- All-In-One PC, Serba-serbi, Tutorial

Hal Yang Perlu kalian Ketahui Tentang AIO PC, Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Jika kalian butuh perangkat PC yang siap pake tanpa harus ngalamin proses yang ribet saat ngebangun, maka All-in-one PC (AIO PC) atau juga biasa disebut all-in-one desktop tentu bisa kalian pertimbangin. Tapi terkadang kita suka bertanya, apa sih yang dimaksud dengan AIO tersebut?

Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga : Benarkah VGA Dengan Kapasitas VRAM Besar Berarti Lebih Baik? Begini Penjelasannya

Hal Yang Perlu kalian Ketahui Tentang AIO PC

Sebagaimana kita tahu, All-in-one PC alias AIO merupakan satu paket lengkap PC yang siap pakai, hanya saja semua pilihan komponen terletak di dalam bagian monitor alias melekat dengan perangkat tersebut.

Apa yang menjadi alasan utamanya adalah fitur kemudahan bagi pengguna, sehingga perangkat ini bisa lebih kecil, ramping dan tentu saja enggak butuh ruang yang besar dalam kebutuhan tempat. Disamping itu, AIO juga kini hadir dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa dukung kinerja kasual tanpa harus ribet memasang banyak hal sebelum memulai.

AIO PC

Sedangkan untuk spesifikasi, apa yang ada didalam AIO biasanya memiliki spesifikasi hampir serupa dengan apa yang biasa ditawarkan pada laptop. Tentu karena perangkat ini dikhususkan pula untuk memberikan kinerja yang pas tanpa harus memiliki konsumsi daya yang besar, meskipun performa yang ditawarkan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan PC Desktop sebenarnya.

Contohnya, Lenovo 520 AIO hadir dengan pilihan spesifikasi Core i3 7020U yang dikhususkan untuk segmen mobile dan biasa hadir pada laptop mainstream entry level. Harga yang ditawarkannya pun bisa dibilang cukup murah, padahal ini datang dalam bentuk PC plus kehadiran monitor dengan ukuran 21.5”.

Disisi lain, karena spesifikasi yang ditawarkan biasanya cukup ringan, maka AIO secara utuh lebih ideal untuk pekerjaan kasual yang enggak memiliki banyak beban berat, seperti untuk browsing, office ataupun sedikit pengerjaan editing yang tidak terlalu menuntut. Jangan harap deh untuk kegiatan gaming, apalagi AIO biasanya tidak memiliki GPU Diskrit.

Nilai Positif Memiliki AIO

Nah, AIO PC itu sendiri memiliki beberapa keuntungan yang cukup bermanfaat bagi pengguna, khususnya untuk kalian yang bekerja di kantor, diantaranya adalah :

  • PC yang siap pakai, Mudah dan enggak ribet, termasuk harga yang cukup terjangkau
  • Kalian bahkan enggak perlu beli perangkat extra seperti Mouse dan Keyboard, karena AIO sudah mencakup semuanya, jd tinggal plug and play.
  • Ramping dan enggak butuh ruang besar, jadi jika ruangan kalian cukup sempit, AIO bisa memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Konsumsi daya yang irit, bahkan bisa hemat biaya bulanan kalian.
  • Sisi estetika yang cukup elegan, termasuk sajian visual yang baik.

Minus

Sedangkan untuk sisi minusnya, beberapa hal dibawah ini juga kalian perlu ketahui sebelum membeli perangkat tersebut, yaitu :

  • Kinerja lebih dikhususkan untuk kasual work, tidak ideal untuk multi-tasking yang menuntut
  • Upgrading yang sulit untuk dilakukan, apalagi semua komponen melekat dengan monitor
  • Sisi mobilitas juga masih terbatas jika dibanding laptop

Simpulan Awal

Cuman, terlepas dari semua hal yang telah kita bicarakan, AIO PC tentu bisa jadi alat kemudahan yang baik untuk dukung segala aktifitas kalian, terlebih lagi untuk kegiatan Office di kantor atau perusahaan. Nilai harga dan konsumsi daya yang irit menjadi salah satu magnet utama AIO, apalagi perangkat ini juga mudah dalam hal penggunaan, termasuk juga fitur extra yang enggak ribet.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat