- Berita Terbaru, Serba-serbi

FaceApp Semakin Viral, Tapi Beresiko Korbankan Nilai Privasi Pengguna

FaceApp semakin viral, bahkan semakin menggila dikalangan pengguna. Hanya saja, perlu kalian ketahui bahwa aplikasi ini bisa memberikan dampak negatif, ketika itu berkaitan dengan privasi dan membawa kepentingan tertentu atau bahkan sebuah negara.

Menurut Geoffrey A. Fowler dari The Washington Post yang menyatakan bahwa, ia semakin khawatir tentang bahasa hukum aplikasi yang samar dan melakukan sedikit penggalian forensik mengenai aplikasi ini. Apa yang dia temukan bisa sangat “meresahkan” tentang situasi ketika ” berapa banyak data yang dikirim FaceAppp ke servernya sendiri.”

Baca juga : AMD Dikabarkan Tidak Lagi Produksi Radeon VII, Fokus Utama Pada Navi GPU

Itu karena aplikasi seluler ini mengunggah foto yang dipilih oleh pengguna untuk diedit, meskipun bukan seluruh gulungan kamera yang ada diponsel. Menariknya, menurut Goncharov, CEO FaceApp ketika diwawancarai oleh Fowler , ia menegaskan bahwa persyaratan layanan ini akan memberikan FaceApp lisensi “abadi” untuk menggunakan foto-foto itu dikemudian hari.

Menurut Goncharov, foto-foto tersebut tidak digunakan untuk menjalankan atau menguji teknologi pengenalan wajah, meskipun FaceApp secara hukum diizinkan untuk melakukannya (berdasarkan ToS). Artinya bahwa, ketika mereka memiliki hasil cetak yang bagus, ini bisa memberi FaceApp hak untuk menggunakan foto-foto yang pengguna unggah secara “bebas”.

Dengan kata lain, mereka dapat menggunakan dan / atau menjual atau melisensikan foto kalian untuk tujuan apa pun. Bahkan, Itu termasuk menyerahkannya kepada pemerintah Rusia, meskipun Goncharov mengatakan bahwa otoritas Rusia tidak memiliki akses ke foto-foto itu. Disisi lain, pengguna dapat mengajukan permintaan agar foto mereka dihapus dari cloud FaceApp.

Inilah mengapa, Pemimpin Senat Minoritas Chuck Schumer telah menulis surat kepada FBI dan FTC mendesak lembaga tersebut untuk meluncurkan penyelidikan, ungkap Business Insider. Kekhawatirannya adalah bahwa hal itu “dapat menimbulkan risiko keamanan dan privasi nasional bagi jutaan warga AS.”

Terlepas dari itu semua, FaceApp tentu memiliki banyak hal yang menyenangkan. Namun satu hal yang perlu kalian ketahui, sebaiknya memiliki batasan unggahan untuk menjaga privasi tetap dalam keadaan utuh.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat