- Gaming Gear, Hardware, Storage

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance SSD Review : Kinerja Solid, Pendingin Extra Worth Banget

SSD hari ini tentu jadi pilihan utama buat konsumen, termasuk pilihan berbasis interface NVMe dengan performa yang jauh lebih superior. Dan ketika kalian sedang mencari pilihan solid, T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance dari TEAMGROUP kayaknya bisa banget buat dipertimbangin.

Ada banyak hal seru yang ditawarkan SSD ini, termasuk fitur pendinginan yang lebih baik. Tapi buat lebih pastinya, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga : TEAMGROUP EX2 Elite SSD Review : Desain Lebih Fresh, Kinerja Kenceng & Terjangkau

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Apa yang jadi daya tarik utama CARDEA II SSD ini adalah kehadiran pendingin extra dalam bentuk heatsink yang cukup besar, dimana mereka menyebutnya sebagai gaming cooling fin. Produsen mengatakan bahwa kehadiran heatsink ini bisa memberikan kinerja pendinginan yang jauh lebih optimal. Itu berarti bahwa kinerja maksimum yang dicapai bisa terus terpenuhi karena suhu tetap dalam kondisi aman, bahkan untuk pemakaian paling ekstrim sekalipun.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Meskipun, terkadang ukuran extra tebal ini bawa nilai kompabilitas yang agak kurang. Contoh, kalian enggak bisa memakainya pada perangkat laptop karena itu butuh ruang yang cukup luas. Atau juga mobo yang terkadang memiliki penutup extra untuk slot M.2 SSD.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Tapi itu sih bukan kendala besar, meskipun jika kalian pengen maksa memakainya di perangkat laptop, heatsink perlu dibuka. Cuman, perlu dicatet juga, produsen memberikan isyarat kalo SSD ini lebih ideal untuk pemakaian PC Desktop dan enggak terlalu disarankan pada laptop.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

TEAMGROUP mengklaim bahwa CARDEA II merupakan SSD M.2 pertama yang bersertifikat TUF Gaming Alliance. Artinya bahwa perangkat ini sudah memenuhi syarat komponen berkualitas tinggi dengan tingkat ketahanan yang baik. Terlebih lagi, label TUF biasanya mengisyaratkan bahwa produk yang memiliki sertifikat ini berarti itu punya daya tahan superior maupun stabilitas yang dapat diandalkan. Itu karena setiap produk TUF Gaming diuji secara ketat untuk stabilitas dan daya tahan, dan enggak sembarang produk bisa memilikinya.

Spesifikasi

Spesifikasi Inti CARDEA ZERO Z340
Interface PCIe 3.0 x4 with NVMe 1.3
Capacity 512GB / 1TB[1]
Color Black
Voltage DC +3.3V
Operation Temperature 0˚C ~ 70˚C
Storage Temperature -40˚C ~ 85˚C
Terabyte Written 512GB / 800 TB
1TB / 1,665TB[2]
Weight 45g
Dimensions 80.1(L) x 23.4(W) x 12.9(H) mm
Humidity RH 90% under 40°C (operational)
Vibration 80Hz~2,000Hz/20G
Shock 1,500G/0.5ms
MTBF 2,000,000 hours
Operating System 1. System Requirements:
Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista[4]
Linux 2.6.33 or later
Warranty 5-year limited warranty

Buat spesifikasi inti, T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance itu sendiri hadir dengan interface PCIe 3.0 x4 NVMe 1.3. Pilihan konfigurasi untuk kapasitas hadir dengan dua varian, antara 512GB dan 1TB. Tidak ada pilihan yang lebih kecil ataupun jauh lebih besar dibanding 1 TB. Namun, SSD ini bisa memenuhi kebutuhan besar pengguna yang menginginkan performa tinggi maupun kapasitas yang cukup luas.

SSD ini sepenuhnya memiliki jenis Flash Nand TLC dengan jumlah 3 bit per sel dengan chipset utama datang dari micron. Triple-level Cell SSD bisa kami bilang sebagai pilihan termurah yang bisa diproduksi produsen dengan tingkat kepadatan yang jauh lebih tinggi. Artinya bahwa produsen bisa memberikan lebih banyak kapasitas besar pada SSD berbasis TLC ini, meskipun ada resiko tersendiri yang berpengaruh dalam hal kinerja maupun daya tahan masih dibawah SSD berbasis SLC maupun MLC.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Untuk itulah, harga yang dihadirkan bisa lebih terjangkau, dimana kalian bisa mendatkan opsi 512GB hingga 1.3 jutaan, atau hingga 2.5 jutaan untuk pilihan 1 TB. Padahal, kalian enggak bisa mendapatkan harga yang sama untuk opsi SSD berbasis SLC maupun MLC, dan pastinya itu jauh lebih mahal.

Bicara mengenai ketahanan, SSD ini memiliki umur TBW (Terabytes Written) hingga 1.665 TB, khususnya untuk pilihan kapasitas terbesar 1TB, dan hingga 800 TB untuk opsi 512GB. Cukup lama dan sangat layak untuk aset storage jangka panjang, dan itulah mengapa TEAMGROUP memberikan garansi hingga 5 tahun lamanya.

CARDEA II TUF Gaming Alliance ini juga memiliki fitur anti guncangan dengan shock resistance hingga 1500G. Cukup baik dan perangkat masih aman jika terjatuh secara tidak disengaja pada beberapa meter, termasuk nilai MTBF hingga 2 juta jam.

SSD ini juga bawa cache extra dengan kapasitas 512MB DDR3 1600Mhz. Setidaknya, kehadiran cache pada SSD akan memberikan ruan extra agar permintaan data dapat dipenuhi dengan kecepatan yang tetap stabil, apalagi jika kalian memiliki perangkat extra seperti hdd yang butu akses lebih lama dibanding SSD.

Kinerja

Bagaimana dengan performa? CARDEA II TUF Gaming Alliance kami rasa punya kinerja yang sangat positif, bahkan enggak cuman pada kinerja sequential read speed aja, namun write speed juga bisa jauh lebih efektif.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Pertama kami mengetesnya melalui software tolak ukur populer AS SSD benchmark pada beberapa skenario. Pada skenario read/write speed sequential, read speed mungkin bukanlah yang terbaik jika dibanding beberapa SSD yang udah kita coba, cuman untuk write speed, SSD ini menawarkan kinerja paling solid, bahkan jauh lebih baik dengan writes speed rata-rata hingga 2.7 GB/s.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Sedangkan untuk IOPS (Input/Output Operations Per Second) yang bisa memperlihatkan seberapa baik SSD bisa menangani lebih banyak operasi per detik bisa dilihat dari skor terbesar, semakin tinggi bisa semakin efektif. Dan itu berlaku buat CARDEA II TUF Gaming Alliance dengan skor IOPS hingga 450K untuk read dan hingga 640K untuk write.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Performa copy duration juga bisa sangat positif dengan hasil rata-rata sedikit lebih cepat dengan beberapa perangkat yang udah kami tes, baik untuk Copy Duration antara ISO, game atau program. Ini bisa memperlihatkan isyarat bahwa kalian bisa membuka apapun yang kalian inginkan dengan menghemat banyak waktu.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Tolak ukur CyrstalDiskbenchmark juga menunjukan hasil yang positif, apalagi buat read speed dengan kinerja jauh lebih superior hingga 2.9GB per detik.

Suhu

Bagaimana dengan suhu, apakah heatsink extra bisa ngaruh banget buat jaga suhu tetap efektif? Suka atau enggak, itu sangat berpengaruh, bahkan cukup signifikan buat jaga suhu bisa aman untuk dilalui, bahkan untuk waktu terlama sekalipun.

Hasilnya, kinerja enggak akan turun langsung, bahkan masih tetap berada dalam kondisi terbaiknya. Contoh, suhu idle mungkin hampir sama dengan beberapa SSD yang hadir tanpa heatsink extra. Namun itu berbeda jauh ketika storage berjalan penuh.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Ketika SSD lain tanpa heatsink bisa memiliki suhu diatas 60° Celcius, maka CARDEA II TUF Gaming Alliance masih tetap nyaman dengan suhu maksimum hingga 53° celcius. Inilah mengapa, SSD ini bisa banget buat diandalkan buat pemakaian paling lama yang bisa kalian pergi tanpa banyak kendala.

Kesimpulan

Bagaimana hingga sejauh ini? CARDEA II TUF Gaming Alliance pastinya layak banget buat kami rekomendasikan sebagai salah satu storage handal pada harga yang lebih pantas. Heatsink extra menjadi solusi berarti untuk menjaga kinerja bisa tetap solid, yang enggak cuman neken suhu tetap dalam kondisi aman, namun bisa memberikan performa tetap positif tanpa mengurangi kecepatan secara signifikan.

Sayangnya, kompabilitas mungkin masih agak terbatas, dimana ini hanya untuk pemakaian desktop saja, enggak bisa dipakai pada laptop. Tentu, heatsink extra berarti itu butuh ruang extra pula. Disisi lain, produsen enggak bawa dukungan software yang terkadang dibutuhkan, seperti update firmware dan sebagainya.

T-FORCE CARDEA II TUF Gaming Alliance

Jadi, terlepas dari semua hal yang telah kita ungkap, CARDEA II TUF Gaming Alliance layak untuk menjadi pilihan berharga buat pembuat konten atau pengguna yang punya banyak kegiatan menuntut dan butuh storage handal untuk pergi. Stabilitas yang baik, harga yang lebih masuk akal dan pastinya kualitas yang ditawarkan jadi nilai unggulan SSD ini.

CARDEA II TUF Gaming Alliance SRP

Varian 512 GB – Rp 1.350.000 (Beli)

Varian 1 TB – Rp 2.550.000 (NA)

Pros :

  • Kinerja Write Speed yang tinggi
  • Dukungan pendinginan yang solid
  • Harga lebih ramah
  • Konfigurasi kapasitas yang luas
  • Garansi & TBW yang panjang

Cons :

  • Enggak ada dukungan software
  • Kompabilitas perangkat agak terbatas

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat