Apa Sih Istilah dB itu? Begini penjelasan sederhananya

Apa Sih Istilah dB itu? Begini penjelasan sederhananya

Apa sih istilah dB itu? Terkadang kita suka mendengar istilah ini dalam beragam spesifikasi pada sebuah perangkat, khususnya jika itu berkaitan dengan tingkat suara yang dihasilkan, misalnya Fan, Speaker, dan sebagainya. Untuk itulah, beberapa penjelasan di bawah ini mungkin bisa memberikan sebuah pengertian bagi kamu dalam urusan tingkat kebisingan suara.

Dan, ini juga bisa menjadi ide yang baik saat kamu berencana untuk membeli perangkat tertentu berdasarkan tingkat kebisingan suara yang terkecil saat sedang bekerja. Itu tentu bisa membawa pilihan terbaik dan sempurna saat kamu membelinya.

Baca juga : Cara Untuk Mengatasi Masalah Gambar Yang Tidak Bisa Dibuka di Adobe Photoshop

Jadi, Apa Sih dB itu? Begini penjelasan sederhananya

dB itu sendiri merupakan kepanjangan dari Desibel, dimana ini digunakan sebagai istilah atau unit yang digunakan untuk mengukur intensitas suara dalam bentuk skala. Skala desibel bisa menjadi patokan bagaimana sebuah suara bisa ditangkap oleh telinga manusia. Semakin besar skala dB, maka semakin besar suara yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin kecil skala desibel, maka semakin hening suara yang dihasilkan.

Menurut situs science.howstuffworks.com, pada skala desibel, bunyi terkecil yang terdengar (mendekati keheningan total) adalah 0 dB. Sedangkan suara 10 kali lebih kuat dari keheningan total dikategorikan sebagai 10 dB. Dan jika ia memiliki suara 100 kali lebih kuat daripada keheningan total biasanya dikategorikan dalam skala 20 dB. Selanjutnya, suara 1.000 kali lebih kuat daripada keheningan total dekat adalah 30 dB.

Istilah dB

Via Detroitlovedr.com

Masih bingung? untuk lebih jelasnya dalam tingkat kebisingan dalam istilah ini, ada beberapa petunjuk yang bisa menjadi patokan kamu dalam level desibel  yang biasa kita lihat pada berbagai spesifikasi tertentu dalam sebuah perangkat, termasuk juga kita suka mendengarnya dalam kegiatan sehari-hari. Berikut dalam daftar tabel ini adalah tingkat desibel sejumlah suara yang dihasilkan yang bisa menjadi patokan kamu.

Tingkat Kebisingan Suara (dB) Contoh Jenis Suara
0dB Hening
10dB Suara Pin terjatuh
30dB Suara Bisikan
40dB Ocehan, komputer
50dB Percakapan di rumah, Suara lalu lintas dalam jarak 100 meter
60dB Pembicaraan normal, suara musik dalam latar belakang
70dB Kebisingan kantor, di dalam mobil pada 96km
80dB ((suara di atas 85 dB bisa berbahaya) Suara Blender, lalu lintas yang padat
90dB Sepeda motor, Pesawat Boeing 737 atau DC-9 pada jarak satu mil
100dB Pesawat jet Lepas landas, suara Traktor
110dB Mesin, klakson mobil
120dB Petir, suara konser, kerumunan di stadium
130dB Alarm, Pesawat militer lepas landas
140dB suara tembakan (jarak dekat)
150dB Jet lepas landas (jarak 25 meter)

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com