- Hardware, Laptop

ASUS ZenBook 13 UX334FLC : Laptop Premium Revolusioner, Extra Layar & WiFi 6 Hal Terbaiknya

ZenBook 13 UX334FLC, Laptop premium terbaru ASUS ini tentu bawa sesuatu yang jauh lebih menyenangkan buat kalian, terlebih lagi ini hadir dengan kekuatan prosesor Intel Generasi ke-10 Comet lake yang cukup powerful. Dan hal terbaiknya, hadirnya screenpad 2.0 bisa dibilang sebagai bonus tambahan yang punya banyak hal seru bagi pengguna.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin ZenBook 13 UX334FLC? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : MSI Luncurkan Laptop Gaming Terbaru Alpha Series, Murah & Potensi Kinerja Hebat

ASUS ZenBook 13 UX334FLC : Apa Yang Kami Ketahui sejauh ini


Main Spec.
ASUS ZenBook 13 UX334FLC
CPU Intel® Core™ i7 10510U
Operating System Windows 10
Memory 16GB DDR4
Storage 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 13.3″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Glare 60Hz Panel with 72% NTSC with wide 178° viewing angles
Graphics NVIDIA® GeForce® MX250 , with 2GB GDDR5
Input/Output 1 x Type-A USB2.0, 1 x Type-C USB 3.1 (Gen 2), 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 2), 1 x HDMI, 1 x AC adapter plug, 1 x micro SD card
Camera IR HD Web Camera (support Windows Hello facial recognition)
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ax) 2*2 + Bluetooth 5.0
Audio Built-in Harman / Kardon certified speaker, Built-in array microphone
Battery 3 -Cell Polymer Battery
Dimension 30.2 x 18.9 x 1.83 cm (WxDxH)
Weight 1,27Kg
Colors Celestial Blue
Price Rp22.999.000

Laptop premium ASUS seri ZenBook 13 sejak dulu udah dikenal banyak konsumen sebagai salah satu pilihan ultrabook handal dan ideal buat dukung kegiatan mobilitas yang tinggi. Dan hal tersebut berlaku buat seri terbaru UX334FLC, bahkan bisa dibilang lebih solid dan istimewa saat kalian bawa tuh laptop kemanapun kalian pergi.

Dengan bobot super ringan sekitar 1.3kg dan ketebalan sekitar 1.7cm, ultrabook ini bisa memberikan pengalaman seru sebagai perangkat portable yang enggak cuman bisa diandelin dari sisi kinerja, namun juga dukung mobilitas lebih efektif. Seri ini juga diklaim lebih ramping jika dibanding dengan ZenBook taun 2017.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Bentuk desain yang hadir pun bukan “sekedar” balutan aluminium yang handal, namun hadirnya kualitas military grade juga bisa memberikan nilai sempurna antara kombinasi desain berkelas dan sisi ketangguhan. Jadi, kalian setidaknya enggak bakal khawatir laptop tersebut gampang rusak gara-gara enggak sengaja jatuh, karena kualitas military grade setidaknya bakal jamin sisi ketahanan jauh lebih baik.

Nah, buat urusan layar, seri ini hadir dengan ukuran layar 13.3”, panel IPS plus resolusi maksimum hingga FullHD. Kecil tapi tetep memberikan nilai yang mengesankan. Bezel tipis mungkin biasa, namun apa yang bisa membuat display laptop ini sempurna adalah kehadiran lapisan pelindung Corning Gorilla glas, plus tingkat keterangan yang impresif, termasuk detail gambar yang cukup menyenangkan.

Dan buat dukung sisi visual jauh lebih sempurna, ASUS juga enggak cuman memberikan satu pilihan layar. Hadirnya Screenpad dibagian bawah yang bukan saja sebagai touchpad, tapi juga punya nilai extra sebagai display kedua untuk dukung segala aktivitas kalian bisa bawa banyak hal nyenengin. itu juga jadi nilai plus lainnya buat ZenBook 13 UX334FLC.

Artinya bahwa screenpad ini bisa kalian andalkan untuk menambahkan hal extra dengan manfaat nyata bagi pengguna, seperti multi tasking visual pada kegiatan editing adobe premiere atau juga buka aplikasi lain, baik aplikasi bawaan dari screenpad itu sendiri atau juga kalian bisa nambahin aplikasi lain.

Cuman, meskipun ini bisa memberikan sesuatu yang revolusioner, terkadang screenpad yang hadir belum bisa memberikan sajian sempurna, termasuk ukuran display yang kecil, terlalu sensitif, dan enggak semua orang butuh hal tersebut. Untungnya, kalian bisa menonaktifkan fitur tersebut dan kembali ke touchpad lama lewat keyboard tanpa harus mengalami proses yang ribet. Gimana menurut kalian?

Keyboard & Touchpad

Urusan keyboard, seri ini hadir dengan pilihan keyboard chiclet dengan tingkat perjalanan cuman sekitar 1.4mm dan punya backlight putih yang bisa memberikan manfaat buat pengguna dalam ruangan gelap. Secara utuh, keyboard yang hadir bisa memberikan pengalaman yang baik buat kegiatan pengetikan, bahkan untuk waktu yang lama sekalipun. Cuman, ASUS enggak memberikan tombol num extra, meskipun ada beberapa fitur unik yang enggak dibawa laptop lain pada ZenBook 13 ini.

Contohnya, kalian bisa menonaktifkan tombol Fn dan bisa fokus ke tombol F1 sd F12 untuk pilihan kasual. Secara default tombol Fn itu sendiri sudah aktif dan bisa ngasi banyak fitur istimewa tanpa harus menekan kombinasi tombol seperti buat nonaktifkan screenpad.

Sedangkan touchpad, pilihan yang hadir bisa dibilang istimewa, karena ini menempel dengan fitur screenpad yang terbuat sepenuhnya dari kaca. Kalian bisa melakukan banyak hal pada touchpad, meskipun sensitivitas terkadang agak berlebihan dan penekanan klik enggak bisa dilakuin dimana aja. Cuman secara utuh touchpad yang hadir cukup baik dan bisa memberikan pengalaman menyenangkan buat kegiatan navigasi.

Konektivitas

Buat urusan konektivitas, ASUS ZenBook 13 ini tentu hadir dengan konektivitas superior. Meskipun hadir dengan pilihan port yang terbatas, termasuk sebuah port USB 2.0, sebuah port USB Type C 3.1 Gen 2, sebuah port USB 3.1 Gen 2, sebuah port HDMI, port audio combo dan slot micro sd.

Sedangkan buat konektivitas nirkabel, hadirnya Combo ampuh antara WiFi 802.AX yang superior (meskipun belum umum digunakan) dan Bluetooth 5.0 bisa jadi pilihan sempurna untuk koneksi nirkabel cepat hari ini. Kalian bahkan nantinya bisa manfaatin Wifi 6 ketika udah tersedia umum di negara kita lewat zenbook 13 tersebut.

Audio & Webcam

Audio bisa cukup superior, terlebih lagi perangkat ini dilengkapi dengan pilihan komponen berkualitas harman kardon. Kualitas suara terasa begitu renyah, meskipun tingkat suara maksimal terkadang belum ideal untuk memulai kegaduhan di ruangan kecil sekalipun. Hanya saja, ini masih cocok dan terdengar sangat nyaman buat kegiatan kasual seperti dengerin musik ataupun buat nonton video.

Sedangkan buat webcam, hadirnya IR kamera yang bisa mendeteksi wajah pengguna secara otomatis tentu bakal mudahin login ke windows tanpa harus repot lakuin banyak hal. Cuman, kualitas yang hadir biasa aja, bahkan menurut kami agak kurang. Kalo kalian pengen banyak hal yang lebih seru lewat kamera, webcam ketiga dari produsen lain dengan kualitas jauh lebih baik bisa kalian pertimbangin.

Spesifikasi internal

Nah, buat urusan spesifikasi, ZenBook 13 UX334FLC bisa dibilang bawa kekuatan baru yang masih layak buat kegiatan extra seperti pembuatan konten maupun editing video. Hadirnya prosesor Intel Core i7 10510U generasi ke-10 Comet Lake kayaknya punya daya tarik tersendiri yang cukup powerful sekaligus hemat daya.

CPU itu sendiri hadir dengan kekuatan 4 core 8 thread, clockspeed up to 4.9 Ghz, Smart cache hingga 8MB dan nilai TDP default sebesar 15watt. Secara utuh, kekuatan yang dibawa pada prosesor ini bisa worth banget dengan kinerja single core yang tinggi, cuman kinerja multi-thread kayaknya masih kurang atau bisa dibilang hampir sama dengan generasi sebelumnya.

Contohnya, pada tes Cinebench R15, Intel Core i7 10510U masih dibilang punya kekuatan hampir sama dengan seri Core i7- generasi ke-8, cuman untuk kekuatan single core, prosesor ini punya kekuatan besar, bahkan punya skor diatas rata-rata dan setara dengan prosesor desktop. Jadi, cpu ini bisa sangat ideal buat kegiatan skala besar, meskipun buat aplikasi multi-thread yang sangat menuntut mungkin dirasa masih agak kurang.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Sedangkan buwat urusan grafis, hadirnya Nvidia GeForce MX250 bisa jadi pilihan jitu yang pas untuk bawa kegiatan yang butuh KEKUATAN grafis layak. GPU itu sendiri hadir dengan kekuatan VRAM sebesar 2GB GDDR5, 384 Unit shader dan kinerja Bandwith hingga 48.1GB perdetik.

Kinerja yang hadir sedikit dibawah GPU gaming entry level sekelas GTX 1050, dan Punya skor sangat baik pada tes 3DMark dengan nilai diatas rata-rata jika dibanding MX150 generasi sebelumnya ataupun Radeon RX540X dengan spesifikasi hampir sama.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Untuk urusan storage, ZenBook 13 UX334FLC ini hadir dengan pilihan storage super cepat SSD NVMe dan punya kapasitas 1TB yang mencukupi untuk nampung banyak file. Meski, produsen juga memberikan pilihan storage lebih rendah mulai dari 256GB dan 512GB. Cuman untuk nilai sempurna, pilihan 1TB tentu sangat layak buat kalian pertimbangin, apalagi seri ini juga hadir dengan kinerja super cepat hingga 2.9GB perdetik untuk read speed dan hingga 1.5GB perdetik untuk write speed.

Terakhir, dan bisa jadi penyempurna kinerja sistem yang ideal adalah memori, dimana seri ini hadir dengan RAM sebesar 16GB LPDDR3 yang cukup nyaman buat ngasi banyak hal untuk kegiatan aplikasi besar maupun gaming. Cuman, ASUS nutup kemungkinan buat upgrade dan ini udah dipaten dalam slot mobo, sehingga secara DIY pun kalian enggak bisa upgrade atau lepas memori.

Kinerja Sistem

Bagaimana dengan performanya? Secara keseluruhan laptop ini bisa dibilang punya kinerja sangat baik. Contohnya, pada tes PCMark 10, laptop ini mampu memberikan skor productivity maupun essensial dengan nilai yang worthlah, meskpun digital content creation dirasa masih kurang.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Sedangkan buat kegiatan extra seperti kompresi file, prosesor Intel Core i7-10510U bisa dibilang yang terbaik dengan skor multithreads hingga 7368 pada tes winrar, jauh lebih baik dibanding pilihan prosesor mobile seri lama.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Dan kenyataan bahwa laptop ini juga bisa bawa kinerja pembuatan konten yang ideal, kalian bisa bawa banyak hal lewat zenbook, seperti pengerjaan editing video lewat Adobe premiere ataupun after effect.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Sedangkan buat urusan gaming, secara utuh GeForce MX250 masih memberikan kinerja cukup ideal pada level 1080p, meskipun masih dikhususkan buat gaming kasual seperti DOTA 2 maupun world of warcraft. kalian masih bisa mampu buat hajar game sekelas GTA V walowpun harus nurunin resolusi hingga 720p.

Performa Bateri & Suhu

Sedangkan kinerja baterai, ZenBook 13 UX334FLC bisa dibilang punya performa baterai hebat, meskipun bukan yang terbaik. Ketika idle, laptop ini sanggup bertahan hingga 13 jam lamanya. Buat kinerja kasual seperti browsing ataupun nonton video, laptop ini punya kinerja baterai hingga 8 jam 10 menit. Cuman, jangan mengharap lebih buat kinerja gaming, dimana ini cuman bertahan hingga 4 jam 50 menit, meskipun waktu charging sangat cepat hingga 1 jam 3 menit.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Suhu disisi lain bisa jadi masalah, jika kalian make tuh laptop sambil dicass. Suhu bahkan bisa mencapai hingga diatas 90°celcius, dan itu tentu enggak nyenengin buat dilalui, seperti saat maen game. Namun kalo enggak sambil dicas dan dipake buat kegiatan sehari-hari, suhu bisa dibilang cukup baik dengan suhu rata-rata bisa nyampe 68°sd 71°celcius.

ASUS ZenBook 13 UX334FLC

Kesimpulan

ASUS ZenBook 13 UX334FLC merupakan laptop premium revolusioner yang punya hal menyenangkan dan bisa memberikan manfaat besar bagi konsumen modern hari ini. Karena selain sisi portabilitas yang handal, nilai premium berkelas, hadirnya screenpad terbaru dan konektivitas wireless AX bisa dibilang menyempurnakan banyak hal jauh lebih efektif.

Disamping itu, kehadiran prosesor Intel terbaru generasi ke-10 juga sangat worth banget buat dongrak kinerja jauh lebih efektif, termasuk storage NVMe berkapasitas besar dan super cepat. Kalian bisa lakuin banyak hal, termasuk juga enggak usah khawatir kapasitas bakal berkurang secara signifikan.

Cuman, ada beberapa catatan kami yang dirasa bisa jadi sisi minus tuh laptop, seperti kualitas webcam yang masih jauh dari kata sempurna, meskipun kalian masih bisa login windows lewat kamera. Disamping itu, suhu juga bisa jadi masalah kalo kalian make tuh laptop sambil dicass. Dan harga pun cukup tinggi, dimana laptop ini punya nilai terendah berkisar mulai dari 18 jutaan.

Tapi terlepas dari itu semua, ZenBook 13 UX334FLC masih dibilang cukup berharga untuk kalian pertimbangin, khususnya jika kalian seorang multi-tasker yang butuh extra layar termasuk tenaga komputasi besar, namun masih tetep pengen laptop kecil dan punya sejuta pesona.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat