- Hardware, Motherboard

ASUS PRIME H310M-K Preview : Apa Yang Kami tahu Sejauh ini

Lagi nyari Mobo Intel dengan chipset H310 yang cukup solid buat nunjang performa budget PC kalian bisa lebih efektif? ASUS PRIME H310M-K bisa saja jadi pilihan utama kalian buat dipertimbangkan. Apa yang menarik adalah nilai harga murah, sisi ketahanan yang baik, termasuk juga dukungan fitur extra yang lumayan nyenengin.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan mobo tersebut? Simak selengkapnya melalui sedikit preview dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Headset Gaming Murah Budget Dibawah 200 Ribuan

ASUS PRIME H310M-K Preview : Apa Yang Kami tahu Sejauh ini

Motherboard dengan chipset H310 mungkin sudah cukup lama dirilis, namun pilihan mobo entry level ini masih layak untuk disandingkan dengan prosesor Intel, baik generasi ke-8 maupun ke-9. Dan ketika kalian sedang nyari pilihan serunya, ASUS PRIME H310M-K tentu bisa jadi salah satu pertimbangan yang cukup baik.

Bentuk desain sih mungkin masih terkesan biasa, apalagi seri H310 pada dasarnya dikhususkan untuk pengguna entry level dengan budget ketat. Jadi, kalian jangan berharap terlalu besar untuk urusan estetika pada mobo ini.

ASUS PRIME H310M-K

ASUS PRIME H310M-K itu sendiri hadir dalam bentuk faktor Micro ATX dengan ukuran default 22.6cm x 18.5cm. Kalian bisa masang tuh mobo pada casing micro ataupun pilihan terbesar, meski idealnya sih enggak terlalu besar dari ukuran yang ditawarkan casing tersebut.

Mobo ini juga diklaim memiliki pilihan komponen berkualitas, yang tentu saja bakal memberikan nilai ketahanan yang sangat baik saat dipakai dalam waktu yang cukup lama. Salah satunya adalah fitur 5X Protection III, dimana klaim perusahaan bahwa produk ASUS dengan logo tersebut artinya bahwa semua pilihan komponen ataupun sirkuit merupakan pilihan unggulan, yang berarti bahwa itu bisa memberikan perlindungan dan stabilitas luar biasa untuk mobo.

Disamping itu, PRIME H310M-K juga punya fitur unik dengan kehadiran ASUS OptiMem, dimana ini akan meningkatkan stabilitas memori melalui Penelusuran jejak dan vias yang cermat untuk menjaga integritas sinyal tetap terjaga dengan baik.

Spesifikasi inti

Spesifikasi ASUS PRIME H310M-K
CPU Intel® Socket 1151 for 9th / 8th Generation Core™ i7/Core™ i5/Core™ i3/Pentium®/Celeron® Processors
Chipset Intel® H310
Memory 2 x DIMM, Max. 32GB, DDR4 2666/2400/2133 MHz Non-ECC
Expansion Slots 1 x PCIe 3.0/2.0 x16 (x16 mode, gray)
  2 x PCIe 2.0 x1
Storage 4 x SATA 6Gb/s port(s), gray,
LAN Realtek® RTL8111H, 1 x Gigabit LAN
Audio Realtek® ALC887 8-Channel High Definition Audio CODEC
USB Ports 4 x USB 3.1 Gen 1 up to 5Gbps port(s) (2 at back panel, blue, Type-A, 2 at mid-board)
  6 x USB 2.0/1.1 port(s) (2 at back panel, , 4 at mid-board)
Back I/O Ports 1 x PS/2 keyboard (purple)
  1 x PS/2 mouse (green)
  1 x DVI-D
  1 x D-Sub
  1 x LAN (RJ45) port(s)
  2 x USB 3.1 Gen 1 (blue) Type-A up to 5Gbps
  2 x USB 2.0
  3 x Audio jack(s)
Operating System Windows® 10 64-bit
Form Factor mATX Form Factor
Harga Rp1.249.000

Secara utuh, mobo ini dukung barisan prosesor Intel generasi ke-8 atau ke-9, termasuk dukungan Intel turbo Boost 2.0, meskipun itu bergantung pada tipe prosesor yang bakal kalian miliki. Sedangkan untuk urusan memori, ada total 2 slot dim dengan kapasitas RAM hingga 32GB dan mendukung kecepatan hingga DDR4 2666Mhz.

Sedangkan untuk grafis, jika kalian berencana untuk memakai VGA bawaan prosesor, mobo ini punya dua display port antara sebuah port DVI-D dan sebuah port D-Sub. Namun untuk pilihan slot PCIe utama buat dukung VGA dedicated pada slot expansi, ada sebuah slot PCIe 3.0 dan dua slot PCIe 2.0×1.

Buat urusan storage, ada total 4 port Sata 6Gb/s yang bisa nampung kasual HDD ataupun SSD 2.5”. Sayangnya, seri ini tidak dukung SSD super cepat ataupun ketersediaan slot storage dengan tipe M.2, jadi kalian harus puas dengan penyimpanan kasual dalam bentuk faktor 3.5” ataupun 2.5”. Dan sebenarnya enggak cuman merk ini aja, karena secara keseluruhan chipset H310 tidak punya fitur tersebut, termasuk ketiadaan dukungan Intel Optane memori.

Sedangkan untuk urusan Port USB, ada total 10 port USB yang ditawarkan pada mobo ini dan terbagi menjadi :

  • 4 x USB 3.1 Gen 1 up to 5Gbps port(s) (2 dibagian back panel, dan 2 dibagian mobo via front panel)
  • 6 x USB 2.0/1.1 port(s) (2 dibagian back panel, 4 tersedia di motherboard untuk front panel)

Pilihan port USB mungkin agak terbatas, namun masih cukup memenuhi kebutuhan pengguna jaman now, termasuk kehadiran USB 3.1 Gen 1 yang cepat.

Konektor untuk fan juga lengkap, meskipun hanya hadir dengan dua pilihan fan konektor, yaitu 1 (1x4pin) untuk konektor CPU fan dan 1 ((1x4pin) untuk konektor fan extra. Seri ini tidak dukung nilai extra seperti jembatan buat dukungan fan ARGB, dan sebenarnya itu cukup disayangkan. Jika kalian menginginkan fitur ini, kalian mungkin perlu tambahan perangkat extra seperti RGB Fan Controller yang bisa dibeli secara terpisah.

Audio

Dukungan audio yang biasa ditawarkan pada barisan mobo ASUS biasanya punya fitur yang jauh lebih baik. Dan hal tersebut berlaku untuk seri PRIME H310M-K, dimana mobo ini hadir dengan audio CODEC Realtek® ALC887 8-Channel.

Apa yang menarik dari pilihan audio yang ditawarkan melalui mobo ini adalah bisa memberikan kualitas audio yang baik, termasuk fitur extra Audio Shielding yang bisa memastikan pemisahan analog / digital yang presisi dan interferensi multi-lateral. Seri ini juga hadir dengan pilihan Kapasitor audio Jepang premium, yang tentu saja sangat mempengaruhi dari sudut ketahanan maupun sajian kualitas suara solid.

Simpulan Awal

Terlepas dari semua hal (atau belum) dari apa yang telah kita ungkap pada ASUS PRIME H310M-K, mobo ini pada dasarnya bisa memberikan kebutuhan ideal buat kegiatan kasual kalian pada PC, termasuk dukungan prosesor Intel 9th Gen, pilihan port USB yang lengkap maupun kualitas audio yang baik.

Cuman, kalian tentu harus puas pada beberapa keterbatasan yang hadir pada mobo ini, termasuk konektor fan dengan jumlah total cuman dua slot. Disamping itu, nilai sederhana mobo ini juga terletak dari sajian bentuk desain, meskipun kita enggak bisa memungkiri bahwa seri H310 tidak memiliki banyak fitur extra.

Untungnya, PRIME H310M-K masih bisa memenuhi kebutuhan banyak hal menyenangkan, termasuk beberapa pilihan extra. Disamping itu, mobo ini bisa menjadi pendamping yang layak sebagai salah satu pilihan mobo solid untuk PC budget dengan anggaran super ketat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat