 opsi yang disediain VGA ini, yaitu display port, HDMI dan USB Type C. Minimalis, tapi mencukupi.

AMD Radeon RX 6800 Reference

3 fan hadir pada VGA ini, bukti nyata juga sih sebenernya kalo produsen dengerin keluh kesah reviewer kalo edisi reference lama belum ampuh buat mendinginkan suhu. Jadi, ada isyarat kalo pendinginan pada RX 6800 bakal cukup ampuh.

AMD Radeon RX 6800 Reference

2. Detail Spesifikasi

Spesifikasi Inti Radeon RX 6800 Reference
Compute Units 60
Boost Frequency Up to 2105 MHz
Game Frequency Up to 1815 MHz
Ray Accelerators 60
ROPs 96
Stream Processors 3840
Texture Units 240
Transistor Count 26.8 B
GPU Power 250 W
Minimum PSU Recommendation 650 W
Infinity Cache 128 MB
Memory Speed 16 Gbps
Max Memory Size 16 GB
Memory Type GDDR6
Memory Interface 256-bit
Memory Bandwidth Up to 512 GB/s

Kekuatan inti dari Radeon RX 6800 adalah 16GB GDDR6 dengan lebar memori bus 256-bit, plus sajian memori bandwith besar hingga 512 GB/s. Apa yang menarik, VGA ini bawa spek extra dengan apa yang mereka sebut sebagai Infinity Cache sebesar 128 MB. AMD mengklaim bahwa itu akan memboosting kinerja bisa jauh lebih efektif.

AMD Radeon RX 6800 Reference

Pertanyaannya, apa sih Infinity Cache itu sendiri? Ini merupakan Cache data last-level yang cocok untuk gaming 4K dan 1440p dengan level detail tertinggi diaktifkan. 128 MB cache on-die diklaim bakal mengurangi latensi dan konsumsi daya, dan secara bersamaan akan memberikan performa gaming keseluruhan yang lebih tinggi dibanding desain arsitektur tradisional.

Kami rasa, itu merupakan bonus tenaga extra yang dibuat khusus hanya untuk jajaran kartu grafis AMD untuk memberikan daya dan performa bisa lebih efektif bagi pengguna. Meskipun perlu dibuktikan lebih lanjut dalam kinerja nyata.

Clockspeed berada di level 1815 MHz dan Max boost frequency hingga 2105 MHz. Jumlah Compute Unit meningkat drastis hingga 60, dan Raster Operators (ROPs) meningkat hingga 96 dengan kekuatan stream processor hingga 3840. GPU power ditetapkan dengan nilai 250W, dan sebagaimana kita ungkap sebelumnya, kalian butuh minimum PSU 650W sebagai rekomendasi ideal untuk pergi.

3. AMD Smart Acces Memory (SAM)

Fitur eksklusif yang dibawa VGA ini juga adalah kehadiran Smart Acces Memory atau disingkat SAM. Dengan hadirnya Smart Access Memory, saluran data diperluas agar bisa memanfaatkan potensi penuh dari memori GPU, memanfaatkan bandwidth PCI Express® untuk menghilangkan bottleneck dan tentu saja bisa meningkatkan kinerja.

Jadi, AMD tampaknya tidak perlu membutuhkan interface lebar memori yang besar agar kinerja yang VGA bisa lebih efektif. Hasilnya, framerate bisa meningkat cukup signifikan, meskipun enggak semua game berlaku.

Tapi untuk bisa mengaktifkan fitur ini, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi. Pertama adalah pilihan hardware, dimana AMD mengisyaratkaan bahwa hanya prosesor terbaru Ryzen 500 series dan Motherboard seri 500 bisa memenuhi SAM agar bisa bekerja optimal.

4. Kinerja

Bagaimana dengan kinerja? Sangat positif, terlebih lagi bisa memberikan performa yang sedikit lebih baik dibanding RTX 3070 yang udah kami coba sebelumnya. Kami juga memasukan performa Smart Acces Memory untuk melihat perbedaan framerate yang ditawarkan, khususnya di resolusi 1440p maupun 4K.

AMD Radeon RX 6800 Reference

3DMark Time Spy

AMD Radeon RX 6800 Reference

3DMark Time Spy bisa jadi awal yang baik untuk menunjukan skor grafis yang bisa dicapai Radeon RX 6800, yang ternyata punya selisih cukup besar dibanding RTX 3070. Itu tentu bisa jadi pertanda kalau VGA ini juga memiliki potensi kinerja besar secara realtime.

Shadow Of The Tomb Raider

AMD Radeon RX 6800 Reference

Game ini masih ideal untuk menentukan seberapa baik perangkat grafis dalam hal performa nyata yang ditawarkannya. Dan RX 6800 bisa cukup positif dengan skor fps rata-rata hingga 122 di resolusi 1440p, dan hingga 67 pada resolusi 4K. perbedaan enggak terlalu jauh dibanding RTX 3070, tapi tetep lebih tinggi.

Cyberpunk 2077

AMD Radeon RX 6800 Reference

Game terbaru yang sangat menjanjikan ini bisa jadi arti positif ketika kalian punya perangkat grafis Tangguh sebagai modal awalnya. Dan Radeon RX 6800 bisa ideal untuk pergi, meskipun pada resolusi 4k rata kanan, fps drop cukup signifikan dengan rata-rata hanya mampu mencapai framerate 30, dan boosting performa SAM juga enggak terlalu efektif dengan fps rata-rata hingga 34. Kita rasa, best scenario untuk game ini berada di level 1440p, atau kualitas sedikit dikurangi.

Horizon Zero Dawn

AMD Radeon RX 6800 Reference

Horizon Zero Dawn juga bisa jadi penunjuk ideal mengenai seberapa hebat VGA dalam upaya untuk menangani kekuatan grafis yang tinggi. Dan nyatanya, Radeon RX 6800 reference bisa sangat positif yang bahkan belum bisa ditawarkan RTX 3070 atau 2080 Ti, baik diresolusi 4K atau 1440p.

Gears 5

AMD Radeon RX 6800 Reference

Terakhir adalah Gears 5. Game ini mungkin udah cukup lama, namun bisa jadi pembanding yang baik tentang seberapa hebat Radeon RX 6800 mampu bersaing dengan VGA lain pada kelas yang sama. Hasilnya cukup positif, yang bahkan bisa memberikan framerate tinggi, entah di resolusi 4K atau 1440p.

5. Suhu & Konsumsi Daya

Suhu kini lebih baik, ketika edisi reference lama masih punya banyak minus, sekarang enggak berlaku yang bahkan kami rasa lebih positif. Suhu rata-rata saat sedang bermain game bisa mencapai 74 ° celcius, dan itu benar-benar aman. Disisi lain, fan juga tenang dan enggak terlalu berisik.

AMD Radeon RX 6800 Reference

Sedangkan untuk konsumsi daya, Radeon RX 6800 bisa narik daya yang cukup tinggi, bahkan sedikit lebih tinggi dibanding RTX 3070. Tapi, itu masih dalam kisaran aman dan enggak terlalu ngaruh banget ketika melihat performa yang ditawarkan.

AMD Radeon RX 6800 Reference

6. Kesimpulan

Jadi, gimana sejauh ini menurut kalian? AMD Radeon RX 6800 edisi Reference tampaknya punya nilai istimewa enggak cuma dari kinerjanya aja, namun juga berlaku juga buat urusan desain. Performa gaming 4K yang Tangguh, yang bahkan sedikit lebih baik dibanding RTX 3070. Semua hal tersebut disempurnakan dengan desain premium yang terkadang justru bisa jadi paket meyakinkan untuk menggoda penggemar untuk lebih tertarik membeli perangkat ini.

Intinya, ada banyak hal positif yang bisa kalian dapetin, cuman harga tentu enggak datang dengan murah dimana kalian perlu ngeluarin anggaran diatas 12 jutaan atau bahkan lebih. Itu tentu sangat berat, terlebih lagi buat budget user, atau mereka yang hanya menginginkan pilihan yang mencukupi.

Misalnya, RTX 3070 kami rasa lebih pas ketika bicara mengenai harga, tapi kinerja sedikit dibawah Radeon RX 6800. Apa yang menariknya, VGA terbaru AMD punya kekuatan misteri yang bahkan bisa memberikan performa jauh lebih superior, seperti kehadiran Smart Acces Memory. Tapi, ada syarat tertentu, seperti pilihan hardware terbaru.

Terlepas dari itu semua, kami rasa  AMD Radeon RX 6800 edisi Reference layak banget kok untuk dipertimbangkan, khususnya ketika kalian akan membangun PC terbaru yang solid dengan budget besar. Dan kami rasa, VGA ini layak untuk mendapatkan award istimewa sebagai salah satu perangkat grafis paling direkomendasikan dari kami tahun ini, tentu saja jika kalian memiliki budgetnya.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang VGA terbaru AMD ini. Meskipun belum diungkap semuanya, yang pasti semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts