- Casing PC, Gaming Gear, Hardware

Be Quiet! Pure Base 500 Review : Casing PC Semi Modular, Elegan & Terjangkau

Be Quiet! Pure Base 500, casing terbaru yang baru dirilis pada bulan September kemarin ini bisa jadi solusi ideal kalian yang menginginkan nilai kompak dan fitur sangat fungsional untuk sebuah sasis PC handal plus harga yang juga cukup terjangkau.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin tuh casing? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : NZXT H510i Review : Casing PC Berkelas, Lebih Banyak Fitur Hebat & Bermakna

Be Quiet! Pure Base 500 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Be Quiet!  masih bisa dikatakan sebagai salah satu merk populer diantara pengguna untuk urusan Casing PC. Tentu, itu karena mereka punya sisi kualitas tangguh, sisi estetika yang cukup menawan dan kemudahan. Dan bicara mengenai casing PC, kali ini produsen rilis produk terbaru yang kayaknya cukup menyenangkan untuk budget user dengan hadirnya Pure Base 500 Mid Tower Case. Be Quiet!  mengklaim bahwa seri ini punya fitur Ringkas dan sangat Fungsional.

Be Quiet! Pure Base 500

Artinya bahwa casing tersebut enggak cuma punya fitur extra yang dapat disesuaikan oleh pengguna, namun punya desain yang cukup canggih dan cukup berkelas dari sudut estetika.

Spesifikasi Be Quiet! Pure Base 500
PSU form factor ATX PS/2
Motherboard compatibility ATX, M-ATX, Mini-ITX
Case size excl. stands (L x W x H), (mm) 450 x 231 x 443
Installation of motherboards with backplate
Case size incl. stands (L x W x H), (mm) 450 x 231 x 463
Dimensions side panel window (L x W), (mm) 400 x 431.3
Color option Black
Weight (kg) 6.95 / 7,53 (windows)
USB 3.0 2
HD Audio I/O Mic + Audio
Expansion slots 7
Fan mounting locations 6
Harga Rp1.150.000

Ruang internal yang disajikan mungkin tidak terlalu besar, namun masih mencukupi untuk kebutuhan pengguna modern hari ini, termasuk sisi kompabilitas untuk mobo hingga ukuran ATX, 7 slot expansi buwat peripheral extra, dukungan VGA maksimum hingga 37cm dan maksimum ketinggian CPU Cooler hingga 19cm. Jadi, walaupun punya kesan kecil, namun pada dasarnya casing ini sudah bisa nampung hampir semua perangkat keras modern.

Be Quiet! Pure Base 500

Pure Base 500 itu sendiri punya dua pilihan konfigurasi, yaitu Pure Base standar dan Pure Base Windows. Nah, supaya kalian enggak bingung, perbedaan utama dari dua pilihan tersebut cuma kehadiran kaca tempered bagian samping aja, dimana seri Windows yang punya fitur tersebut. Sedangkan untuk harga kayaknya masih sama atau punya selisih sedikit aja.

Be Quiet! Pure Base 500

Nah, casing ini juga memiliki berat sekitar 7.5Kg untuk versi Windows dan hingga 6.9kg untuk versi standar. Sedangkan ukuran dimensi masih tetap sama dengan Panjang sekitar 45cm, lebar sekitar 23cm dan tinggi sekitar 46cm. Be Quite memberikan tiga pilihan warna untuk casing ini, yaitu hitam, abu-abu metalik dan putih.

Terlepas dari dimensinya yang ringkas, case baru ini punya banyak fitur menarik, seperti penutup atas yang dapat dilepas serta dapat digunakan buwat ngurangin kebisingan atau ningkatin aliran udara.

Be Quiet! Pure Base 500

Kehadiran braket juga cukup lengkap, dimana kalian bisa memasang storage ukuran 3.5” hingga dua slot dan storage ukuran 2.5” hingga 5 slot. Braket tersebut hadir cukup tersembunyi dibawah selubung PSU maupun dibalik motherboard. Hal terbaiknya, kalian bisa dengan cukup mudah untuk melepas braket sehingga pemasangan bisa sangat mudah untuk dilakukan.

Be Quiet! Pure Base 500

Nah, buat memastikan pengoperasian yang hening tanpa suara, bagian dalam panel depan, panel samping jendela tertutup dan penutup atas standar ditutupi dengan bahan kedap suara, yang tentu aja bisa bawa sisi pengoperasian yang jauh lebih tenang bagi pengguna.

Be Quiet! Pure Base 500

Sedangkan buwat Pengaturan kabel, fitur ini juga disederhanain lewat PSU Shroud dan punya beberapa nilai extra, termasuk tali Velcro, dan banyak lubang buwat ikat tali di bagian belakang mobo.

Jadi pada intinya, managemen kabel bisa sangat nyaman buwat dilakuin, bahkan kalian bisa masang PSU dengan sangat mudah. Kehadiran braket yang dapat dilepas di bagian belakang casing jadi salah satu alasan utamanya. Sedangkan untuk pemeliharaan kebersihan, seri ini udah cukup lengkap, termasuk dusk filter bagian bawah yang juga mudah dilepas dengan menariknya keluar dari depan, tanpa perlu mindahin atau bongkar PC.

Konektivitas

Buat urusan konektivitas, Pure Base 500 punya beberapa pilihan front panel yang cukup lengkap untuk nyambungin PC kalian ke perangkat extra, termasuk dua buah port USB 3.0  dan dua buah port jack audio 3.5mm.

Be Quiet! Pure Base 500

Sayangnya, produsen enggak ngasi solusi extra buat konektivitas modern USB Type C yang udah mulai umum dikalangan pengguna moder. Meski itu masih belum terlalu dibutuhin sih, karena USB 3.0 masih bisa mencukupi dengan speed yang cukup lumayan cepat.

Dukungan Pendinginan

Nah, untuk urusan pendinginan, seri ini bisa dikatakan yang terbaik, dimana casing tersebut bisa dukung hingga 6 fan baik antara ukuran 12cm ataupun ukuran 14cm. Ini bisa ngasi solusi pendinginan system yang terbaik, bahkan kalian duah dapat bonus dua buah fan pure Wing ukuran 14cm yang sangat cukup powerful dengan speed hingga 900 Rpm.

Be Quiet! Pure Base 500

Disamping itu, kalian juga bisa masang radiator watercooling hingga ukuran 360mm. sesuatu yang jarang banget ditawarin oleh casing merk lain pada ukuran mid tower. Jadi, ini bisa jadi sisi unggulan yang pasti buat Pure Base 500.

Be Quiet! Pure Base 500

Kesimpulan

Be Quiet! Pure Base 500 kayaknya worth banget buat kalian yang pengen casing PC berkelas dan punya banyak fitur yang menyenangkan bagi pengguna. Ada beberapa sisi unggulan yang ditawarin oleh casing tersebut, diantaranya adalah :

  • Sudut Estetika yang cukup eye-catching, dimana casing ini secara utuh enggak cuman nawarin kualitas hebat aja, namun juga punya sisi estetika yang terkesan sangat berkelas.

Be Quiet! Pure Base 500

  • Solusi pendinginan terbaik, bahkan kalian bisa pasang hingga 6 fan ukuran besar, termasuk radiator hingga 360mm
  • Dukungan managemen kabel yang baik, termasuk beberapa bagian yang mudah dilepas untuk memudahkan pemasangan komponen.
  • Hal tersebut juga berlaku untuk urusan kemudahan pemeliharaan casing, bahkan punya banyak filter udara plus mudah juga buwat dilepas
  • Dan, harga yang tentunya cukup terjangkau

Sayangnya, Pure Base 500 juga punya nilai minusnya yang bisa cukup ngaruh bagi kalian sebelum membeli casing ini, khususnya bagi mereka yang punya banyak perangkat hebat untuk memulai, diantaranya adalah :

  • Sisi konektivitas yang cukup terbatas, dimana produsen cuman ngasi port USB 3.0 aja
  • Enggak ada fitur header buat adresable rgb ataupun buat ngatur fan. Jika kalian punya smart device, kalian kayaknya perlu nyambungin langsung ke mobo.

Cuman, terlepas dari itu semua, Be Quiet! Pure Base 500 tentu sangat layak buat kalian pertimbangin. Dengan harga sekitar 1 jutaan lebih sedikit, kalian udah bisa dapetin sebuah casing pc hebat dan punya banyak fitur menarik, termasuk kemudahan buat masang komponen didalam sasis tersebut.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat