- Kartu Grafis, Prosesor, Tutorial

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai TDP Secara Utuh

Membeli sebuah komponen CPU, GPU atau apapun itu biasanya berkaitan dengan TDP atau Thermal Design Power. Dan banyak dari pengguna terkadang sedikit menyalah-artikan hal tersebut sebagai kekuatan daya utama dari komponen. Meskipun tidak sepenuhnya benar ataupun salah, namun artian dari sesungguhnya TDP lebih kepada nilai panas yang bisa dihasilkan.

Karena TDP itu sendiri memiliki makna utama sebagai titik desain termal, yang berarti ini adalah jumlah panas yang dihasilkan oleh sebuah chip komputer atau komponen dengan hitungan dasar dalam watt.

Baca juga : Hal Yang Kamu Perlu Ketahui Tentang Google Stadia, Pre-Order Sudah Tersedia

Tapi hey tunggu dulu, bukankah kehadiran TDP bisa memberikan arti luas bahwa ini bisa menjadi standar daya yang bisa dihasilkan oleh perangkat tersebut? Iya, TDP sangat berkaitan erat dengan konsumsi daya dari komponen dengan istilah Average CPU Power (ACP), dimana menurut AMD nilai-nilai ACP dan TDP dari prosesor akan hidup berdampingan.

Artinya begini, semakin besar panas yang dihasilkan oleh prosesor, maka semakin besar pula daya yang ditariknya (inilah mengapa mereka mengatakan itu bisa hidup berdampingan). Namun, kehadiran TDP bisa menjadi standar utuh bagaimana kekuatan panas yang bisa dihasilkan oleh prosesor dibawah beban kerja puncak tanpa kehadiran pendingin extra, seperti CPU Cooler dan sebagainya. Hanya saja, beberapa sumber menyatakan bahwa daya puncak untuk mikroprosesor biasanya 1,5 kali dari peringkat TDP.

Disisi lain, TDP bukanlah jumlah panas terbesar yang dapat dihasilkan CPU (daya puncak), melainkan jumlah panas maksimum yang akan dihasilkannya saat menjalankan “aplikasi nyata”. Ini memastikan komputer bisa menangani semua aplikasi dasar tanpa melebihi selubung termal. Namun jika aplikasi nyata tersebut membutuhkan beban kerja yang super berat, maka kehadiran pendingin extra akan sangat dibutuhkan agar prosesor masih bisa bekerja maksimum.

Inilah mengapa, prosesor mobile dengan nilai TDP dibawah 15W terkadang tidak membutuhkan pendingin extra. Sementara prosesor desktop biasanya hadir dengan nilai TDP besar, sehingga kehadiran pendingin (bahkan pendingin super besar) sangat dibutuhkan, tentu untuk menjaga meminimalisasi kinerja CPU tetap dalam keadaan baik.

So, Sudahkah kalian mengerti sampai tahapan ini? (kami harap belum), karena masih ada banyak hal lain yang belum terungkap sepenuhnya, bahkan kami memiliki batasan tersendiri untuk urusan TDP yang cukup kontroversial ketika berkaitan dengan nilai konsumsi daya sepenuhnya. Namun, kini setidaknya kalian bisa mengetahui arti utuh dari istilah tersebut. Jadi, semoga bermanfaat, dan jangan ragu untuk meluruskan sesuatu jika kami mengatakan hal yang salah melalui kolom komentar dibawah ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai TDP Secara Utuh

Comments are closed.