- Audio, Gaming Gear, Hardware, Headset

ASUS ROG Strix Go 2.4 Review : Mudah, Enggak Ribet, Kualitas Audio Solid!

Ketika headset gaming wireless jadi pilihan utama kalian, maka ASUS ROG Strix Go 2.4 pastinya bisa banget jadi rekomendasinya. Kompabilitas yang luas, kemudahan, plus kualitas audio yang solid tentu jadi salah satu nilai unggulannya. Meskipun kita juga enggak memungkiri bahwa sisi minus pun pastinya hadir.

Penasaran? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS Umumkan Jajaran Motherboard A520 Terbaru, termasuk seri TUF Gaming, Prime dan Pro

ASUS ROG Strix Go 2.4 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Gaming gear ASUS ROG punya banyak hal menyenangkan, enggak hanya dikhususkan untuk penggemar saja, namun juga hampir semua kalangan. Hal tersebut berlaku juga untuk seri headset gaming wireless ROG Strix Go 2.4 yang dirilis hampir setahun kemarin, atau tepatnya bulan November 2019.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Cuman, harga yang ditawarkan pastinya enggak datang dengan murah dimana kalian perlu ngeluarin budget sekitar 2.7 jutaan lebih. Mahal, tapi apa yang ditawarkan headset gaming ini bisa berharga, terlebih lagi ketika kalian ingin merasakan banyak hal seru, mulai dari wibawa yang dibawa perangkat, fitur audio, bahkan dukungan software extra yang pastinya bakal nyempurnain ROG Strix Go 2.4 saat dipakai.

Desain

Inti dari ROG Strix Go 2.4 itu sendiri adalah kemudahan, artinya bahwa kalian bisa bawa headset gaming tersebut kemanapun kamu pergi. Karena selain bobot yang ringan dengan bobot sekitar 290 gram, headset ini dukung kompabilitas yang baik.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Artinya bahwa kalian bisa menyambungkannya ke hampir semua perangkat modern, seperti PC, MAC, smartphone, Playstation 4, atau bahkan Nintendo Switch. Jadi, dukungan yang luas tentu akan memberikan banyak hal menarik yang enggak terbatas pada segmen tertentu saja.

Hanya saja, fitur wireless mungkin sedikit terbatas, dimana ini memakai konektor USB Type C yang agak jarang pada ponsel mid-range ke bawah. Untungnya, ASUS juga menyediakan konektor jack 3.5mm ketika pengguna masih punya perangkat yang hanya dukung jack audio, meskipun fitur portabilitasnya akan hilang sementara.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Desain secara utuh sangat rapi dengan detail finishing yang tentu aja lekat dengan dunia gaming ROG. Logo dibagian kiri maupun kanan sudut terluar earcup maupun sajian warna hitam makin membuat sempurna dalam urusan wibawa, apalagi ketika pengen show off dimanapun kalian berada. ASUS juga membawa kantong khusus yang keren untuk perangkat ini ketika ingin menyimpannya saat bepergian dan enggak butuh ruang extra juga saat menyimpannya.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Earcup yang disajikan juga cukup nyaman untuk hampir semua pengguna, bahkan bisa pegangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sayangnya, mereka enggak menyediakan bonus extra untuk earcup, meskipun pilihan default udah mencukupi sih.

Konektivitas & Tombol

Sebagaimana kita ungkap sebelumnya, ROG Strix Go 2.4 membawa dua pilihan konektivitas, yaitu secara wireless dengan adaptor yang hadir agar bisa terhubung melalui USB Type C dongle. Fitur wireless itu sendiri hadir dengan kecepatan 2,4 GHz.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Ini diklaim bisa menyediakan jangkauan pada jarak yang lebih jauh. Bisa cukup menyenangkan, hanya saja kendalanya adalah kualitas audio akan berkurang atau terputus-putus ketika sudah melebihi jarak 10 meter. Jadi, kalian setidaknya perlu jarak kurang dari 7 meter untuk mendapatkan kualitas audio yang utuh.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Produsen juga membawa konektivitas secara kabel melalui jack audio 3.5mm dengan ukuran panjang 1.8 meter. Setidaknya, konektivitas combo yang ditawarkan pada headset gaming ini bisa melengkapi banyak kebutuhan pengguna, terlebih lagi ketika mereka dihadapkan pada beberapa keterbatasan dalam konektivitas.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Sedangkan untuk tombol secara manual, itu hadir dibagian belakang bagian kiri headset dengan beberapa pilihan, yaitu tombol switch untuk berganti dari fitur wireless on atau off, ketika off itu tersambung secara otomatis ke mode kabel. Kemudian colokan jack audio 3.5mm, tombol untuk pause, play untuk berganti musik, volume.

Charging Level

Buat charging, port yang ditawarkan memakai kabel USB-C dan terletak dibagian kanan headset. Hal terbaiknya, headset ini menawarkan fitur fast charging. Artinya bahwa kalian hanya butuh waktu 15 menit untuk isi daya, dan headset sudah bisa dipakai hingga 3 jam lamanya saat sedang bekerja penuh, dan hingga 25 jam untuk kekuatan baterai saat sedang idle.

Cukup lama, namun saat sedang bekerja penuh agak sedikit haus daya sih. Tapi secara utuh udah ok lah, terlebih lagi itu hanya butuh waktu sebentar untuk isi daya, dan kalian bisa kembali lagi ke sesi permainan.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti ROG Strix Go 2.4
Connector USB (wireless 2.4GHz)
3.5 mm(1/8”) connector Audio/mic combo
Platform PC
MAC
Mobile device
PlayStation® 4
Nintendo Switch
Headphones Driver Driver diameter : 40 mm
Driver material : Neodymium magnet
Impedance 32 Ohm
Frequency Response (headphones) 3.5mm: 10 ~ 40000 Hz
Wireless: 20 ~ 20000 Hz
Noise Cancellation AI Noise Cancellation
Wireless Technology RF 2.4GHz
Battery Type Lithium Polymer
Microphone boom: Bi-directional
Hidden Microphone: Omni-directional
Cable USB-C charging cable: 1m;
3.5 mm audio cable: 1.2 m
Weight 290 g
Harga Rp2.799.000

Headphone yang hadir pada perangkat ini memiliki driver berdiameter 40mm dengan bahan materi Neodymium magnet. Cukup solid, terlebih lagi memiliki impedance mencukupi hingga 32ohms. Biasanya, headphone yang baik memiliki impedance kisaran 25 sd 70 agar bisa memberikan kualitas audio yang tinggi, meskipun itu butuh daya yang lebih besar. Tapi setidaknya bahwa apa yang ditawarkan ROG Strix Go 2.4 bisa jauh lebih mencukupi agar semua hal yang kalian dengarkan pada perangkat akan tetap terjaga dengan baik.

Tapi perlu dicatat bahwa kualitas audio yang ditawarkan akan jauh lebih solid ketika kalian memakai kabel jack 3.5mm dibanding wireless. Itu karena pilihan kabel memiliki rentang frekuensi respon hingga 40000 Hz, berbeda halnya buat fitur nirkabel yang hanya memiliki rentang frekuensi respon max hingga 20000 Hz. Tapi, terkadang dalam beberapa skenario, rentang frekuensi respon enggak selalu memberikan kualitas audio yang baik juga sih.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Headset ini juga dukung AI Noise Cancellation, bahkan jadi salah satu fitur unggulan lain. Artinya bahwa kehadiran fitur ini bisa memberikan jembatan yang jauh lebih efektif buat pengguna saat berkomunikasi lewat Strix Go 2.4, seperti dalam permainan tanpa harus terganggu suara sekitar yang bisa sangat mengganggu. Intinya, kehadiran AI Noise Cancellation akan memberikan kualitas audio yang lebih jernih dan terbebas dari suara background yang mengganggu.

Bicara mengenai komunikasi, perangkat itu sendiri memiliki pilihan lengkap, dimana mereka memberikan dua opsi, yakni melalui Boom Microphone yang bisa dilepas-pasang, ataupun tanpa perangkat extra tersebut, dimana produsen mengatakan bahwa ada microphone yang tersembunyi dengan fitur Omni-directional.

Cuman, kualitas mic yang ditawarkan kami rasa lebih baik ketika kalian memakai Boom Mic yang memiliki tingkat sensitivitas hingga -54 dB , meskipun tingkat frekuensi sama-sama memiliki rentang antara 100 hingga 8000 Hz.

Dukungan Software

Fitur premium yang hadir pada headset ini juga berlaku buat urusan software, yaitu lewat software Armoury Crate. Command centernya segala hal yang berkaitan dengan perangkat ROG, termasuk ROG Strix Go 2.4.

ASUS ROG Strix Go 2.4

Software ini menawarkan banyak hal bermanfaat agar kualitas audio yang ditawarkan headset bisa berlaku jauh lebih efektif. Contoh, kalian bisa optimasi suara, tingkat volume, ngatur equalizer, volume control 7.1, tes recording atau bahkan ngatur daya maupun update firmware. Semua hal tersebut bisa dimungkinkan melalui software tersebut.

Kesimpulan

Jadi, gimana hasilnya? Kami rasa headset gaming ASUS ROG Strix Go 2.4 bisa banget jadi rekomendasi utama kalian ketika menginginkan banyak hal kemudahan, ringan dan enggak ribet saat dibawa kemana aja, termasuk juga estetika yang berwibawa banget. Dukungan kompabilitas luas juga jadi nilai unggulan pasti, bahkan enggak terbatas pada konektivitas nirkabel aja, tapi dukungan kabel jack 3.5mm juga berlaku.

Disisi lain, kehadiran AI Noise Cancellation bisa memberikan kualitas komunikasi suara jauh lebih jernih, dan hal terbaiknya optimisasi suara lewat software Armoury crate akan menyempurnakan apa yang bisa ditawarkan headset gaming tersebut, termasuk fitur fast charging.

Sayangnya, harga mungkin masih jadi kendala dan enggak semua orang bisa membelinya. Selain itu, fitur nirkabel yang ditawarkan agak sedikit terbatas untuk area dengan jarak yang ideal dibawah 10 meter atau kurang. Kami rasa, itu aja sih beberapa sisi minus yang hadir, meskipun enggak ngaruh banget. Kalo kualitas audio sih bisa relatif,

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang ASUS ROG Strix Go 2.4, meskipun enggak semua kita ungkap lebih mendalam. Yang pasti sih, semoga bermanfaat ya!

ASUS ROG Strix Go 2.4

Pros :

  • Mudah, ringan, & dukungan kompabilitas yang luas
  • Software premium Armoury crate untuk hasil terbaik
  • Fast Charging, siap dipakai kembali dalam waktu 15 menit
  • Dukungan AI Noise Cancellation
  • Dual Microphone
  • Estetika lebih positif

Cons :

  • Harga Cukup Mahal
  • Jarak audio Wireless yang agak terbatas

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat