- Hardware, Laptop, Macbook, Prosesor

Intel Ice Lake 10nm, Apa yang Bisa Kita Semua Harapkan Pada CPU Terbaru ini

Intel Ice Lake 10nm siap memberikan banyak kejutan bagi penggemar tahun ini, apalagi produsen menjanjikan banyak hal menyenangkan bagi penggemar. Disamping itu, beberapa produsen laptop sudah mulai memberikan upgrade CPU tersebut sebagai pilihan utama mereka.

Nah, jika kamu berencana untuk mengupgrade perangkat laptop kamu pada pilihan yang lebih baik melalui barisan prosesor Intel Mobile terbaru, ada baiknya membaca terlebih dahulu mengenai apa yang bisa ditawarkan mereka.

Baca juga : HP Umumkan Seri Mini PC Terbaru, Intel Core i9 Generasi Ke-9 Sajian Utama

Intel Ice Lake 10nm, Apa yang Bisa Kamu Harapan pada CPU terbaru ini

Intel akhirnya berhasil melewati fase kritis dengan suksesnya prosesor terbaru mereka, khususnya untuk segmen mobile. Icel Lake CPU benar-benar bisa menjadi banyak harapan semua orang, terlebih lagi produsen mengatakan bahwa ini berisi perbaikan arsitektur utama atas pendahulunya, terutama dalam hal core CPU dan GPU terintegrasi.

Barisan prosesor Intel Ice Lake 10nm itu sendiri dikembangkan dan dirancang selama empat tahun terakhir dan diproduksi dalam 10 nm di Intel Israel Fab28, chip Ice Lake pertama yang tersedia menampilkan empat core CPU dan hingga 64 unit GPU, dan hanya akan tersedia sebagai seri U dan Y mobile untuk saat ini. 

Intel Ice Lake 10nm

Chip itu sendiri terdiri dari dua paket terpisah dengan PCH tambahan. Seri-U yang lebih kuat membutuhkan lebih banyak ruang dan biasanya diberi peringkat 15 hingga 28 W. Seri-Y yang lebih hemat energi dibuat untuk notebook dan tablet yang lebih kecil dan karenanya dipasang pada paket keseluruhan yang lebih kecil. Namun, mengingat bahwa itu didasarkan pada desain inti yang sama, seri tersebut juga bisa menampilkan empat inti fisik juga.

Intel Ice Lake 10nm

Namun pada intinya, barisan prosesor Ice Lake Intel ditandai oleh tiga fitur utama, yakni :

  • Chip 10 nm yang diproduksi secara massal pertama oleh Intel.
  • Arsitektur CPU dan GPU baru.
  • Thunderbolt dan Wi-Fi 6 sebagian bagian terintegrasi ke dalam chip dan / atau paket.

Untuk meningkatkan kinerja, Intel menerapkan dua strategi terpisah:

Disamping itu, produsen juga memperkenalkan arsitektur Baru Sunny Cove sebagai bagian dari seri Ice Lake Mobile CPU. Produsen mengklaim bahwa ini siap memberikan kinerja jauh lebih efektif, terutama dalam hal peningkatan IPC hingga 18%, plus mampu menerapkan instruksi baru unit fungsional untuk skenario populer yang sering digunakan.

Intel Ice Lake 10nm

Untuk meningkatkan kinerja chip secara keseluruhan, saluran pipa melebar dan diperdalam, unit manajemen memori menerima perombakan, dan sebagian besar cache ditingkatkan ukurannya. Menurut Intel seluruh arsitektur direvisi. Dengan kata lain: Ice Lake lebih dari sekadar perubahan kecil.

Peningkatan IPC ini mengimbangi kenyataan bahwa Ice Lake mampu beroperasi pada kecepatan clock yang lebih rendah daripada CPU Whiskey Lake 14nm ++ berkecepatan tinggi. Selain itu, sejumlah instruksi baru serta unit fungsional untuk AI / machine learning (DL Boost), kriptografi, dan kompresi / dekompresi telah diimplementasikan, dan AVX-512, yang sebelumnya hanya tersedia di prosesor kelas server kini menemukan jalannya ke CPU kelas konsumen.

Selain itu, Ice Lake adalah prosesor pertama yang mendukung Intel Dynamic Tuning 2.0 dengan Machine Learning, teknik yang dikembangkan oleh Intel menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk menentukan pemanfaatan inti CPU di masa depan untuk mengoptimalkan Turbo Boost dan menerapkannya dengan lebih cerdas. Skenario kasus terbaik memperkirakan peningkatan kinerja hingga 5%.

Nah, dari sekian banyak fitur hebat yang ditawarkan seri Ice Lake CPU, Intel membaginya dalam beberapa tahapan dari nilai unggulan mereka, diantaranya adalah :

Integrated GPU Gen 11 Yang lebih Powerful

GPU terintegrasi sangat dimodifikasi dan ditingkatkan. Integrated shader (alias unit eksekusi) telah diperlebar, dan piksel per siklus clock telah digandakan untuk meningkatkan kinerja per-inti lebih jauh. Unit dengan eDRAM khusus, seperti Iris SKU yang lebih lama (mis. Iris Plus 650 atau Iris Pro 580) belum tersedia pada saat penulisan. Namun, model Iris Plus yang paling kuat kini memiliki akses ke 3MB L3 cache yang terletak di dekat GPU dan memori bersama 0,5 GB.

Kinerja maksimum hingga 1,12 TFLOPS di FP32 dan 2,25 TFLOPS di FP16 berdasarkan kecepatan clock maksimum 1,1 GHz dan 64 unit eksekusi yang sebanding dengan 1,25 TFLOPS di GeForce MX250 di FP32. Intel juga menawarkan GPU dengan unit eksekusi yang lebih sedikit dan karenanya kinerja puncak yang lebih rendah. GPU paling lambat disebut sebagai Grafis UHD dan dapat ditemukan di semua CPU yang didekorasi dengan G1.

Thunderbolt On-Chip

Untuk menurunkan biaya dalam upaya mengintegrasikan Thunderbolt 3 dan standar USB 4.0 mendatang, Intel mengintegrasikan pengontrol yang diperlukan langsung ke SoC. CPU dapat menyediakan 2 atau 4 port, dan harusnya dapat dilakukan oleh produsen untuk menerapkan retimer sederhana per port serta pengontrol Pengiriman Daya.

Disisi lain, Pengontrol Thunderbolt seharusnya mengkonsumsi tidak lebih dari 300 mW energi di bawah beban penuh, dan karenanya tidak akan memaparkan catu daya atau larutan pendingin ke sejumlah tegangan tambahan yang terlihat. Chip seri Y khususnya harus mendapatkan manfaat besar dari fitur ini karena anggaran termal dan daya yang sangat terbatas.

Wi-Fi cepat Dalam Satu Paket

Meskipun tidak secara langsung on-chip, modem Wi-Fi 6 (802.ax CNVi 2) sebenarnya terintegrasi ke dalam paket PCH (hub pengontrol platform) dan membutuhkan chip RF AX201 tambahan. Intel dengan demikian adalah salah satu produsen pertama yang mendukung 802.ax, dan bermaksud untuk memberikan salah satu pengalaman nirkabel tercepat Wi-Fi 6 Gig + dengan dukungan 160 Hz dan OFDMA. Wi-Fi 6 sangat menarik di jaringan dengan sejumlah besar klien Wi-Fi.

Kesimpulan Awal

Meskipun belum ada bukti utuh bagaimana hebatnya semua CPU terbaru yang ditawarkan Intel Ice Lake 10nm, namun apa yang telah kami ungkap diatas bisa menjadi salah satu potensi bagaimana serunya prosesor terbaru Intel ini, khususnya untuk segmen mobile. Kita tunggu saja nanti bagaimana semua kepastian tersebut bakalan berlangsung.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat