- Berita Terbaru, Peripheral, Technology

Standar Baru USB 3.2 Siap Hadir Tahun ini, Potensi Kinerja Bisa Mencapai 20Gbps

Konektivitas transfer data melalui USB kini menjadi bagian dari kebutuhan hampir setiap orang. Dan ketika format USB 3.1 Gen 2 merupakan standar USB paling cepat hingga saat ini, kehadiran format baru USB 3.2 bisa membawa perubahan yang jauh lebih baik lagi.

Potensi yang disajikan oleh format baru dari konektivitas ini memungkinkan pengguna bisa melakukan kegiatan transfer data hingga 20Gbps. Hebatnya, pengguna tidak perlu menunggu waktu jauh lebih lama lagi, karena seri ini akan tersedia pada berbagai perangkat pada akhir tahun 2019.

Baca juga : Choetech USB C Review : Charger Mobil Hebat Dengan Sejuta Manfaat

Itu berarti kita akan melihat berbagai pilihan standar koneksi baru pada perangkat modern, meskipun tidak semua pilihan akan disediakan secara utuh. Karena hanya perangkat premium saja yang akan hadir melalui konektivitas USB 3.2.

Hal tersebut diungkap oleh USB Implementers Forum (USB-IF) di Mobile World Congress, dimana selain mengumumkan format USB 3.2 yang baru, mereka juga melakukan perubahan nama untuk USB 3.0 / 3.1. Meski masih belum tersedia secara utuh bagaimana gambaran yang bisa disajikan oleh format USB 3.2 terbaru ini, namun kecepatan yang disajikan bisa memberikan kinerja hingga 20Gbps, yang berarti memiliki kecepatan sama dengan apa yang ditawarkan oleh Thunderbolt 2.

Chip USB 3.2 pertama kemungkinan akan tiba pada motherboard kelas atas musim panas ini, meskipun kita mungkin harus menunggu sedikit lebih lama untuk periferal lain yang memanfaatkan standar ini, dimana tahun 2020 bisa dikatakan sebagai tahun yang ideal untuk memungkinkan semua hal tersebut tersaji.

Selain itu, USB 3.2 diatur untuk menyerap branding USB 3.0 / 3.1. Jadi, USB 3.1 Gen 1, yang memiliki kecepatan hingga 5 Gbps dan sebelumnya dikenal sebagai USB 3.0, akan berubah menjadi USB 3.2 Gen 1. Ini akan memiliki nama pemasaran sebagai “SuperSpeed ​​USB.”

sementara itu, USB 3.1 Gen 2, yang mendukung 10 Gbps, akan berubah menjadi USB 3.2 Gen 2, alias ‘SuperSpeed ​​USB 10 Gbps.’ Akhirnya, spesifikasi baru yang akan datang akan disebut USB 3.2 Gen 2×2, karena menggunakan dua jalur 10 Gbps berkecepatan tinggi, dan mungkin hanya bisa dilalui dengan USB Type-C. Nama resminya adalah ‘SuperSpeed ​​USB 20Gbps.’ Cukup membingungkan bukan?

Nah, terlepas dari segi penamaan yang membuat bingung banyak pengguna, kehadiran USB 3.2 bisa menjadi solusi pasti bagi pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas kegiatan transfer terasa jauh lebih efektif. Meski, ini pastinya tidak akan datang dengan perangkat yang murah, karena hanya sajian premium saja yang awal mulanya tersedia. Bagaimana menurut kamu?

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Standar Baru USB 3.2 Siap Hadir Tahun ini, Potensi Kinerja Bisa Mencapai 20Gbps

Comments are closed.