- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

GIGABYTE AORUS Radeon RX 5700 XT 8G Review : Lebih Dari Sekedar Performa Besar

Gaming PC yang worth itu biasanya ada beberapa faktor, salah satunya adalah VGA yang nendang banget, enggak cuman dari sisi kinerja, tapi juga desain yang berkelas. Nah, ketika kalian sedang nyari VGA baru yang bisa ngangkat Gaming PC kalian lebih nyenengin, maka AORUS RADEON RX 5700 XT 8G tentu layak banget buat kalian pertimbangin.

Apa yang menarik dari VGA ini adalah desain premium yang berkelas, kinerja tinggi bahkan punya fitur OC yang bisa ngangkat performa jauh lebih seru. Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin VGA tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini. Kalian juga bisa lihat videonya di channel youtube kami disini, jangan lupa juga untuk subscribe ya. 😀

Baca juga : Sapphire Pulse RX 5500 XT 4GB GDDR6 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

AORUS RADEON RX 5700 XT 8G 8G Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

VGA baru AMD bisa dibilang bawa banyak hal seru bagi penggemar, baik dari sisi kinerja, konsumsi daya maupun harga. Dan salah satu pilihan superior hari ini adalah Radeon RX 5700 XT, dimana GPU tersebut punya kekuatan hebat enggak cuman di level 1440p aja, namun kinerja 4K juga masih kuat banget.

Dan ketika kalian sedang nyari pilihan terbaik untuk seri ini, Gigabyte nawarin pilihan produk unggulannya dalam bentuk AORUS Radeon RX 5700 XT 8G. Ini bisa dibilang sebagai seri premium yang nawarin banyak hal berharga bagi konsumen, cuman kalian tentu perlu ngeluarin anggaran extra buat mendapatkannya.

Pertama adalah desain, dimana VGA hadir dalam bentuk faktor ATX dan butuh ruang yang cukup besar dengan ukuran Panjang sekitar 29cm, lebar sekitar 12.3cm dan ketebalan sekitar 5.8cm. VGA ini juga butuh ruang hingga 2 slot lebih pada casing.

Sudut finishing desain dan pilihan komponen kerasa banget kelasnya, termasuk sajian premium extra backplate yang bisa bawa estetika terasa lebih keren. Dan enggak cuman itu aja, VGA ini juga dukung fitur RGB, khususnya pada bagian shroud dengan dua pilihan LED kecil di kedua sisi. Kalian juga bisa atur pencahayaannya lewat software RGB Fusion.

Sedangkan buat konektivitas, seri ini bawa total 6 port display, termasuk 3 port HDMI dan 3 DisplayPort. Untuk pasokan daya, kalian butuh PSU minimal 600W buat ngangkat VGA ini lewat 2x 8 pin. Buat urusan pendinginan, VGA ini hadir dengan pendingin populer Windforce 3 fan dan punya fitur rotasi yang bisa berputar secara otomatis.

Seri ini juga didukung software extra AORUS Engine, meskipun apa yang ditawarin tuh software terkadang enggak terlalu berguna banget dengan desain dan interface yang sangat sederhana. Untungnya, Radeon software Adrenalin terbaru bisa dongkrak kinerja jauh lebih efektif, termasuk fitur OC.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi AORUS Radeon RX 5700 XT 8G
Graphics Processing Radeon™ RX 5700 XT
Core Clock Boost Clock : Up to 2010 MHz (Reference card is 1905 MHz)
Game Clock* : 1905 MHz (Reference card is 1755 MHz)
Base Clock : 1770 MHz (Reference card is 1605 MHz)
Stream Processors 2560
Process Technology 7 nm
Memory Clock 14000 MHz
Memory Size 8 GB GDDR6
Memory Bus 256 bit
Memory Bandwidth (GB/sec) 448 GB/s
Multi-view 6
Card size L=290 W=123 H=58 mm
PCB Form ATX
DirectX 12
OpenGL 4.6
Recommended PSU 600W
Power Connectors 8 Pin*2
Output DisplayPort 1.4 *3
HDMI 2.0b *1
HDMI 1.4b*2

Sedangkan untuk spesifikasi internal, seri ini bawa kekuatan yang sangat mumpuni buat libas game modern tanpa banyak hambatan besar, bahkan masih layak di resolusi 4k. seri ini bahkan punya sisi unggulan dalam hal clockspeed yang lebih besar, termasuk stabilitas sistem yang baik saat di OC.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Dengan spesifikasi internal VRAM sebesar 8GB GDDR6 256-bit, 2560 Stream processor, memory clock up to 14Gbps dan memori bandwith hingga 448 Giga perdetik, seri ini bisa pas banget ngasih kinerja seru bagi konsumen, termasuk clockspeed besar hingga 2010 mhz, jauh lebih tinggi dibanding seri reference.

Inilah mengapa, AORUS RADEON RX 5700 XT 8G perlu kekuatan extra besar buat maksimalin kinerja VGA tersebut, termasuk juga spesifikasi minimum yang ideal.  Dan jika melihat spesifikasi, AORUS RADEON RX 5700 XT 8G tentu punya potensi jadi salah satu GPU powerful dari AMD yang layak banget untuk kalian dapetin, cuman harga tentu tidak datang dengan murah.

Kinerja

Nah, buat memperlihatkan performa VGA ini, kami hadirkan kinerja standar bawaan dan fitur OC lewat software Adrenalin Edition pada beberapa gaming terbaru dengan fitur Auro Overclock, termasuk radeon Boost. Sehingga, ini bisa jadi pembanding yang baik layak enggaknya VGA tuh bagi PCbuilder, termasuk potensi pendinginan yang bisa dicapai.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Ok, pertama ada Battlefield V, dimana game ini masih menarik untuk dimainkan hari ini, apalagi di resolusi 1440p. AORUS Radeon RX 5700 XR tentu bisa libas dengan mudah pada resolusi tersebut dengan tingkat Fps besar, bahkan versi OC bisa ngasi kinerja lebih baik dengan perbedaan hingga 13% dibanding versi default, termasuk lebih baik dibanding RTX 2070 SUPER dengan selisih 17%.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Sedangkan buat game assassin’s creed odyssey, VGA ini ngasih nilai FPS rata-rata hingga 59 dan kinerja OC hingga 64 dengan selisih sekitar 7%.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

VGA ini juga bisa libas game sekelas Shadow Of The Tomb Raider diatas 60Fps pada level 1440p, dan punya selisih kinerja hingga 4% untuk versi OC.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Star wars jedi: fallen order juga bisa jadi pilihan baik buat liatin kinerja VGA ini di level 1440p, dan ternyata VGA ini bisa ngasi kinerja besar hingga 125 Fps untuk versi OC dan punya selisih 4% lebih baik dibanding versi default.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Sedangkan buat game baru lainnya, termasuk Borderland 3 maupun Gears 5, AORUS RADEON RX 5700 XT 8G ngasi kinerja worth banget diatas 60 Fps pada level 1440p, bahkan jauh lebih nyenengin untuk versi OC dengan peningkatan Fps yang cukup lumayan baik hingga beberapa persen.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Suhu & Konsumsi Daya

Sedangkan untuk suhu, kekuatan besar dari apa yang ditawarin VGA ini tentu butuh pengorbanan besar pula, termasuk buat urusan suhu. Suhu bahkan bisa nyampe hingga 85 °celcius, meskipun itu masih terhitung cukup normal, termasuk untuk versi OC.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Dan hal tersebut juga berlaku buat urusan konsumsi daya, dimana konsumsi daya rata-rata melebihi dari apa yang pernah kami bahas lewat ASUS TUG Gaming. Konsumsi daya bahkan bisa jauh lebih besar diatas 200W saat versi OC berlaku.

AORUS Radeon RX 5700 XT 8G

Kesimpulan

AORUS Radeon RX 5700 XT tentu bakal nyempurnain gaming PC kalian jauh lebih berharga, terlebih dari sajian premium maupun kinerja yang ditawarin, apalagi kemudahan fitur OC yang worth banget buat ngangkat performa gaming jauh lebih seru. Disamping itu, VGA itu juga punya bentuk desain yang sangat nyenengin, meskipun sajian RGB sih masih terhitung biasa.

Cuman, harga yang ditawarin tentu cukup mahal, dimana kalian perlu ngeluarin anggaran diatas 7 jutaan, termasuk suhu yang cukup panas hingga diatas 80°derajat, meskipun masih aman sih. Dan satu lagi adalah konsumsi daya yang lebih besar dibandingin versi standar.

Terlepas dari itu semua, dan jika kalian masih ok dengan harga yang ditawarin, VGA ini tentu layak banget untuk kalian pertimbangin. Kinerja dan faktor desain premium bakal ngangkat wibawa PC gaming kalian bisa lebih berkelas, termasuk buat show off. Nah, itu dia Ulasan kita tentang VGA Baru AORUS Radeon RX 5700 XT, semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat