- Hardware, Printer

Epson Ecotank L3110 Review : Lengkap, Harga Pas & Tinta Original Termurah

Printer pastinya jadi kebutuhan extra lain yang berharga bagi pengguna selain PC atau laptop, khususnya buat urusan pencetakan, baik dokumen atau foto. Nah, ketika kalian sedang nyari printer handal yang worth banget hari ini, Epson Ecotank L3110 kayaknya bisa cukup ideal buat kalian pertimbangin.

Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : AMD Ryzen 5 3600XT Review : Kenceng Tapi Butuh CPU Cooler Yang Lebih Nendang

Epson L3110 Printer Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

2 juta pas atau kurang, harga yang ditawarin mungkin bisa dibilang cukup mahal. Tapi jangan salah dulu, printer ini nawarin banyak fitur yang bermanfaat banget dan enggak cuman sekedar buat nyetak aja, tapi lebih dari itu. Intinya, kalian bisa lakukan banyak hal extra pada printer ini, seperti mesin scanner, fotocopy baik warna ataupun hitam putih, dan tentu aja fungsi printer itu sendiri.

Epson L3110

Perangkat ini masuk kategori All-in-one printer, yang berarti ini bawa fungsi extra dalam satu paket lengkap. Dan hal terbaiknya, kehadiran EcoTank dengan istilah mudahnya adalah fungsi infus yang dulu sering kita lihat pada modifikasi printer jadi salah satu sajian utama L3110.

Spesifikasi Inti Epson L3110
Printer Type Print, Scan, Copy
Printing Technology On-demand inkjet (Piezoelectric)
Maximum Print Resolution 5760 x 1440 dpi
Operating System Compatibility Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10
Windows Server 2003 / 2008 / 2012 / 2016
Mac OS X 10.6.8 or later
Interface USB 2.0
Maximum Copies from Standalone: 20 copies
Maximum Copy Size: A4, Letter
Scanner Type Flatbed colour image scanner
Sensor Type:
CIS Optical Resolution:
Number of Paper Trays 1
Standard Paper Input Capacity: Up to 100 sheets-A4 / Letter Plain paper (80 g/m2)
Maximum Paper Size 215.9 x 1200 mm (8.5 x 47.24″)
Dimensions (W x D x H) 375 x 347 x 179 mm
Weight 3.9 kg
Harga Rp1.999.000

Ada banyak alasan mengapa pilihan printer berbasis EcoTank layak banget buat kalian pertimbangin. Pertama itu bakalan ngehemat budget buat segala pencetakan yang dikeluarkan pada setiap tetes tinta yang hadir dengan kapasitas pencetakan dokumen atau foto bisa jauh lebih banyak. Terlebih lagi, printer berbasis Ecotank punya ruang kapasitas tinta lebih luas, termasuk harga pada setiap pilihan warna tinta jauh lebih murah.

Epson Ecotank L3110

Bayangin aja, dengan satu botol tinta yang hadir, kalian bisa mencetak dokumen hingga 4500 halaman untuk warna hitam. Padahal, harga perbotol sangat terjangkau dimana kalian perlu mengeluarkan anggaran di kisaran 75 ribu rupiah saja.

Nah, bicara mengenai tinta, Epson L3110 ini memakai pilihan tinta refill dengan kode 003 dan memiliki 4 pilihan warna, mulai dari Black ink, Cyan, Magenta, dan yellow Ink Bottle. Kalian sudah mendapatkan semua tinta ini saat membeli perangkat printer tersebut.

Epson L3110

Produsen juga membawa kemudahan buat pengguna saat akan mengisi tinta dengan teknologi yang disebut Spill-free anti tumpah melalui teknologi penghenti otomatis dan nozel individual yang sesuai dengan setiap tangki warna yang dirancang. Jadi, tinggal masukan saja botol ke tempat tinta, tunggu sampai level pengisian yang ideal dan Tarik kembali tanpa harus khawatir tinta akan bocor.

Epson L3110

Desain

Bagaimana dengan desain? Ketika nilai sempurna hadir pada fitur multifungsi dan hemat biaya, kualitas materi case yang dibawa printer ini mungkin sepenuhnya enggak terlalu solid, bahkan cukup rentan meskipun finishing desain dirasa memberikan aura positif. Bukan tanpa alasan, produsen tampaknya ingin menjaga harga bisa tetap terjangkau, meskipun pengorbanan terbesar adalah materi case yang enggak terlalu handal.

Epson L3110

Ada 4 tombol yang dihadirkan pada printer ini, termasuk tombol power, 2 tombol untuk copy antara hitam maupun warna (dengan tombol warna biru), dan satu tombol pasif yang kami rasa sebagai indikator seperti ketika ada masalah pada printer, tinta dan sebagainya.

Epson L3110

Paper Tray untuk menyimpan kertas juga bisa menampung banyak kertas sekaligus hingga 100 sheet untuk ukuran kertas A4 dengan ketebalan 80 gram persegi untuk input, dan hingga 30 sheet untuk output.

Beban pada Epson L3110 ini cukup ringan dengan bobot sekitar 3.9Kg sehingga kalian bisa mengangkat printer dengan mudah tanpa banyak kendala. Dimensi yang hadir juga mencukupi dengan ukuran 375 x 347 x 179 mm (WxDxH), jadi setidaknya ini enggak butuh ruang extra untuk menyimpan printer.

Spesifikasi & kinerja

Buat urusan spesifikasi, Epson L3110 ini hadir dengan interface USB 2.0 agar bisa tersambung dengan perangkat extra dengan dukungan sistem operasi cukup banyak, bahkan Windows XP pun masih didukung loh, termasuk Windows terbaru atau MacOS.

Epson L3110

Secara default, printer ini memiliki teknologi printing On-demand inkjet (Piezoelectric) degan metode Bi-directional printing. Resolusi maksimum yang bisa dihadirkan hingga 5760 x 1440 yang cukup besar, setidaknya ini bisa memberikan hasil yang sangat baik buat pencetakan berbasis foto.

Buat proses printing, kegiatan pencetakan foto atau warna dengan ukuran 10x15cm akan menghabiskan waktu hingga 69 detik (border) dan hingga 10 detik untuk basis dokumen ringan dengan warna hitam dengan speed default.

Epson L3110

Sedangkan untuk fitur scan, ini akan menghabiskan proses scanning hingga 32 detik, meskipun tergantung pada pilihan sumber yang kalian pakai. Kalau untuk hitam putih akan menghabiskan waktu yang lebih cepat hingga 11 detik. Tipe scanner yang dibawa pada printer ini adalah Flatbed colour image scanner yang bisa memberikan hasil cukup akurat dan resolusi Resolusi maksimum hingga 600 x 1200 dpi.

Epson L3110

Kegiatan copy dokumen juga cukup nyaman buat dilakukan, dimana Epson mengindikasikan bahwa L3110 ini bisa memberikan kinerja proses fotocopy hingga maksimum 20 dalam waktu yang sama. Hasil yang dihadirkan bisa sangat akurat, termasuk warna hingga resolusi maksimum 300×300 dpi. Dan untuk melakukan proses ini cukup mudah, meskipun sepenuhnya perlu dilakukan secara manual dengan menghitung jumlah tombol copy, baik warna ataupun hitam putih.

Kesimpulan Awal

Epson Ecotank L3110 pada dasarnya bisa banget buat kalian pertimbangkan sebagai pilihan ideal untuk sebuah kasual printer yang punya banyak hal bermanfaat, seperti scan, copy dokumen termasuk juga pencetakan yang jauh lebih efektif. Apa yang menarik adalah kehadiran Ecotank yang bisa memberikan ruang tintan yang besar plus nilai hemat yang berarti memiliki potensi pencetakan yang besar hingga 4500 halaman.

Harga tinta yang ditawarkan juga sangat terjangkau, termasuk kemudahan untuk isi ulang tanpa harus repot atau khawatir tinta akan tumpah dengan kehadiran teknologi khusus. Hal tersebut juga disempurnakan dengan garansi cukup panjang hingga 2 tahun atau sampai setidaknya pengguna sudah melakukan pencetakan hingga 30 ribu.

Epson L3110

Cuman, kualitas materi yang dibawa mungkin agak riskan dan rentan, jadi kalian perlu hati-hati saat membawa printer ini jangan sampai jatuh. Dan idealnya, printer jangan sampai dijadikan tempat untuk menampung beban dibagian atas, tentu untuk menghindari kerusakan. Nah, kalian juga perlu melakukan proses printing setiap harinya agar tinta enggak kering, meskipun enggak harus setiap waktu. Sekali aja dalma sehari untuk proses cleaning.

Jadi, itu dia ulasan singkat kita mengenai Epson Ecotank L3310 All-in-one Printer, meskipun belum sepenuhnya kita ungkap. Yang pasti, semoga bermanfaat ya!!

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat