- Android, Apple, Internet, iPhone, Serba-serbi, Smartphone, Technology, Tutorial

Manfaat Besar Teknologi 5G Untuk Masyarakat Indonesia

Era teknologi 5G sudah mulai berjalan tahun ini, dengan banyak harapan besar dari berbagai kalangan. Meskipun belum sepenuhnya terealisasi, namun beberapa perangkat yang membawa teknologi sejuta makna tersebut sudah mulai beredar. Pertanyaannya, dampak positif apa yang bisa kita dapatkan dari kehadiran konektivitas super cepat ini?

Ada banyak janji yang diutarakan dari berbagai pihak yang sedang mengembangkan perangkat canggih mereka dalam teknologi 5G. Meskipun belum sepenuhnya benar, namun realitas positif dari apa yang pernah ditawarkan dalam perpindahan arus 3G ke 4G benar-benar terwujud, bahkan jauh lebih baik lagi.

Baca juga : 5 Pilihan Smartphone 2 jutaan Dengan Segudang Fitur Hebat

Untuk itulah, kehadiran teknologi konektivitas super cepat 5G akan memberikan sisi positif yang jauh lebih baik, dimana peluncuran teknologi ini sudah mulai benar-benar lepas landas tahun 2019. Berbagai industri telekomunikasi di dunia juga sudah berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama dalam membawa teknologi besar ini bagi masyarakat modern.

Jadi, mari kita lihat makna positif apa yang bisa ditawarkan ketika teknologi 5G sudah datang, dan mudah-mudahan negara kita juga sudah siap mengantisipasi kekuatan hebat tersebut datang lebih cepat sampai kepada masyarakat.

1. Menutup Kesenjangan Digital Geografis

Negara kita terdiri dari berbagai pulau, gunung dengan jarak ribuan kilometer. Ini tentu saja membawa kesenjangan digital geografis yang kurang menguntungkan semua pihak, karena tidak semua warga negara kita memiliki akses internet yang ideal untuk memompa berbagai tantangan global. Disisi lain, hanya orang-orang di kota besar saja yang bisa menikmati keuntungan jaringan internet cepat, meskipun tidak semuanya juga berlaku begitu.

Nah, ketika teknologi 5G datang, ini tentu akan membawa banyak berkah bagi masyarakat secara umum, seolah tidak ada lagi jarak yang memisahkan antara kota-kota besar dengan daerah pedesaan yang jauh disana. Apa yang terbaiknya, 5G memberikan kecepatan Internet tercepat ‘di udara’ ke rumah dan tempat kerja yang tidak memiliki akses ke solusi kabel tetap.

Sehingga, tidak ada lagi kabel-kabel yang memanjang dan biasa terbentang di semua sudut, karena dengan konektivitas secara nirkabel, itu sudah cukup membawa manfaat yang sangat berarti bagi pengguna. Selain itu, tingkat kecepatan yang ditawarkan tentunya jauh lebih berarti jika dibandingkan masa lampau.

Baca juga : Qualcomm Snapdragon 855 Siap Jadi Pilihan Pertama Yang Mendukung Teknologi 5G

2. Penghemat Waktu Terbaik

Pernahkah kamu menunggu waktu unduhan film atau game favorit kamu terasa jauh lebih lama dari yang diperkirakan. Itu tentu bisa menjadi waktu yang sangat sia-sia, apalagi jika kegiatan internet kamu juga terasa terganggu, ketika ini memakai semua akses internet sepenuhnya.

Berita baiknya, kehadiran 5G akan membuat banyak hal yang sudah kita lakukan di perangkat seluler (atau apapun itu) menjadi lebih cepat, menghemat lebih banyak sumber daya paling berharga bagi kita: waktu. Disisi lain, menghemat waktu juga berarti menghemat semua anggaran kamu, bahkan memungkinkan untuk menangani beragam aplikasi permintaan tinggi pada saat yang sama.

Disisi lain, hal tersebut juga memiliki makna positif bagi berbagai perusahaan, bahkan membawa nilai efisiensi terbaik dalam proses  pertukaran data instan – dan berpotensi mengembangkan kemampuan mereka juga. Industri yang matang seperti mobil yang terhubung akan didorong ke arus utama, termasuk juga teknologi baru, menciptakan ekosistem segar dan peluang bisnis di sepanjang jalan.

Baca juga : Daftar Harga HP Sony Terbaik Awal Tahun Ini

3. Banyak Manfaat Positif Juga Untuk Pelayanan masyarakat

Dan tidak hanya untuk kalangan bisnis, namun yang terpenting juga adalah konsumen, bahkan bisa menjadi jembatan penghubung paling cepat untuk akses layanan masyarakat. Contohnya, Sebagai konsumen, kita akan mendapat manfaat penuh dari perusahaan melalui 5G, entah  itu berarti pengiriman lebih cepat, waktu tunggu lebih pendek, respons lebih cepat, layanan baru yang sebelumnya tidak mungkin, atau serangkaian solusi yang lebih luas untuk dipilih.

Efek riak dari perubahan ini juga akan terasa di masyarakat kita yang lebih luas. Menurut sebuah studi oleh Qualcomm, 5G bisa berada di belakang hingga $ 12,3 triliun barang dan jasa pada tahun 2035, mendorong pertumbuhan PDB global dan mendukung sebanyak 22 juta pekerjaan.

Lalu ada dampak pada layanan publik kita yang paling kritis, seperti layanan kesehatan, polisi, dan layanan darurat kita. Bayangkan saja perbedaan yang real-time, diagnosis jarak jauh, pemantauan pasien, dan bahkan pembedahan dapat membuat tingkat kelangsungan hidup. Atau bagaimana rekaman CCTV live-streamed dan akses instan ke informasi pelaku dapat membantu polisi untuk menangani kejahatan lebih efektif.

Kesimpulan

Meskipun masih belum seutuhnya sempurna dari apa yang telah saya ungkap (mungkin hanya sebagian saja), namun era teknologi 5G akan menjadi salah satu tumpuan besar bagi masyarakat modern untuk bisa berkembang jauh lebih berarti, bahkan juga untuk negara. Inilah mengapa, kehadiran konektivitas tersebut akan membawa banyak dampak positif untuk hampir semua kalangan.

Semoga saja semua harapan tersebut bisa terwujud tanpa banyak hambatan tahun ini, apalagi bisa benar-benar terealisasi dengan cepat di negara kita sepenuhnya, bukan saja di kota-kota besar, namun seluruh pelosok negeri kita tercinta, Indonesia.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat