ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800 Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

Ketika pilihan komponen PC high-end jadi prioritas utama kalian dan butuh VGA handal, maka ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800 bisa jadi opsi solid untuk memulai. Prioritas pada perangkat gaming ini bukanlah nilai estetika, namun lebih berlaku pada performa maupun pilihan komponen yang solid.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming Review : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Dari sekian banyaknya produk hebat diluar sana untuk urusan kartu grafis, ASUS TUF Gaming series jadi salah satu opsi menarik untuk dimiliki. Nilai estetika seperti dukungan RGB lighting mungkin enggak berlaku lebih, tapi sisi ketahanan dan kinerja yang baik entah performa keseluruhan maupun kualitas pendinginan bisa memberikan sesuatu yang berharga buat pengguna.

Dan salah satu contoh nyatanya adalah TUF Gaming Radeon RX 6800 yang punya wibawa besar buat konsumen modern. Kesan tangguh dan siap memberikan makna positif siap dibawa perangkat gaming ini. Meskipun, untuk mendapatkannya enggak datang dengan harga murah, melainkan kalian perlu mengeluarkan anggaran hingga belasan juta.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Betapa tidak, ASUS sendiri memberikan nilai SRP (suggested retail price) sebesar Rp 13.799.000, dimana nilai tersebut jauh lebih mahal dibanding seri RTX 3070 dari TUF gaming yang udah kami coba dengan selisih sekitar 1 jutaan lebih.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Tapi, ada hal yang bisa sangat istimewa pada TUF Gaming Radeon RX 6800. Salah satu alasan utamanya adalah performa yang solid, entah untuk gaming 4k superior ataupun perangkat yang handal untuk pembuatan konten. Spesifikasi yang ditawarkan punya arti besar, dan itupun berlaku juga buat desain.

Spesifikasi Inti ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800
Graphic Engine AMD Radeon RX 6800
Bus Standard PCI Express 4.0
Video Memory 16GB GDDR6
Stream Processors 3840
Engine Clock Up to 2190 Mhz
Memory Speed 16 Gbps
Memory Interface 256-bit
Interface Yes x 1 (Native HDMI 2.1)
Yes x 3 (Native DisplayPort 1.4a)
HDCP Support Yes (2.3)
NVlink/ Crossfire Support Yes
Dimensions 31 x 14.02 x 5.78 Centimeter
Recommended PSU 650W
Power Connectors 2 x 8-pin
Slot 2.9 Slot
Harga Rp13.799.000

Desain

Ok, mari kita sedikit bicara mengenai desain, dimana secara utuh TUF Gaming Radeon RX 6800 memiliki ukuran yang sangat besar. Kalian bahkan butuh case dengan ruang extra agar bisa menampung VGA ini yang memiliki panjang sekitar 31 cm, lebar sekitar 14 cm dan ketebalan sekitar 5.7 cm dan bakal memakan ruang hingga 2.9 slot atau hampir 3 slot.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Enggak ada embel-embel RGB lighting yang melekat, namun desain secara utuh punya aura yang sangat positif dengan finishing yang sangat rapi dan berwibawa. Dukungan fan juga bisa lebih baik, dimana kehadiran triple fan jadi opsi sempurna untuk mendinginkan perangkat semakin efektif.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Dukungan axial tech dengan bantalan kipas bola ganda dan bilah ekstra jadi sesuatu yang menarik untuk diungkap, termasuk heatsink tebal juga bakal jaga suhu tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Dan kalian butuh PSU minimum 650W sebagai batasan aman sebelum membeli VGA ini melalui 2x 8 pin power, karena ada isyarat bahwa konsumsi daya yang dikeluarkan akan cukup besar jika melihat dari spesifikasi tinggi yang hadir pada perangkat tersebut.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Sedangkan untuk interface I/O, ada total 4 pilihan yang disediakan untuk menyempurnakan dukungan multidisplay ataupun opsi lengkap bagi pengguna, antara sebuah port HDMI 2.1, dan 3 displayport. Dukungan HDCP 2.3 juga berlaku.

Spesifikasi Internal

Buat urusan spesifikasi, TUF Gaming Radeon RX 6800 hadir dengan kekuatan VRAM sebesar 16GB GDDR6, memori interface 256-bit, 3840 Stream Processor dengan memori speed bisa mencapai 16 Gbps yang tinggi dan bisa memberikan kinerja memory bandwith hingga 512 GB/s.

GPU ini memiliki kekuatan GPU Power yang besar, dimana secara default hadir dengan TDP sebesar 250W. Sehingga, syarat PSU minimum 650W tentu wajib dipenuhi untuk bisa memenuhi kebutuhan daya perangkat.

Apa yang menarik dan jalan baru produsen untuk bisa memenuhi kinerja tinggi yang dibutuhkan konsumen adalah kehadiran infinity cache sebesar 128MB. Singkatnya, Infinity Cache bisa memberikan kinerja 4K yang lebih positif tanpa harus membutuhkan lebar memori bus yang lebih besar atau memori GDDR6X yang lebih cepat.

Dibangun pada proses manufaktur 7nm, ada isyarat lain kalau konsumsi daya bisa semakin efektif, meskipun masih dalam hitungan besar sih jika melihat spesifikasi megah yang ditawarkan. Sedangkan untuk mendukung performa yang bisa ideal bagi gamer modern, ASUS membawa clockspeed TUF gaming hingga speed 2190 Mhz, meskipun kenyataanya bisa berlaku jauh lebih tinggi.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Hal terbaik yang bisa dibawa VGA ini adalah kehadiran Smart Acces Memory (SAM) untuk mendapatkan performa yang jauh lebih superior. Fitur ini ibarat senjata rahasia AMD yang hanya bisa dilakukan ketika syarat udah bisa terpenuhi. Sebagai contoh, kalian bisa mengaktifkan fitur ini kalo memakai prosesor terbaru Ryzen 5000 Series dan motherboard seri 500, khususnya antara X570 maupun B550.

Kinerja

Bagaimana dengan performa? Overall, Radeon RX 6800 dengan seri TUF Gaming punya kinerja sedikit lebih baik dibanding RTX 3070 pada beberapa brand yang udah kami coba dengan selisih sekitar 7 %, bahkan bisa lebih jauh ketika SAM aktif.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

3DMark Time Spy

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Skor grafis 3d Mark Time Spy bisa jadi penunjuk ideal bagaimana perangkat ini punya hasil awal yang baik dengan skor mencapai 15370, lebih baik dibanding RTX 3070 yang memiliki skor paling tinggi hingga 14015.

Shadow Of The Tomb Raider

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Untuk gaming, kami mulai dengan Shadow Of The Tomb Raider pada beberapa resolusi yang berbeda, antara 4k maupun 1440p. TUF Gaming Radeon RX 6800 duduk di posisi kedua setelah RTX 3080 yang mampu memberikan framerate tinggi, apalagi saat Smart Acces Memory aktif.

Marvel’s Avenger

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Game terbaru Marvel’s Avenger juga bisa jadi ide yang baik buat nunjukin performa Radeon RX 6800 dengan framerate rata-rata mencapai 58, sedikit tertinggal dibanding RTX 3070. Namun itu enggak berlaku kalau SAM aktif.

Cyberpunk 2077

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Cyberpunk 2077 juga bisa jadi sesuatu yang menarik buat nunjukin kinerja RX 6800, yang nyatanya bisa lebih baik dibanding RTX 3070 dengan framerate rata-rata mencapai 59, tapi 4k agak terhempas dengan fps 31. SAM juga enggak terlalu banyak menolong, meskipun ada kenaikan framerate.

Horizon Zero Dawn : Complete Edition

Game portingan ini juga masih sangat menyenangkan, khususnya ketika berkaitan dengan kualitas grafis. Pokoknya GPU bound banget deh, dan bisa jadi ide yang baik buat menunjukan kinerja RX 6800 dengan overall performa lebih baik dibanding RTX 3070 yang bahkan mencapai perbedaan sekitar 5% di gaming 4k.

Gears 5

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Terakhir adalah Gears 5, salah satu game favorit kami yang nyatanya butuh perangkat grafis high-end ketika ingin membawa kualitas grafis jauh lebih istimewa. Pada resolusi 4k, TUF gaming berhasil mendekati RTX 3080 dengan fps 68, khususnya ketika SAM berlaku.

Konsumsi Daya & Suhu

Suhu bisa cukup baik, meskipun bukanlah yang paling efektif sih. Suhu rata-rata saat gaming bisa mencapai 71° celcius dan idle mencapai 41° hingga 50 ° celcius. Masih aman, tapi pilihan terbaik berada pada TUF gaming RTX 3070.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Sedangkan konsumsi daya sedikit lebih besar dibanding RTX 3070 hingga 172 Watt, namun masih dalam kisaran positif. Terlebih lagi, kinerja tinggi tentu butuh pengorbanan extra, dan salah satunya adalah konsumsi daya.

Kesimpulan

Gimana sejauh ini? Kami rasa ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800 OC Edition bisa layak untuk kalian pertimbangkan, terlebih lagi ketika punya budget extra dan ingin mendapatkan pilihan yang lebih baik dibanding RTX 3070. Disamping itu, VGA ini bakal jadi mesin sempurna untuk kinerja gaming 4k yang bahkan bisa membuat pemilik RTX 2080 menangis. Kinerja yang jauh lebih superior, pendinginan yang solid, dan kualitas komponen yang berharga.

ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800

Perangkat ini bisa bertahan cukup lama, namun butuh konsumsi daya yang besar plus pilihan PSU minimum juga berlaku sama. Dan harga bisa menjadi pemberat yang cukup signifikan, namun worth sih jika melihat situasi ketika RTX 2080 Ti mampu dipecundangi dengan baik, dan sedikit lebih efektif dibanding RTX 3070.  Estetika bukanlah yang terbaik, namun jika itu bukan masalah, maka TUF Gaming Radeon RX 6800 tentu jadi pilihan utama kalian.

Apa yang menariknya, VGA ini bisa jadi penyempurna ketika udah memiliki prosesor terbaru Ryzen 5000 Series. Kehadiran AMD Smart Acces akan membawa evolusi baru bagaimana performa bakal jauh lebih superior, dan itu pasti sangat positif demi terciptanya pengalaman bermain game yang lancar, atau bahkan pembuatan konten yang nyaman.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang TUF Gaming Radeon RX 6800. Meskipun belum diungkap semuanya, yang pasti semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts