- Hardware, Power Supply

Buyer’s Guide : FSP HV PRO 550W, Benefit & Minusnya

Dari semua pilihan PSU hebat dengan harga terjangkau yang udah ada dipasaran hari ini, FSP HV PRO 550W sebenernya bisa banget buat kalian pertimbangkan. Kapasitas watt yang ideal buat PC modern, harga murah, dan hal terbaiknya, produsen masih membawa pilihan komponen solid untuk seri entry level mereka.

Nah, kali ini kita akan ungkap tentang benefit yang bisa ditawarkan FSP HV PRO 550W maupun minusnya. Setidaknya, itu bisa jadi bahan pertimbangan kalian sebelum membeli perangkat extra buat urusan kelistrikan.

Baca juga : Kunci Memilih Power Supply Yang Baik, Pahami Dulu Sebelum Membelinya

FSP HV PRO 550W : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Gamer, pembuat konten, atau bahkan hybrid user pastinya butuh power Supply berharga supaya pasokan listrik pada komponen pc lain bisa terjaga dengan efektif. Disisi lain, terkadang keterbatasan budget jadi salah satu kendala untuk mendapatkan PSU solid, termasuk kapasitas watt yang memadai.

Untungnya, selalu ada pilihan alternatif untuk pergi, salah satunya datang dari FSP dengan pilihan HV PRO series. Ini bisa dibilang jalan penengah bagi pengguna yang menginginkan kualitas power Supply yang handal dengan harga yang lebih menyenangkan. Kalian bahkan enggak perlu repot ngeluarin anggaran besar untuk pergi, karena dengan budget sekitar 500 ribuan, kalian sudah bisa mendapatkan PSU yang worth banget plus kapasitas watt yang besar.

FSP HV PRO 550W

Produsen sendiri memberikan dua pilihan konfigurasi untuk seri FSP HV PRO dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, khususnya untuk kapasitas Watt, yaitu kapasitas dengan daya 550W dan 650W. Cuman, seri 550W tampaknya lebih populer, terlebih lagi menawarkan daya yang baik plus harga yang jauh lebih pas di kantong budget user.

Model FSP550-51AAC
Rated Output Power 550W
Form Factor ATX
80 PLUS Certification 230V EU Standard
Input Voltage 200-240V
Input Current 4A
Input Frequency 50-60Hz
PFC Active PFC
Efficiency 85%
Fan Type Sleeve Fan, 120mm
Dimensions(L x W x H) 150 x 140 x 86mm
Operation Temp. 100,000 Hrs
Protection OCP, OVP, OPP, SCP
Harga Rp585.000

A. Benefit

Pertanyaannya, manfaat apa yang bisa kalian dapatkan saat memiliki FSP HV PRO 550W? beberapa sisi unggulan yang kami ungkap dibawah ini mungkin bisa banget buat kalian pertimbangkan sebagai nilai positifnya.

1. Komponen Internal Yang Solid

Terlepas dari desain yang mungkin masih punya kesan biasa, kabel “seolah” seadanya, produsen nyatanya masih memberikan pilihan komponen internal yang solid. Artinya bahwa FSP mengorbankan bentuk secara fisik maupun materi extra untuk menekan budget agar masih bisa membawa komponen internal masih tetap solid dan berkualitas.

FSP HV PRO 550W

Contohnya, kehadiran Output DC ke DC bisa memberikan tegangan daya yang stabil plus efisiensi maksimum. Apalagi seri ini hadir dengan 0,9 Active Power Factor Correction yang bisa memberikan jaminan watt daya kontinu. Apalagi kapasitor utama yang hadir di seri HV PRO adalah 420V, yang nyatanya bisa lebih diandalkan ketika input daya AC tegangan tidak stabil.

PSU ini juga sudah memenuhi standar keamanan global, seperti kehadiran desain ground-nya dapat meningkatkan stabilitas dan memastikan keselamatan di bawah operasi maksimum.

2. Harga Yang Masuk Akal

Harga yang menggiurkan buat budget user juga tentu jadi salah satu daya Tarik tersendiri untuk seri HV PRO 550. Padahal, selain membawa pilihan komponen internal yang solid, kalian bisa mendapatkan harga jauh lebih terjangkau dengan kapasitas watt tinggi hingga 550W.  Hasilnya, pengguna enggak usah khawatir lagi PSU bakal kekurangan daya, jadi kalian bisa upgrade komponen PC di masa depan tanpa harus mengganti PSU lagi, termasuk bisa jadi aset berharga untuk waktu yang lama.

3. Rating 80+ 

Bicara mengenai efisiensi, kehadiran label 80+ yang ditawarkan pada power supply ini bukanlah sekedar label biasa. Namun PSU ini sudah di uji dan lulus tes oleh organisasi 80plus dengan list yang sudah resmi terdaftar di http://www.plugloadsolutions.com/80PlusPowerSupplies.aspx.  Artinya bahwa perangkat ini sudah bisa memenuhi standar rating 80+ tersebut yang menawarkan tingkat efisiensi energi hingga 85% saat sedang bekerja penuh atau kondisi beban hingga 20%. Wait, bukannya 80+ White hanya menawarkan efisiensi hingga 80%? sebenarnya perangkat ini menawarkan 230v bronze, jadi secara utuh jauh lebih efektif. Disamping itu, label tersebut juga bisa menyatakan true power atau jaminan watt nyata yang dibawa PSU itu sendiri. Organisasi 80plus itu sendiri melakukan test  HV PRO pada pemuatan daya yang berbeda, dan kalian akan menemukan watt output sama dengan apa yang ditunjukkan di paket.

FSP HV PRO 550W

4. Kabel Power Yang lengkap

Meskipun kabel yang hadir enggak memiliki nilai istimewa dan punya kesan “biasa”, jika kalian memperhatikan secara detail, PSU ini memiliki pilihan kabel lengkap yang jarang banget ditawarkan pada harga tersebut oleh merk lain.

Contoh, kabel 4+4 pin yang hadir memiliki dua pilihan, sehingga kalian bisa memasangnya di mobo high-end yang butuh tenaga extra. Hal tersebut juga berlaku untuk kabel PCIe 6+2 dengan dua pilihan, sehingga kalian enggak usah khawatir lagi untuk upgrade kartu grafis yang butuh pin daya besar. Disamping itu, kabel yang ditawarkan juga terasa lebih lembut dan mudah untuk diatur, yang berarti bisa menawarkan kabel manajemen yang cukup baik.

5. Pendinginan Yang optimal

Kehadiran Fan dengan ukuran 12cm nyatanya bisa memberikan pendinginan ampuh untuk perangkat, terlebih lagi FSP memberikan fitur extra desain thermal control fan yang lebih dioptimalkan. Hal tersebut berlaku juga untuk kinerja yang lebih tenang plus umur yang panjang, sehingga enggak akan ganggu aktivitas kalian saat sedang memakai PC.

FSP HV PRO 550W

B. Minus

Terlepas dari banyaknya hal positif pada PSU ini, ada sejumlah minus yang juga bisa kalian cermati sebelum membeli perangkat tersebut.

FSP HV PRO 550W

  • Pertama datang dari desain, dimana perangkat ini enggak terlalu menarik perhatian banyak pengguna. Kabel yang terkesan biasa, bahkan ini bisa jadi salah satu alasan mengapa banyak pengguna enggak terlalu tertarik ketika melihatnya pertama kali. Hal tersebut juga berlaku untuk packaging produk. Padahal, apa yang ditawarkan didalamnya bisa terasa jauh lebih berharga untuk urusan kelistrikan. Produsen beralasan bahwa ini untuk menekan harga bisa tetap terjangkau. 

FSP HV PRO 550W

  • Pilihan kabel extra yang sangat terbatas, khususnya untuk kabel SATA maupun Molex. Sehingga, jika kalian punya banyak perangkat extra, seri ini kurang terlalu direkomendasikan

Kesimpulan Awal

FSP HV PRO 550W pada dasarnya punya banyak hal bermanfaat sebagai salah satu PSU handal yang bisa kalian pertimbangkan sebagai pilihan utamanya. Harga yang murah, kualitas komponen internal yang solid, bahkan punya fitur kabel power yang lengkap jadi salah satu nilai unggulannya. Meskipun, minus yang udah kami ungkap juga bisa jadi perhatian utama kalian. Setidaknya, ini bisa jadi bahan pertanyaan kalian untuk mendapatkan kepastian, apalagi buat urusan garansi.

FSP HV PRO 550W

Jadi, itu dia sekilas preview mengenai FSP HV PRO 550W, khususnya tentang manfaat nyata yang bakal didapatkan maupun sekilas minus yang hadir. Yang pasti, dari apa yang telah kita ungkap, semoga bermanfaat ya!!

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat