- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

AMD Dikabarkan Tidak Lagi Produksi Radeon VII, Fokus Utama Pada Navi GPU

Kehadiran kartu grafis baru tampaknya membuat seri lama terlihat enggak terlalu berarti, bahkan jika seri tersebut masih terhitung baru. Dan ternyata, ini berlaku untuk seri Radeon VII, dimana menurut Outlet media Prancis Cowcotland, mereka mengatakan bahwa AMD Radeon VII dilaporkan telah mencapai status EOL (End-Of-life).

Itu berarti, AMD tidak akan lagi memproduksi Radeon VII, terlebih lagi kehadiran Radeon RX 5700 jelas bisa membuat seri GPU AMD jauh lebih kokoh, padahal nilai harga jauh lebih murah. Inilah mengapa, AMD tampaknya ingin lebih fokus pada Navi GPU yang membawa banyak nilai positif.

Baca juga : Kartu Grafis Terbaru AMD 7nm Sudah Tersedia, Harga & Spesifikasi Sangat Menggoda

Disisi lain, seri Radeon VII yang dirilis awal bulan februari 2019 ini hadir sebagai jembatan awal bagaimana produsen bisa memperlihatkan keberhasilan kartu grafis 7nm pertama kepada dunia. Hanya saja, seri ini tidak selaras dengan banyak harapan penggemar, bahkan tidak mengalami penyerapan yang kuat di komunitas game.

Dari sudut pandang moneter, masuk akal juga jika perusahaan memberikan pensiun awal pada Radeon VII. Seperti yang dapat kita simpulkan sementara, dengan banderol harga $ 699 atau sekitar 10 jutaan, itu jelas banyak memberatkan penggemar. Disisi lain, kinerja yang hadir tidak terlalu kuat, apalagi jika dibandingkan dengan Radeon RX 5700 XT yang memiliki perbedaan kinerja rata-rata hingga 3.8%. Padahal, seri XT hadir dengan harga lebih murah dengan nilai 6.5 jutaan saja.

Terlepas dari upaya keras AMD untuk memasarkan Radeon VII sebagai produk gaming, kartu grafis ini tampaknya juga lebih condong ke sisi profesional. Pandangan sekilas pada spesifikasinya menunjukkan bahwa Radeon VII lebih cocok untuk beban kerja yang berat, seperti komputasi, pembuatan konten, rendering, dan lain-lain. Sedangkan untuk Gaming, seri ini bisa dikatakan memiliki fokus kedua.

Bahkan, menurut Tomshardware, Stok Radeon VII yang tersisa di luar sana mungkin akan menemukan jalannya ke sistem prosumer dan profesional daripada rig gaming. Jadi, jika ini benar adanya, kita hanya tinggal mengucapkan selamat tinggal pada Radeon VII yang memiliki hidup sementara.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat