ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming Review : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Nvidia GeForce RTX 3080 mungkin punya harga yang sangat mahal untuk kebanyakan PC Builder, namun ketika kalian salah satu orang yang enggak terbatas dengan budget dan butuh pilihan paling handal, maka ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming bisa jadi kandidat yang ideal untuk dipertimbangkan. Kualitas yang ditawarkan VGA ini bisa jauh lebih berharga, termasuk dukungan pendinginan yang efektif.

Cuman untuk lebih pastinya, simak detail reviewnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3070 OC Review : Pendingin Paling SOLID

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Apa yang ditawarkan seri TUF Gaming mungkin enggak terlalu mencolok ketika berkaitan dengan estetika. Namun aura yang dibawa bisa sangat meyakinkan, terlebih lagi ketika kalian enggak butuh fitur RGB Lighting yang heboh namun masih memiliki nuansa gahar. Dengan membawa warna hitam solid plus finishing yang sangat rapi, enggak ada minus berarti yang hadir pada seri TUF gaming ini.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Tapi, pengguna butuh budget yang sangat besar, karena ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming hadir dengan harga di kisaran 16 jutaan. Namun, produsen memberikan garansi yang cukup panjang hingga 3 tahun melalui distributor PT Sempurna.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Kebutuhan daya juga juga tinggi, dimana produsen memberikan batasan minimum PSU hingga 750W lewat 2x 8 pin. Sedangkan untuk kebutuhan pendinginan, VGA ini hadir dengan triple fan yang memiliki teknologi axial yang diklaim bakal memberikan kinerja pendinginan paling efektif, termasuk juga heat spreader extra tebal yang memakan ruang hingga 2.7 slot.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Spesifikasi Internal

Spesifikasi ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming
Graphic Engine NVIDIA® GeForce RTX™ 3080
Bus Standard PCI Express 4.0
OpenGL OpenGL®4.6
Video Memory 10GB GDDR6X
Engine Clock OC Mode – 1740 MHz (Boost Clock)
CUDA Core 8704
Memory Speed 19 Gbps
Memory Interface 320-bit
Resolution Digital Max Resolution 7680 x 4320
Interface Yes x 2 (Native HDMI 2.1)
Yes x 3 (Native DisplayPort 1.4a)
HDCP Support Yes (2.3)
Maximum Display Support 4
Dimensions 29.99 x 12.69 x 5.16 cm
Recommended PSU 850W
Power Connectors 2 x 8-pin
Slot 2.7 Slot
Harga IDR 16.213.000

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming itu sendiri bawa kekuatan superior dengan paket VRAM 10GB GDDR6X (Micron), 320 Bit lebar memory bus, 8704 CUDA Cores, 760 GB/s memory Bandwith dan clockspeed up to 1785 Mhz.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Arsitektur Ampere jadi kunci besar bagaimana RTX 3080 bakal memberikan performa jauh lebih efektif. dibangun pada proses manufaktur 8 nm Samsung, 28 miliar transistor, arsitektur NVIDIA Ampere memiliki banyak modal berharga untuk memenuhi kebutuhan gamer ataupun pembuat konten yang sangat menuntut. Disisi lain, konsumsi daya juga jauh lebih positif, meskipun masih dalam tahapan yang relatif cukup besar sih. Tentu, kekuatan besar perlu pengorbanan extra, termasuk buat urusan konsumsi daya.

Dukungan fitur istimewa seperti Ray tracing, DLSS, resolusi tinggi, latensi ultra-low, bahkan AI-enhanced NVIDIA Broadcast streaming juga kini lebih disempurnakan, bahkan produsen mengklaim kalau barisan teknologi ini jauh lebih meningkat buat dobrak performa semakin menjanjikan.

Kinerja

Bagaimana dengan performa? Ini bisa melebihi banyak harapan gamer dengan nilai fps yang bahkan bisa melebihi apa yang pernah didobrak RTX 2080 Ti. Dan kami rasa, performa bisa jauh lebih sepadan dengan bandrol harga, yang bahkan nilainya belum menyentuh RTX 2080 Ti ketika pertama kali dirilis, atau bahkan hingga sekarang yang masih sangat mahal untuk didapatkan.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

3D Mark Time Spy Graphic Score

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Sebagai contoh teoritis, tes 3D Mark Time Spy bisa jadi awal yang baik untuk menunjukan hegemoni baru RTX 3080 lewat TUF Gaming dengan skor paling tinggi, khususnya untuk Graphic Score.

Blender 2.9

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Dan nyatanya, VGA ini juga bisa jadi mesin berharga untuk pembuatan konten, seperti ketika VGA ini jadi perangkat tercepat saat proses rendering software Blender pada skema BMW27 atau bahkan Classroom, baik CUDA maupun OPTIX.

Shadow Of The Tomb raider

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Gaming 4K tampaknya bukan jadi hambatan berarti untuk VGA ini dengan kualitas maksimal, bahkan bisa menghasilkan nilai fps tinggi melebihi 60 untuk game menuntut sekalipun. Sebagaimana contoh, Shadow Of The Tomb raider bisa dilibas dengan fps rata-rata hingga 79, jauh melebihi apa yang pernag ditawarkan RTX 2080 Ti.

Battlefield V

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Pada game Battlefield V, RTX 3080 TUF Gaming bahkan bisa menghasilkan fps rata-rata hingga 118 pada pengaturan Ultra setting, sesuatu yang juga belum bisa didobrak RTX 2080 Ti pada level 4K.

Marvel’s Avenger

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Ketika game ini butuh kekuatan grafis extra, maka RTX 3080 TUF Gaming bisa memberikan kebutuhan yang jauh lebih mencukupi dengan fps rata-rata bisa mencapai 80 di gaming 4k, dan bisa melebihi ambang 120 fps pada resolusi 1440p.

Cyberpunk 2077

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Kami juga memasukan game terbaru yang benar-benar seru untuk dimainkan, yang tidak lain adalah Cyberpunk 2077. Nyatanya, game ini butuh perangkat grafis dengan kekuatan besar. bahkan RTX 3080 TUF Gaming Series hanya mampu memberikan fps rata-rata 40 saja, itu pun belum termasuk Ray Tracing aktif.

DLSS & Ray Tracing Performance

Nvidia DLSS kami rasa jadi penyempurna untuk memberikan peningkatan kinerja yang lebih efektif. Bahkan, bisa jadi combo ampuh untuk memperbaiki frame yang drop ketika fitur Ray tracing aktif. Sebagaimana contoh, pada game Control, ketika fitur ray tracing aktif dengan DLSS off, fps drop sangat signifikan. Namun ketika DLSS aktif, framerate meningkat, meskipun masih ada penurunan sih jika ray tracing enggak aktif.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Apa keuntungannya buat pengguna? Intinya sih dua teknologi ini akan memberikan nilai visual yang jauh lebih nyaman untuk dilalui. Yang berarti pengalaman saat bermain game bakal semakin seru tanpa harus mengalami banyak kendala.

Suhu & Konsumsi Daya

Suhu sangat nyaman, meskipun saat sedang bekerja tinggi, fan agak sedikit berisik. Namun itu enggak terlalu menganggu banget sih. Yang terpenting aman, karena suhu rata-rata bisa nyampe hingga 72° celcius saat gaming berlaku. Itu tentu sesuatu yang sangat positif, mengingat bahwa kinerja yang ditawarkan sangat tinggi, termasuk juga spesifikasi.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Sedangkan konsumsi daya, kekuatan besar berarti butuh pengorbanan extra. Untuk itulah, jangan heran kalo VGA ini bakal mengkonsumsi daya hingga diatas 300W saat gaming berlaku, bahkan bisa nyampe 320W ketika beban aplikasi sangat tinggi.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Kesimpulan

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming pastinya enggak datang dengan murah, terlebih lagi segmen high-end hanya terbatas buat orang-orang yang memiliki budget besar. Tapi, jika kalian bagian dari orang-orang ini dan butuh rekomendasi yang tepat, maka VGA ini tentu jadi salah satu pilihan solidnya.

ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming

Nuansa estetika mungkin enggak seheboh pilihan premium ROG Strix series, dimana TUF Gaming lebih menekankan kualitas maupun pilihan komponen yang solid dan tentu saja akan berdampak pada nilai ketahanan perangkat bisa jauh lebih lama. Disisi lain, bonus besar selain performa juga datang dari kualitas fan, dimana pendinginan yang ditawarkan VGA ini cukup efektif untuk menahan suhu dalam batasan aman.

Jadi, itu ulasan singkat kami mengenai ASUS GeForce RTX 3080 TUF Gaming. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti sih semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts