Acer Aspire 3 A315-41-R97J Preview : Notebook 7 Jutaan Dengan Kinerja Tangguh (Gaming Ready)

Lagi nyari sebuah notebook 7 jutaan? Acer Aspire 3 A315-41-R97J sangat layak untuk kamu pertimbangkan. Dengan kekuatan prosesor AMD Ryzen 5 2500U, CPU Quad Core ini sanggup memberikan kinerja multi-tasking yang sangat baik, apalagi seri ini juga didukung dengan kehadiran iGPU handal Radeon Vega yang bisa memberikan kinerja gaming eSport yang cukup berarti.

Tentu, selain sajian spesifikasi internal, Acer juga membawa segudang fitur hebat dengan nilai yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan seri Intel. Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan oleh seri tersebut? Mari kita ungkap detailnya di bawah ini.

Baca juga : Acer Suguhkan Monster Gaming Besar Yang Lebih Eye-catching, Predator Triton 900

Acer Aspire 3 A315-41-R97J Preview : Pandangan Umum

Spesifikasi Acer Aspire 3 A315-41-R97J
Operating System Windows 10
Prosesor AMD Ryzen 5 2500U Quad Core up to 3.6Ghz
Memori 8GB DDR4-2400Mhz (Upgradeable up to 16GB)
Graphic Radeon Vega 8
Storage 1TB HDD
Screen Size 15.6 “HD LED (1366×768)
Battery 2-Cell, 4810Mah
Ports 1x USB 3.0
2x USB 2.0
HDMI
Network RJ45
802.11ac
Weight 2.3Kg
Height 25mm
Harga Rp 7.447.000 (Beli)

Seri notebook Aspire 3 itu sendiri merupakan pilihan laptop mainstream yang dikhususkan untuk menunjang penggunaan kegiatan sehari-hari tanpa nilai extra dari sudut premium. Itulah mengapa, tidak ada bentuk desain yang cukup mewah yang disajikan produsen pada seri tersebut, dimana kehadiran materi chassis berbahan plastik harus cukup puas untuk bisa diterima oleh banyak konsumen.

Notebook 7 Jutaan

Namun begitu, sudut estetika masih terasa nyaman untuk dibicarakan, terlebih lagi seri ini membawa bentuk desain yang modern dan terasa berkelas. Laptop itu sendiri juga membawa bentuk yang cukup ramping dengan bobot hingga 2.3Kg dan tingkat ketebalan sekitar 2.5cm. Meski bukanlah yang tertipis di kelasnya, namun seri ini masih sanggup memberikan ruang portabilitas yang cukup baik.

Notebook 7 Jutaan

Sedangkan untuk urusan layar, notebook 7 jutaan ini hadir dengan pilihan layar 15.6” dan membawa resolusi maksimum hingga HD+ (1366×768) dan membawa dukungan teknologi panel TN. Sajian layar ini pastinya cukup pas untuk segala kegiatan visual pengguna, meskipun seri ini terbatas dalam sudut pandang, termasuk ukuran yang tidak terlalu ideal untuk bepergian. Namun, pilihan ini masih sangat mencukupi untuk berbagai kegiatan extra pengguna, baik untuk sekedar menonton video ataupun bermain game.

Seri ini juga membawa kekuatan baterai yang sangat memadai untuk kebutuhan jangka Panjang pengguna. Kehadiran baterai 2-Cell, 4810Mah sanggup memberikan kinerja hingga 5 jam lebih untuk kegiatan kasual, meskipun itu akan sedikit berkurang jika dipakai untuk kegiatan gaming.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, Acer Aspire 3 A315-41-R97J membawa pilihan yang cukup lengkap dengan hadirnya beberapa port inti. Ini bisa menjadi penunjang ideal bagi pengguna, meskipun masih terbatas dalam hal jumlah. Ada total 3 pilihan port USB yang disajikan oleh produsen dengan beberapa pilihan yakni, sebuah port USB 3.0 dan dua buah port USB 2.0. Pilihan ini bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna, meski kamu mungkin perlu perangkat lain jika memiliki perangkat yang cukup banyak agar bisa tersambung pada port USB.

Notebook 7 Jutaan

Sedangkan untuk sisi konektivitas lainnya, sebuah port HDMI dan network LAN RJ-45 plus Jack audio merupakan pilihan lainnya yang cukup standar dan bisa memberikan fungsi extra bagi pengguna. Dan ketika pilihan konektivitas nirkabel, produsen tampaknya memberikan pilihan extra yang cukup mewah dengan hadirnya pilihan Wi-Fi 802-11ac yang sanggup memberikan kinerja paling cepat dan sangat ideal untuk kegiatan internet secara mobile.

Spesifikasi Internal

Sedangkan untuk urusan spesifikasi internal, nilai yang dikandung oleh notebook ini bisa sangat bermakna bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas. Betapa tidak, kehadiran prosesor AMD Ryzen 2500U dan kekuatan grafis Radeon Vega bisa membawa keunggulan tersendiri untuk kinerja komputasi, bahkan sanggup memberikan ruang extra untuk kegiatan gaming kasual maupun eSport.

Spesifikasi AMD Ryzen 5 2500U
Cores / Thread 4C/8T
Base Clock / Boost Clock 2.0Ghz / 3.6Ghz
Total L1 Cache 384KB
Total L2 Cache 2MB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 14nm
Default TDP / TDP 15W
Max System Memory Speed DDR4 2400MHz
Memory Channels 2
Graphics Model Radeon™ Vega 8 Graphics

Acer Aspire 3 A315-41-R97J itu sendiri sebenarnya memiliki 3 pilihan konfigurasi, namun kehadiran Ryzen 5 2500U merupakan Sweet spot yang bisa memberikan nilai terbaik. AMD Ryzen 5 2500U hadir dengan kekuatan 4 Core dan 8 Threads serta membawa clockspeed up to 3.6 Ghz. Seri ini bahkan memiliki performa multi-tasking yang sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan Core i5-8250U, apalagi membawa grafis iGPU hebat, Radeon Vega 8.

Dan berbicara mengenai grafis, Radeon Vega 8 memiliki banyak sisi keunggulan yang bisa ditawarkan pengguna. Kehadiran iGPU bawaan Ryzen 5 2500U itu sendiri bahkan sanggup memberikan kinerja yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan iGPU lainnya, apalagi jika pilihan konfigurasi memorinya hadir dengan fitur dual channel.

Spesifikasi Radeon Vega 8
Codename Vega Raven Ridge
Architecture Vega
Pipelines 512 – unified
Core Speed 1100 (Boost) MHz
Shared Memory no
DirectX DirectX 12_1
Transistor Count 4500 Million
technology 14 nm
Features Tiled Rasterization, Shared Memory (up to Dual-Channel DDR4-2400)

GPU ini didasarkan pada arsitektur Vega (GCN generasi ke-5) dan memiliki 8 CU (= 512 dari 704 shader) dengan clockspeed hingga 1100 MHz ( Ryzen 5 2500U). Meskipun kinerja yang dihasilkan tergantung pada TDP yang dikonfigurasi (12-25 W saat peluncuran), clockspeed, pendinginan, dan konfigurasi memori), pilihan ini setidaknya jauh lebih baik dari Intel HD Grafis terbaru sekalipun. Dan untuk memberikan performa jauh lebih baik, GPU ini bisa memanfaatkan kekuatan kinerja RAM DDR4-2400 dual-channel. Sehingga ketika anda menginginkan performa ideal, upgrade notebook dengan pilihan RAM dual channel akan memberikan kontribusi terbesar untuk urusan kinerja grafis.

Sedangkan untuk RAM, Acer memberikan kekuata 8GB DDR4 secara default, dimana pilihan konfigurasi memori ini bisa diupgrade hingga 16GB. Hanya saja, kekuatan 8GB pada dasarnya sudah mampu memenuhi semua ruang untuk aplikasi modern hari ini, bahkan sangat efektif untuk kegiatan pengguna dalam ruang yang jauh lebih luas.

Dan kehadiran storage sebesar 1TB bisa menjadi pilihan penyempurna yang besar untuk kebutuhan penyimpanan. Meski, seri ini juga bisa diupgrade dengan tambahan SSD sebagai pilihan storage utama dengan bentuk faktor M.2.

Kesimpulan Awal

Nah, tertarik dengan notebook 7 jutaan ini? Kamu sudah bisa membelinya dengan harga pasti sekitar 7.4 jutaan di toko resmi Acer atau toko elektronik langganan kamu (kamu juga bisa membelinya melalui link yang kami sajikan). Perlu dicatat bahwa harga yang disajikan bisa sedikit berbeda, namun Acer siap memberikan jaminan garansi yang cukup Panjang hingga 2 tahun.

Notebook 7 Jutaan

Acer Aspire 3 A315-41-R97J mungkin bukanlah yang terbaik dari sudut estetika, meskipun memiliki bentuk desain yang cukup berkelas maupun jumlah port USB yang sangat terbatas. Namun, kehadiran prosesor dengan tenaga komputasi besar dan kehadiran grafis yang sangat handal merupakan salah satu sisi keunggulan yang ditawarkan oleh laptop ini. Apalagi, harga yang ditawarkannya juga jauh lebih terjangkau dan membawa pilihan konfigurasi memori secara default hingga 8GB DDR4. Selain itu, kamu juga bisa mengupgrade pilihan storage dengan kehadiran SSD untuk membuat kinerja sistem terasa jauh lebih efektif.

Nah, terlepas dari beberapa sisi minus dan positif yang disajikan oleh notebook ini, Acer Aspire 3 A315-41-R97J bisa kami rekomendasikan sebagai pilihan laptop hebat lainnya yang memiliki nilai terjangkau. Ada banyak potensi yang sangat menyenangkan pada laptop ini, namun apa yang bisa membawa sisi positif terasa jauh lebih jelas adalah tenaga komputasi Ryzen dan Radeon Vega yang begitu mempesona.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts