- Audio, Gaming Gear, Hardware, Headset, Peripheral

Sharkoon RUSH ER3 Gaming Headset Review, Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Sharkoon RUSH ER3 bisa menjadi pilihan ideal kamu saat mencari sebuah gaming headset keren dengan nilai harga yang cukup terjangkau. Apalagi, produsen asal Jerman ini dikenal selalu membawa segudang pilihan menarik dengan kualitas handal.

Dengan nilai harga sekitar 740 ribu rupiah, kamu bisa mendapatkan sebuah perangkat gaming yang cukup baik untuk membawa suasana pengalaman gaming terasa jauh lebih seru, apalagi seri ini membawa bentuk desain yang cukup menyenangkan hati. Nah, penasaran dengan gaming headset RUSH ER3 dari Sharkoon tersebut? Mari kita ungkap detailnya di bawah ini.

Baca juga : Sharkoon Rilis Seri PSU Terbaru Dengan Banyak Fitur Hebat, WPM Gold ZERO

Sharkoon RUSH ER3 Gaming Headset Review : Pandangan Umum

Kebutuhan seorang gamer hari ini tidak terbatas pada pilihan perangkat inti saja, karena kehadiran peripheral gaming lainnya juga bisa memompa kinerja kasual seorang gamer jauh lebih efektif. Dan hal tersebut juga berlaku untuk urusan Gaming headset, dimana ini bisa menjadi sumber audio terbaik yang kamu butuhkan untuk menyempurnakan pengalaman gaming yang jauh lebih seru.

Dan ketika kamu sedang mencari pilihan ideal dengan nilai harga yang cukup terjangkau, Sharkoon hadir untuk memberikan solusi gaming Headset yang cukup menyenangkan hati, RUSH ER3. Seri ini mungkin bisa dikatakan masih dalam tahapan entry level headset, dimana ia hanya memiliki beberapa fitur inti saja, yakni sebuah headphone plus mikrofon yang bisa menjadi mesin pendengar audio yang cukup nyaman bagi pengguna.

Sharkoon RUSH ER3 Gaming Headset

Namun, terlepas dari nilai sederhana yang disajikan oleh produsen, Sharkoon tampaknya memberikan bentuk desain yang cukup elegan dengan dua kombinasi warna utama, yakni antara putih plus kombinasi biru, dan warna hitam yang dibalut dengan kombinasi warna orange. Kedua pilihan warna tersebut bisa mewakili sebuah arti tersendiri bagi pengguna modern yang menginginkan bentuk desain keren tanpa harus menambah biaya extra untuk pergi.

Sharkoon RUSH ER3 Gaming Headset

Disamping itu, pengguna bisa memasang headset ini pada hampir semua perangkat extra selain PC. Itu berarti, kamu bisa menggunakannya untuk ponsel, Laptop atau bahkan konsol. Meski, kamu mungkin perlu menambahkan alat extra seperti audio splitter untuk menyempurnakan kinerja yang ditawarkannya sebagai alat komunikasi. Namun jika kamu hanya ingin mendengarkan audio saja, seri ini akan baik-baik saja untuk memulai.

Spesifikasi

Spesifikasi Sharkoon Rush ER3
Type Stereo Headset
Design Circumaural
Connector Stereo Jack
Inline Controller
Weight Without Cable 223 g
Speaker Diameter 40 mm
Impedance 32 Ω
Frequency Response 20 Hz – 20,000 Hz
Sensitivity 94 dB ± 4 dB
Max. Power 50 mW
Volume Control Via Inline Controller
Microphone Omnidirectional, 100 Hz – 10,000 Hz
Cable Length 2x 3.5 mm Stereo Jack: 240 cm
Gold-Plated Connectors:
Harga Rp740.000

Sharkoon RUSH ER3 itu sendiri memiliki bobot yang cukup ringan sekitar 223gram dan bisa cukup ideal untuk dalam hal sisi portabilitas, terlebih lagi mereka menghadirkan bentuk desain yang mudah untuk disesuaikan dengan ukuran kepala pengguna secara umum. Tentu, kehadiran bantalan sirkumaural yang lembut dan ikat kepala yang empuk merupakan salah satu alasannya, apalagi seri ini juga mendukung untuk sesi gaming yang cukup lama, meski kamu mungkin perlu sesekali melepaskan headset tersebut. Hanya saja, RUSH ER3 tidak sesuai untuk ruangan yang cukup panas, apalagi di area yang memiliki banyak tantangan untuk membuat semua keringat kamu keluar sepenuhnya.

Sharkoon RUSH ER3 Gaming Headset

Namun untuk urusan audio, seri ini menawarkan kualitas audio yang sangat baik, bahkan semua hal kecil akan terdengar secara nyata. Ini bisa menjadi sisi keunggulan tersendiri untuk sebuah gaming headset yang memiliki ukuran speaker sekitar 40mm dengan nilai harga yang cukup murah. Produsen itu sendiri memberikan pilihan Stereo Headset dengan beberapa fitur extra, termasuk kehadiran port Jack dengan fitur konektor Gold Plated 3.5m. Ini berarti, tingkat ketahanan konektor berlapis emas jauh lebih baik jika dibandingkan dengan konektor standar.

Sharkoon RUSH ER3 Gaming Headset

Dan untuk memudahkan pengaturan audio maupun mikrofon saat sesi gaming, RUSH ER3 hadir dengan fitur Inline Controller yang terintegrasi dalam kabel headset. Pengontrol ini memilik fungsi sederhana, tidak ada fitur extra didalamnya, dimana kamu hanya akan menemukan sebuah audio volume maupun tombol On atau Off untuk audio suara pengguna.

Dan berbicara mengenai mikrofon, kamu bisa berbicara dengan semua anggota tim dalam gaming dengan cukup jelas, apalagi ini dilengkapi dengan driver 40 mm andal yang menghadirkan suara yang tepat plus sajian yang fleksibel. Artinya, kamu bisa mengatur posisi mix sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk urusan kabel tetap yang disajikan oleh gaming headset ini, sharkoon memberikan fitur kabel yang kokoh dengan Panjang hingga 240cm. Itu tentu bisa memberikan ruang yang cukup luas, meski salah satu kendalanya adalah manajemen kabel yang terkadang bisa memberikan mimpi buruk bagi pengguna (yang biasa hadir sebagai masalah utama kabel tetap). Untuk itulah, sebelum memakai headset ini, sebaiknya atur terlebih dahulu semua urusan kabel.

Kesimpulan

Terkadang, kamu tidak selalu membutuhkan sebuah gaming headset yang mahal, karena pilihan murah tampaknya sudah bisa mewakili semua kebutuhan sederhana kamu. Dan hal tersebut juga berlaku untuk Sharkoon RUSH ER3, dimana dengan nilai harga sekitar 700 ribuan, pilihan ini bisa menjadi jembatan hebat untuk kebutuhan audio dalam hal gaming.

Meski, seri ini memiliki beberapa kekurangan, dimana ia terkadang tidak terlalu nyaman ketika kondisi ruangan terasa cukup panas, apalagi jika kamu seseorang yang suka mengeluarkan keringat dengan mudah. Ini tentu bisa menjadi hambatan untuk memiliki headset tersebut. Dan ketika itu terjadi, bantalan akan terasa cukup lengket, dan itu akan membawa suasana terasa tidak ideal untuk melanjutkan. Selain itu, tombol kontroler untuk audio maupun mikrofon tampaknya dibuat dengan sajian yang sangat sederhana, bahkan proses finishing terasa agak hambar. Meski, fungsi yang disajikan masih utuh dan baik-baik saja.

Sharkoon RUSH ER3 Gaming Headset

Namun, seri ini memiliki bentuk desain yang sangat baik, bahkan terasa cukup berkelas untuk sebuah headset senilai 700 ribuan. Tentu ini bisa menjadi pemompa yang baik untuk sekedar unjuk gigi di area umum saat memakainya sebagai kebutuhan audio semata.

Dan terlepas dari itu semua, Sharkoon RUSH ER3 bisa menjadi bahan rekomendasi kami sebagai sebuah perangkat headset gaming nyaman, murah dan nilai bentuk desain yang cukup menyenangkan hati. Meski, seri ini tampaknya tidak tersedia secara luas di negara kita, dimana jika kamu ingin mendapatkannya, kamu perlu melakukan pembelian di luar melalui market place dunia seperti Amazon.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat