- Gaming Gear, Hardware, Monitor

Phillips Momentum 322M8CZ : Worth Banget Buat Kalian Yang Suka Monitor Gaming Extra Luas

Ada banyak pilihan monitor gaming hebat diluar sana, dan Phillips Momentum 322M8CZ bisa jadi salah satu pilihan solidnya. Ini bahkan bisa lebih ideal buat pengguna yang butuh ukuran layar extra besar hingga 32”, refresh rate tinggi, kualitas warna yang juga sama positifnya dan tentu saja nilai pada harga yang lebih pantas.

Nah, penasaran dengan monitor gaming tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Ketahui Kunci Spesifikasi & Budget Sebelum Memilih VGA Yang Ideal

Phillips Momentum 322M8CZ : Apa Yang Kami Ketahui Sejauhi ini

Phillip pastinya udah sangat dikenal buat urusan produk elektronik, meskipun produsen belum memberikan dobrakan besar buat segmen monitor gaming. Tapi kita enggak memungkiri bahwa Phillips belum banyak menghasilkan produk hebat buat urusan ini. Padahal jika berbicara mengenai kualitas, semua orang pasti udah mengenal bagaimana perusahaan asal Belanda tersebut bisa memberikan kualitas solid untuk jajaran produk mereka.

Phillips Momentum 322M8CZ

Nah, salah satu bukti nyatanya adalah Momentum 322M8CZ, monitor gaming yang bisa mencukupi gamer modern dengan nilai yang terhitung terjangkau. Padahal, ada banyak fitur yang cukup menggiurkan pengguna yang akan kita ungkap beberapa poin pentingnya melalui artikel ini. Sedangkan buat urusan harga, monitor gaming ini punya harga mulai dari 4 jutaan lebih sedikit.

Desain

Ok, pertama dalam urusan desain, dimana monitor ini hadir dengan desain curve yang memiliki tingkat kelengkungan hingga 1500R. Biasanya, curved monitor punya keuntungan dalam kenyamanan lebih untuk mata pengguna, terasa lebih fokus dan biasanya tingkat kelengkungan juga bakal ngaruh, termasuk memungkinkan mata kita bisa mengambil semua objek dilayar sekaligus tanpa tekanan. Meskipun, preferensi umum pengguna bisa beda-beda sih.

Phillips Momentum 322M8CZ

Materi seutuhnya juga terhitung solid, dengan finishing bergaya brushed metal yang cukup elegan, kaki bermateri baja yang kokoh, termasuk bezel tipis disekitar layar yang bisa nambah nilai sempurna dari sisi estetika, bahkan terasa jauh lebih luas buat ruang visual dari apa yang bisa ditawarin monitor ini.

Nah, apa yang menarik lainnya adalah ukuran layar, dimana Momentum 322M8CZ hadir dengan ukuran 32”, ukuran yang bisa dibilang sangat besar untuk sebuah monitor gaming. Padahal, resolusi yang ditawarkan masih berada di level 1080p alias Full HD. Terkadang, kami pikir itu bisa jadi nilai positif sekaligus minusnya.

Mengapa begitu? Pertama jika dilihat dari positifnya, pengalaman visual pengguna akan terasa jauh lebih luas, khususnya untuk kegiatan gaming maupun sekedar nonton film. Apalagi, panel VA yang ditawarin monitor ini juga bakal ngasih tingkat reproduksi warna maupun kecerahan maksimum yang lebih tinggi, dan sudut pandang yang lebih baik hingga 178°. Hasilnya, ukuran yang besar akan menyempurnakan pengalaman visual paling nyaman buat pengguna terasa jauh lebih seru.

Hanya saja, resolusi 1080p pada ukuran layar yang lebih besar bisa cukup mengganggu jika digunakan untuk pemakaian lama, khususnya untuk kegiatan extra seperti pengetikan, browsing atau editing. Hal yang sama juga berlaku untuk gaming, walaupun enggak ngaruh banget. Sehingga, kami pikir monitor ini enggak terlalu ideal buat hybrid user yang punya kegiatan extra selain buat gaming atau sekedar hiburan semata.

Seandainya jika Momentum 322M8CZ ini hadir dengan resolusi sedikit lebih besar dibanding 1080p, tentu minus akan berkurang cukup signifikan. Disamping itu, sweet spot rata-rata monitor gaming hari ini berada pada ukuran 24” sampai dengan 27”. Jadi, 32” kayaknya agak terlalu luas menurut kami, terlebih lagi resolusi yang ditawarkan cukup terbatas.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti Phillips Momentum 322M8CZ
LCD panel type VA LCD
Panel Size 31.5 inch / 80 cm
Effective viewing area 698.4 (H) x 392.9 (V) mm – at a 1500R curvature*
Aspect ratio 16:09
Optimum resolution 1920 x 1080 @ 165 Hz
Pixel Density 70 PPI
Response time (typical) 1 ms (MPRT)
Brightness 250  cd/m²
Contrast ratio (typical) 3000:01:00
Viewing angle 178º (H) / 178º (V)
Display colors 16.7 M
Flicker-free Yes
LowBlue Mode Yes
sRGB Yes
AMD FreeSync™ technology Premium
Connectivity VGA (Analog )
DisplayPort x 1
HDMI x 2

Untungnya, peran sebagai monitor gaming masih lekat banget pada Momentum 322M8CZ. Kehadiran refresh rate tinggi hingga 165Hz, waktu respon 1 milidetik, dan dukungan AMD FreeSync tentu bisa jadi magnet utama produsen buat menarik lebih banyak pelanggan. Nilai extra ini bakal jadi solusi pasti untuk membawa pengalaman bermain game terasa lebih sempurna, apalagi buat game cepat seperti CS : Go atau game eSport lainnya.

Sedangkan buat konektivitas, Momentum 322M8CZ hadir dengan pilihan port lengkap yang bisa memenuhi kebutuhan perangkat grafis modern, termasuk port VGA Analog, Sebuah Displayport dan 2 port HDMI. Intinya, monitor ini bisa dipakai oleh semua pengguna yang punya perangkat grafis berbeda, meskipun produsen hanya nyediain kabel HDMI sebagai pilihan defaultnya. Disamping itu, monitor ini juga hadir dengan port audio, meskipun enggak hadir dengan pilihan extra untuk microphone.

Pengaturan pada monitor gaming ini juga bisa cukup mudah untuk dilalui, meskipun kalian harus mengandalkan tombol manual untuk memulai. Produsen tampaknya enggak nyediain pilihan berbasis software, meskipun terkadang hal sederhana ini bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka yang enggak pengen ribet buat ngatur monitor lewat software.

Ada 4 tombol yang tersedia pada Momentum 322M8CZ, khususnya dibagian kanan layar, termasuk penempatan posisi yang bisa mudahin pengguna buat bergerak cepat saat akan mengatur monitor. 3 pilihan tombol utama punya fungsi tambahan selain pilihan default, termasuk tingkat kecerahan, Smart Image dengan 6 pilihan yang bisa disesuaikan kenyamanan pengguna, dan dukungan teknologi LowBlue Mode yang bisa memberikan manfaat extra untuk mengurangi cahaya biru yang berbahaya.

Kesimpulan

Jadi, worthed enggak sih? Spek tinggi yang ideal buat gaming, seperti refresh rate 165Hz, dukungan AMD FreeSync, dan panel VA dengan reproduksi warna maupun kecerahan maksimum yang lebih positif tentu jadi salah satu nilai unggulannya. Meskipun kami rasa harga yang ditawarin bisa dibilang pas, enggak mahal, murah pun engggak. Monitor ini juga enggak ribet buat pemasangan, bahkan udah terpasang saat berada didalam dus. Jadi, tinggal pake aja. Desain yang dibawa juga punya aura positif dan bawa nilai tersendiri dari sudut estetika.

Cuman, menurut kami ukuran yang besar terkadang bisa jadi nilai minus paling dominan dengan hanya ruang resolusi Full HD saja, meskipun masih ideal untuk pengalaman bermain game ataupun hiburan extra seperti nonton film dan sebagainya. Terlebih lagi, terkadang gamer juga punya kegiatan extra lain selain bermain game, seperti penggunaan untuk tugas intensif ataupun browsing maupun pekerjaan kasual seperti office maupun editing. Ukuran yang terlalu besar enggak ngejamin kenyamanan buat urusan tersebut.

Meskipun begitu, kami pikir ada segmen tersendiri bagi monitor ini yang bisa ideal buat pengguna, meskipun enggak terlalu umum. Seperti, bisa ideal buat kalian yang butuh perangkat gaming dengan ukuran extra luas, spek yang juga sama positifnya, dan tentu aja harga yang cukup terjangkau.

Jadi, itu dia ulasan singkat kita mengenai monitor gaming Phillips Momentum 322M8CZ. Meskipun enggak sepenuhnya kami ungkap lebih mendalam, namun yang pasti semoga bisa memberikan pencerahan buat kalian. Jadi, semoga bermanfaat ya!!

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat