- Games, Gaming Gear, Promoted Content, Serba-serbi

Laporan Pajak Inggris Ungkap Rockstar Soal Perkembangan GTA VI

Ada banyak sekali sarana hiburan yang bisa diakses saat weekend atau punya waktu senggang. Mulai dari streaming film, melakukan taruhan olahraga online melalui M88, membaca buku, hingga memainkan game menggunakan gadget ataupun desktop. Namun apapun jenis hiburan yang dipilih, masing-masingnya dipercaya dapat memberikan rileksasi agar terbebas dari stres.

Bicara game, perkembangan teknologi saat ini telah memunculkan banyak genre sehingga menjangkau kalangan pemain secara luas. Salah satunya adalah game aksi-petualangan yang memang memiliki banyak sekali peminat di seluruh dunia. Namun dari sekian banyak game di genre tersebut, sepertinya semua orang sepakat bahwa Grand Theft Auto (disingkat GTA) adalah salah satu yang paling populer.

Baca juga : Valve Tampik Rumor Tentang Pengembangan Left 4 Dead 3

Dikembangkan oleh Rockstar North dan diterbitkan oleh Rockstar Games, kemunculan setiap seri dari GTA selalu mendatangkan kontroversi. Terlebih lagi, peluncuran antar seri dilakukan dalam jarak yang cenderung lama sehingga para pemain menjadi penasaran. Hal ini pun termasuk saat peluncuran GTA V ke seri terbaru GTA VI yang juga memerlukan waktu panjang, terlebih saat melihat ketersediaan mode online yang masih populer dijadikan sumber keuangan bagi Take Two interactive dan Rockstar.

Meskipun belum ada kejelasan dan konfirmasi dari Rockstar terkait peluncuran GTA VI, namun ada banyak isu dan spekulasi yang beredar di kalangan pecinta game dunia. Salah satunya adalah isu permasalahan pajak yang telah menimpa Rockstar, di mana hal tersebut berimbas pada semakin kencangnya kabar terkait GTA VI yang sedang dikembangkan dan mungkin akan segera rilis dalam waktu dekat.

Diberitakan, Taxwatch UK yang merupakan institut pengawas pajak di Inggris baru saja menyebarkan laporan baru yang berhubungan langsung dengan keberadaan Rockstar di negara tersebut. Pada laporan tersebut, Rockstar dituduh telah mengeksploitasi undang-undang VGTR (Video Games Tax Relief) sehingga pihak mereka dapat menghindari pembayaran pajak dengan nominal angka mencapai 37,6 Poundsterling.

Tentu saja, isu tersebut berimbas langsung pada eksistensi Rockstar sebab peraturan VGTR memang dirancang khusus untuk melindungi pengembang game kecil yang baru memulai bisnis. Bahkan, pengawas pajak pun menyebutkan bahwa Rockstar telah berhasil memanipulasi pajak hingga 80 juta Poundsterling sehingga menciptakan tuntutan perubahan yang harus segera dilakukan.

Bagi masyarakat awam, isu laporan terkait pajak yang saat ini sedang menimpa Rockstar mungkin tak begitu penting untuk diperhatikan. Namun, ada hal lebih menarik untuk dibahas yakni merebaknya isu Culturally British yang dilakukan Rockstar untuk memangkas pajak pada tahun 2018 dan 2019 sebagai salah satu persyaratan VGTR.  Lantas, mengapa hal ini menarik? Pada era pengembangan GTA V pada beberapa tahun lalu, Rockstar juga menggunakan alasan yang sama. Bahkan mereka pun terbukti belum pernah mendaftarkan game lain karena alasan yang sama. Melalui adanya kedua fakta ini, maka sangatlah besar kemungkinan bahwa proyek yang dilakukan Rockstar saat ini memang erat kaitannya dengan pengembangan GTA VI.

Dengan nilai pemangkasan pajak yang besar dan hanya sebagian kecil dari total anggaran yang dikeluarkan, game ini juga diperkirakan menjadi proyek skala besar dan memerlukan biaya besar. Maka demikian, isu pengembangan GTA VI pun kian merebak ke seluruh dunia meskipun saat ini Rockstar telah membantah bahwa pihaknya telah mengeksploitasi peraturan industri game di Inggris.

Meskipun Rockstar tidak memberikan konfirmasi terkait laporan pajak yang diterbitkan Taxwatch UK, namun apakah isu ini benar-benar berhubungan dengan pengembangan GTA VI? Sembari menunggu berita selanjutnya, silahkan mengakses ini untuk mengenal game GTA lebih dalam dan semoga kehadiran seri baru game ini bisa segera dinikmati semua orang!  

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat